10 Negara Investor Terbesar di Indonesia

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat jumlah realisasi investasi Indonesia sebesar Rp 809,6 triliun di tahun 2019 silam. Realisasi investasi tersebut melampaui target, dimana target yang ditetapkan yaitu sebesar Rp792 triliun.

Lalu Negara mana saja yang paling banyak berinvestasi? Berikut daftar sepuluh Negara investor terbesar di Indonesia.  

Singapura Negara Investor Terbesar

Menurut Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Singapura masih menempati posisi teratas menjadi negara investor terbesar yang mencapai USD 6,50 miliar.

Meski begitu, nyatanya investasi Singapura ke Indonesia pada saat itu mengalami penurunan. Namun jumlah proyek mengalami peningkatan yaitu berjumlah 7020. Realisai investasi Singapura di tahun 2019 lalu menyumbang 23,1% dari total Penanaman Modal Asing (PMA) di Indonesia.

China

Di urutan kedua negara investor terbesar di dunia ada China. Tahun 2019, realisasi investasi China di Indonesia mencapai  USD 4,74 miliar. Dimana cina memiliki proyek yang berjumlah 2.130. Posisi tersebut berubah menggantikan Jepang yang sebelumnya berada di atas China.

Hal tersebut menandakan jika investasi China mengalami peningkatan dua kali lipat di sehingga mampu menggeser Jepang. Menurut Kepala BKPM, pemerintah tidak terlalu memprioritaskan investasi dari Negara China, namun negara itu mulai agresif dalam menawarkan investasi.

Jepang

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, jepang mengalami pergeseran karena China yang agresif menawarkan investasinya ke Indonesia. Investasi dari Jepang di Indonesia ini tercatat sebesar USD4,31 miliar dengan 3.835 yang tidak lebih tinggi dari China.

Padahal sebelumnya, Jepang berada di posisi kedua dengan nilai investasi USD4,95 miliar dan 3.166 proyek.

Hong Kong

Di urutan ketiga ada Hong Kong. Hong Kong sendiri memiliki nilai investasi di Indonesia sebesar USD 2,89 miliar di Indonesia. Tidak hanya itu, proyek yang diinvestasikan oleh Hong Kong di Indonesia mencapai 1.508 proyek.

Pemerintah Indonesia menawarkan bermacam macam kemudahan dan insentif untuk berinvestasi kepada para investor dari Hong Kong maupun Makau. Menurut Deputi Direktur BPKM, potensi dan prospek investasi pengusaha dan investor Hong Kong di Indonesia cukup bagus.

Pasalnya hubungan ekonomi Indonesia dengan Hong Kong semakin bagus.  Meski begitu perlu usaha untuk memorivasi para pengusaha Hong Kong dan Makau untuk berinvestasi di Indonesia.

Belanda

Kepala Badan Koordinasi BKPM mengatakan bahwa Belanda masuk dalam jajaran lima besar Negara investor terbesar di Indonesia. Yang mana Belanda bernvestasi di Indonesia senilai USD 2, 59 miliar dengan 1345 proyek.

Sayangnya pada triwulan I 2020, Belanda mengalami kontraksi yang mana Belanda masuk dalam resesi sebesar 1,7 persen dan kontraksi pun berlanjut hingga 9,3 persen pada triwulan II 2020.

Walaupun pertumbuhan ekonomi Belanda sedang deficit, Belanda tetap bergairah untuk berinvesasi di Indonesia. Masuknya investasi Eropa tersebut menunjukkan kepercayaannya terhadap Indonesia.

Malaysia

Negara selanjutnya yaitu Malaysia. Negara ini merupakan salah satu Negara tetangga yang paling dekat dengan Indonesia. Badan Koordinasi Penanaman Modal atau BKPM menyatakan siap untuk menyambut investor Malaysia yang akan menanamkan modal atau berinvetasi di Indonesia.

Malaysia berinvestasi senilai USD 1,35 miliar. Sementara itu proyek yang dijalankan yaitu sejumlah 1,6282 proyek. Franky Sibarani sebagai kepala BKPM mengatakan bahwa salah satu fokus BKPM yaitu menarik investasi ke Indonesia dari Negara anggota ASEAN, terutama Malaysia. 

Pada tahun 2014, Malaysia pernah menduduki peringkat ketiga sebagai Negara dengan nilai investasi terbesar.

Korea Selatan

Korea selatan memiliki nilai investasi di Indonesia yang cukup besar, sehingga masuk ke dalam 10 besar. Investasniya yaitu berkisar USD 1,07 miliar dan proyeknya yang dijalankan tak kalah banyak yaitu 2.952 proyek.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo sempat bertemu dengan para pengusaha dan investor besar Korea Selatan yang sudah mulai berinvestasi di Indonesia. Dari pertemuan tersebut, presidan Jokowi mendengarkan langsung ketertarikan pengusaha untuk Korsel berinvestasi di Indonesia.

negara investor terbesar di indonesia

Amerika Serikat

Amerika Serikat atau AS merupakan salah satu dari sepuluh Negara dengan investor terbesar. Nagara paman sam ini memiliki nilai investasi yaitu sebesar 989,3 juta, dimana Amerika Serikat memiliki 788 proyek yang tersebar di Indonesia.

Namun jika dilihat dari data, Investasi asal Amerika Serikat mulai menurun seja tahun 2017. Mungkin karena fokus bagaimana menghadapi Cina di perang dagang era presiden Trump.

Inggris

Realisasi investasi Inggris di Indonesia yakni mencapai USD 743,8 juta. Dimana merka memiliki proyek sebanyak 1392 yang tersebar di Indonesia. Jumlah proyek tersebut meningkat daripada tahun tahun sebelumnya.

Australia

Menurut Badan Koordinasi Penanaman Modal ( BKPM ) kesepakatan Indonesia – Australia yang disebut dengan Comprehensive Economic Partnership (IA- CEPA ) bisa mendorong agar realisasi investasi Australia di Indonesia meningkat.

Kesepakatan bilateral tersebut diyakini akan membuat kerjasama antara Australia dan Indonesia semakin erat. Nilai investasi Australia sendiri yaitu sebesar 348,2 juta dengan jumlah proyek sebanyak 1.049 proyek.

Itulah 10 negara dengan investor terbesar di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat! Beberapa data bersumber dari wartaekonomi.co.id

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Copas Ya