3 Saham Bank Daerah | Yang Terbaik untuk Investasi

Saham bank daerah di pasar modal selalu menjadi incaran di antara saham-saham perbankan besar seperti bank buku IV dan lain sebagainya. Salah satu alasannya adalah nasabah yang setia karena terafiliasi dengan pemerintah daerah.

Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kami akan mereview dan membandingkan tiga saham bank daerah. Terutama dari sisi fundamental dan teknikal, serta prospeknya ke depan. Kami sajikan perbandingan data tahunan bersumber dari IPOT.

3 Saham Bank Daerah di BEI

Ada tiga saham bank daerah di BEI yang begitu hangat menjadi pusat perhatian. Bukan hanya karena fundamentalnya, juga terkadang karena keanehan-keanehan yang menyertainya. Hehehe. Jadi jangan terkejut.

Pertama adalah BJBR, yaitu Bank Jawa Barat dan Banten. Bank dearah yang satu ini dikenal memiliki ruang gerak seluruh jawa barat. Namun hebatnya di luar Jawa Barat juga banyak tersebar cabangnya. Kami pernah melihat di Surabaya.

Kedua adalah BJTM, yaitu Bank Jawa Timur. Saham mayoritasnya dikuasai oleh pemerintah Jawa Timur. Cukup ekpansif di wilayah Jawa Timur yang dikenal luas serta memiliki masyarakat dengan fanatisme yang cukup tinggi.

Terakahir adalah BEKS, atau Bank Pembangunan Daerah Banten. Yang satu ini punya kisah yang sangat epik, berpindah tangan bahkan berpindah nama, hingga kemudian jatuh lagi di pangkuan pemerintah Banten. Sempat juga akan dimerger dengan BJB, kemudian isu itu mereda.

Selanjutnya kita bandingkan aspek fundamental dari masing-masing bank daerah tersebut. Kita simak siapa juaranya.

Analisa Laba Bank Daerah

Untuk melihat siapa saham bank daerah terbaik di pasar modal, maka kita akan Analisa dari laba yang didapatkan dalam jangka waktu dua tahun terakhir, yaitu 2019 dan 2020.

Bank20192020
BJBR1.6 T1.7 T
BJTM1.4 T1.5 T
BEKS-137 B-308 B

Dari laba rugi yang disajikan dalam dua tahun terakhir terlihat, bagaimana antara BJBR dengan BJTM memiliki kinerja yang 11-12. Padahal di tahun 2020 adalah masa pandemi yang cukup bagus untuk perbankan, tapi keduanya konsisten menghasilkan laba.

Sedangkan BEKS, dari dulu memang dikenal sebagai perbankan yang sulit menghasilkan laba. Tidak perlu di masa covid-19, pada tahun 2019 pun kinerjanya sudah jelek. Jarang investor yang berani memang saham ini kecuali spekulan tinggi.

Rasio Menghasilkan Laba

Analisa kedua yang digunakan dan paling mudah adalah kemampuan saham bank daerah ini dalam menghasilkan laba berbanding ekuitasnya. Atau kalau di pasar modal sering disebut dengan ROE. Kami sajikan dua tahun terakhir.

Bank20192020
BJBR12.9%14.05%
BJTM14.99%14.88%
BEKS-25.03%– 22.63%

Dari Analisa ini diketahui jika Bank BJB masih tumbuh di tengah pandemi dibanding dengan tahun sebelumnya. Sedangkan saham bank daerah Jawa Timur cenderung stagnan. Artinya dalam aspek ini BJBR lebih unggul.

Sedangkan BEKS terlihat penurunan angka kemampuan menghasilkan rugi. Ini berarti ada perkembangan, tapi tidak begitu signifikan. Kami masih melabeli dengan kondisi merah pada BEKS.

Setelah kita melihat dua aspek paling penting tersebut. Maka kita bandingkan dengan harganya. Rasio yang akan kami sajikan adalah PER, dan PBV yaitu harga dibandingkan dengan nilai bukunya.

PBV Saham Bank Daerah

BankHargaPBV
BJBRRp1.2350.96 x
BJTMRp7000.96x
BEKSRp892.64x

Entah kenapa ketika tulisan ini dibuat saham BJBR dengan BJTM memiliki kekompakan dalam rasio harga dibandingkan nilai bukunya. Keduanya menurut kami masih bisa jadi objek investasi jangka Panjang. Jadi cukup berharga untuk investasi.

Tidak demikian dengan BEKS. Saham yang memiliki kinerja jelek ini justru diharga dua kali lebih dari nilai normalnya. Ini meman saham gorengan yang harus siap-siap senam jantung jika Anda masuk ke dalamnya.

saham bank daerah

Saham Bank Daerah Paling Murah

Kalau ada pertanyaan siapa saham bank daerah paling murah, maka paling mudah kita bandingkan dari sisi PER. Dari sinilah kita mengetahui mana saham yang paling murah. Karena dari kinerja antara BJBR dan BJTM mirip.

BankHargaPER
BJBRRp1.2356.25 x
BJTMRp7005.82 x
BEKSRp89-21.39 x

Jika melihat tabel di atas, maka juaranya adalah saham BJTM. Posisi sekarang memiliki PER yang lebih kecil dibandingkan dengan lainnya. Namun perbandingannya dengan BJBR cukup tipis sekali.

Prospek Saham Bank Daerah

Menurut kami bank daerah memiliki prospek yang cukup cerah. Alasannya adalah nasabah yang berbasis daerah serta penyaluran kredit juga berbasis daerah. Bahkan beberapa pajak juga disalurkan melalui bank daerah.

Hanya saja kalau dalam sudut pandang kami BJBR lebih unggul. Alasan kami mudah, berita tentang inovasi, pencapaian, serta aksi korporasi lebih aktif dibandingkan dengan bank daerah lainnya. Di sisi lain wilayah Jawa Barat memiliki perkembangan ekonomi yang jauh lebih atraktif karena mengepung ibu kota.

Rekomendasi Saham

Rekomendasi dari kami adalah dua saham bank daerah ini adalah tipe investasi jangka Panjang. Pergerakan harganya menurut kami biasa. Naik turun tidak begitu bergejolak. Semua alon-alon.

Alasan kedua, BJTM dan BJBR dikenal sebagai saham yang memberikan dividen cukup tinggi, bisa mencapai 7%. Ini angka yang tidak main-main. Kecuali jika BJBR sudah di harga 2000-an, dan BJTM di harga 1000-an. Rasio yield dividen perlembar akan berkurang.

Jika Anda memiliki dana yang cukup besar dan ingin menikmati hari tua, dua saham bank daerah ini cocok sebagai objek investasi sembari menunggu capital gain dari kenaikan harganya. Sedangkan BEKS, saran kami jangan spekulasi untuk masuk. Kecuali ada tanda-tanda perbaikan kinerja.

sahamhijau.com

Kami sudah mengulas lebih detil BJBR di sini, dan lebih dalam tentang BEKS di link ini. Kami sampai mengulas berapa NPL dari masing-masing saham bank daerah tersebut. Adapun website resmi BJTM berada di link ini. Semoga bermanfaat. Salam Hijau.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Copas Ya