Analisa Saham BMTR Yang Dibeli Lo Kheng Hong

Analisa Saham BMTR kami hadirkan mengingat sejak Lo Kheng Hong mendekat, membeli sahamnya hingga enam persen lebih, emiten ini menjadi pusat perhatian. Beberapa media terus mengabarkan beritanya.

Oleh sebab itu kami ingin hadirkan analisa, bagaimana sebenarnya kualitas saham BMTR, bergerak dalam bidang apa, dan bagaimana kualitas fundamentalnya. Kami juga akan sajikan rekomendasi dari kami terhadap saham ini.

PT Global Mediacom Tbk

Berdiri pada tahun 1981, perusahaan ini pada awalnya adalah perdagangan umum. Namun demikian semakin lama, perusahaan ini lebih fokus pada industri media. Ini adalah induk dari beberapa perusahaan MNC.

Adapun bisninya adalah statiun tv free to air, kemudian Pay TV, ada juga media online seperti MNC Shop, Mister Aladin. Bahkan salah satu bidang usahanya adalah agensi manajemen artis dan agensi iklan. Jadi sangat banyak, tapi di industri media.

Pemegang Saham

  • PT MNC Investama Tbk – 45.7%
  • Lo Kheng Hong 6.3%
  • Public – 47.3%
  • Lain-lain

Jika melihat komposisi di atas, menurut kami cukup ideal. Karena masyarakat memegang tidak sampai lebih dari 50%. Plus ada nama Lo Kheng Hong di situ yang biasanya sudah meneliti jeroan perusahaan melalui laporan keuangan, bahkan datang langsung ke perusahaan.

Analisa Fundamental Saham BMTR

Untuk melihat lebih jauh kualitas fundamental saham BMTR, maka kita lihat aspek terpenting dari laporan keuangan, yaitu kemampuannya dalam menghasilkan laba selama beberapa tahun terakhir. Data kami kutip dari IPOT.

TahunLabaROE
2018826.6 B5.78%
20191.4 T8.08%
2020912.7 B4.39%
2021* (9 M)970.4 B4.07%

Terlihat bagaimana BMTR merupakan perusahaan yang cukup kuat. Bahkan di era pandemi, masih mampu menghasilkan laba hingga 4% lebih dibanding nilai ekutiasnya. Menurut kami ini sudah bagus untuk bisnis media.

Di saat normal, tahun 2018 dan 2019, kemampuan menghasilkan labanya juga bagus, di atas 5 bahkan di atas 8%. Setahu kami dalam wawancara Lo Kheng Hong kepada media, kemampuan BMTR dalam menghasilkan laba yang membuat investor kawakan tersebut kepincut.

TahunDER
20181.03
20190.74
20200.55
2021* (9 M)0.46

Bahkan jika melihat hutangnya pun, cukup bagus, karena setiap tahun justru semakin menyusut. Rasionya bahkan di bawah setengah dari nilai ekuitasnya. Ini bagus sekali.

Oleh sebab itu secara kualitas, dari analisa saham BMTR yang kami lakukan di atas, menurut kami ini saham bagus. Meskipun secara kemampuan ROE masih belum mencapai di atas 10%, tapi sudah tergolong baik dengan risiko keuangan yang rendah.

Analisa Harga Saham

Tapi harus diingat, menilai saham MNC Grup jangan sebatas dari fundamentalnya. Karena memiliki karakter yang khusus. Kami pernah mengulas khusus di tulisan ini.

Secara harga saham, dengan kualitas fundamental seperti di atas, tidak masuk akal. Harganya memiliki rasio yang sangat-sangat murah. Bahkan PBV pun hanya 0.1 dengan PER 4. Gila. Kami meyakini karena secara value murah pula Lo Kheng Hong jatuh hati.

HargaPERPBV
Rp2584.41x0.18x

Pertanyaannya apa tidak ada yang tahu. Di pasar modal hal aib tidak tahu saham MNC Grup, tapi masalahnya adalah karakter saham BMTR cukup unik. Padahal kapitalisasi pasarnya masih sedang, di angka 4.3 Triliun.

Dalam lima tahun, seperti ada yang menjaga. Harga di situ-situ saja. Secara psikologis selalu terjaga di harga 250-300. Tidak kunjung naik stabil. Inilah yang membuat saham ini memiliki sifat unik. Meskipun value murah tapi harganya biasa saja.

analisa saham BMTR

Prospek Bisnis BMTR 2022

Media adalah gurita bisnis MNC (Hary Tanoe) yang cukup lengkap. Terutama dari MNCN yang mana salah satu penguasa pasar media FTA untuk penonton Indonesia. Sinetron dan segala macamnya tidak pernah habis.

Oleh sebab itu pertumbuhan iklannya akan terus menggiurkan. Belum lagi dari tv berbayar. Ingat, ikatan Cinta adalah salah satu senjata ajaib di RCTI yang menjadi magnet masyarakat.

Bahkan di berita kontan pada 2021 disebutkan bahwa BMTR memiliki 200 juta user sehingga mendominasi media digital dan televisi. Menurut kami dari sisi prospek media cukup cerah.

Menurut kami pribadi, kemampuan menyeimbangkan dengan konten digital juga patut menjadi perhatian investor. Transisinya apik. Portalnya juga merajai karena sudah tercipta ekosistem.

Riwayat Dividen BMTR

Meskipun kinerjanya bagus, tapi riwayat dividen saham BMTR tidaklah menggembirakan. Di tahun buku 2019 emiten ini absen. Bahkan di tahun buku 2018 meskipun di dua tahun tersebut labanya cukup oke.

Bagi pecinta saham dengan dividen, maka perlu dipikirkan jika ingin memegang saham ini. Lebih potensial pada capital gain daripada mengharap uang dividen.

Rekomendasi Saham BMTR

Memang kalau dari value, saham ini sangat murah. Bahkan Lo Kheng Hong tertarik. Untuk investor cocok. Tapi perlu diingat secara riwayat harga yang cenderung tidak ke mana-mana.  Mungkin jangka panjang baru bergerak.

Rekomendasi kami, lebih baik perhatikan sisi teknikal jika ingin masuk saham BMTR. Tapi semua kembali pada Anda. Lakukan analisa mandiri untuk lebih teliti. Website resmi BMTR di sini. Artikel ini diproduksi oleh SahamHijau.com.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Copas Ya