Analisa Saham KBLM | Selalu Undervalue

Analisa saham KBLM kami lakukan karena sulit mendapatkan informasi tentang analisa saham ini di internet. Maklum, secara transaksi saham ini sepi, tidak begitu aktif. Saham ini juga jarang diketahui. Tapi secara prospek saham KBLM sebenarnya bisa dipertimbangkan.

Oleh sebab itu kami akan mengulas dengan cara merangkum dari beragam sumber di internet, serta pengamatan kami terhadap gerak gerik saham KBLM.

Yang akan kami ulas adalah saham KBLM bergerak di bidang apa, analisa fundamental saham KBLM, analisa teknikal, prospek saham, serta rekomendasi kami terhadap saham ini.

Saham KBLM Bergerak di Bidang Apa?

Nama lengkapnya PT. Kabelindo Murni Tbk. Dari namanya kita paham bahwa saham KBLM bergerak di bidang kabel. Segala bidang kabel. Mulai dari kabel listri, kabel telepon, sampai dengan peralatan kabel. Berdiri sejak tahun 1979, perusahaan ini sebenarnya sudah sangat matang.

Pasarnya adalah umum, juga PLN, dan lain sebagainya. Merk di pasar adalah Kabelindo. Bisa diperiksa di toko-toko kabel. Yang menjadi catatan, ini perusahaan yang sangat fokus pada satu bidang usaha, seperti CCSI di fiber optik, MARK di sarung tangan. Pengalaman kami perusahaan seperti ini memiliki keistimewan tersendiri.

Pemegang Saham KBLM

Pemegang saham KBLM yang dominan adalah PT. Tutulan Sukma hingga 34%, serta PT Sibalec hingga 33%. Artinya ada pemegang yang dominan. Ada juga badan penyehatan perbankan nasional 6%, dan lain sebagainya. Untuk masyarakat sekitar 9%, setengahnya seri A, setengahnya lagi seri B.

Analisa Fundamental Saham KBLM

Analisa saham KBLM dalam aspek fundamental kami ambil dari data yang tersedia di IPOT ketika tulisan ini dibuat. Data terakhir yang tersedia adalah kuartal 3 tahun 2020. Jika ada perbedaan, dengan data lain kemungkinan karena kami hilangkan komanya, dan dibulatkan.

Bisa dikatakan fundamental saham KBLM cukup stabil, dari tahun ke tahun rutin menghasilkan laba. Bahkan di masa covid pun mampu menghasilkan laba hingga kuartal tiga sebesar 1 milyar. Tidak sampai rugi. Siapa sih yang tidak butuh kabel?

Sedangkan di tahun-tahun sebelumnya Kabelindo Murni selalu menghasilkan laba dari 44 milyar 2017, kemudian 40 milyar di tahun 2018, dan 38 milyar di tahun 2019. Artinya perusahaan ini mengikuti siklus ekonomi. Kita mengetahui perekonomian global dua tahun terakhir menurun (2019-2020).

ROE Kabelindo Murni di angka rata-rata 4-5%, angka yang cukup, kami menyebut ini standard, bagus juga tidak. Sedangkan di masa covid 2020 hanya sekitar 0.1%. Mending, bisa bertahan tapi harus keringatan deras.

Untungnya perusahaan ini dalam mengelola hutangnya cukup bagus. Analisa saham KBLM terkait hutang hanya berkisar 0.5 dalam tiga tahun belakang, di masa covid justru menurun sampai 0.2 (DER). Beban hutang yang minim inilah menjaga stabilitas usaha PT. Kabelindo Murni. Menurut kami kelebihan utama saham KBLM di aspek ini.

sahamhijau.com

Untuk PER di waktu normal atau tiga tahun belakang adalah 6 hingga 8x. Angka ini kemudian naik berlipat-lipat di masa covid, 2020 hingga mencapai 229x. Semua bisa menjadi pertimbangan untuk analisa fundamental KBLM.

Analisa Teknikal Saham KBLM

Selanjutnya kita akan mengulas analisa saham KBLM dari sisi teknikal. Sisi inilah yang menurut kami unik. Dari dulu berita yang keluar selalu saham KBLM undervalue. Di tahun 2019, ada channel youtube mengulas itu, sebelumnya juga ada.

Memang secara nilai saham undervalue, PBV dalam tiga tahun terakhir selalu di bawah 0.5. Mirip dengan MPMX dalam dua tahun terakhir. Tapi ya gitu, investor jarang yang tertarik. Analisa teknikal saham KBLM menyatakan bahwa grafiknya segitu-gitu aja.

Contoh dalam lima tahun terakhir harga psikologis saham KBLM berada di angka 230-an. Sampai tulisan ini dibuat, juga sama masih 216-an. Tidak ada surprice. Pernah mencapai angka 500 di tahun 2016, ini karena kinerjanya cukup moncer ketika itu. Itupun sebentar, habis naik terbitlah longzor.

Artinya analisa saham KBLM di aspek teknikal hampir selalu mengikuti arus kinerjanya. Meskipun secara harga masuk saham lapis tiga, tapi secara gerak teknikal pelan bin lambat. Transaksinya tidak terlalu ramai. Mungkin ini yang membuat saham KBLM tidak begitu menarik.

Grafik turun terus juga tidak, naik terus juga tidak. Bahkan satu tahun 2020-2021, adem ayem saja sideway. Ketika masa covid datang pun tidak begitu terpengaruh. Unik sekali teknikal saham KBLM. Jadi kalau jadi investor di KBLM, belum ada riwayat saham ini naik konsisten.

Sehingga analisa saham KBLM kami menyatakan kalau saham ini mengikuti kinerjanya yang sedang stagnan.

Hanya 2016 menuju 2017 naik drastis, setelahnya menciptakan keseimbangan harga baru. Dari harga psikologis 120-an, pindah ke 220-an. Bisa jadi hal ini pula yang membuat banyak trader atau investor tidak ramai.

analisa saham kblm

Riwayat Dividen saham KBLM

Yang menarik, meskipun saham ini memiliki kapitalisasi pasar yang tidak begitu besar, yaitu di kisaran 250 milyar, namun mampu membagikan dividen. Riwayat dividen saham KBLM cukup menarik. Di tahun buku 2019 mampu membagikan dividen sekitar 29% dari laba bersih.

Untuk pemegang sahamnya mendapatkan yield dividen KBLM sebesar 3.6%, cukup lumayan. Bandingkan saja dengan saham bank-bank besar yang hanya 2%. Hehehe. KBLM dari sisi dividen lebih mendingan. Oleh sebab itu analisa saham KBLM menurut kami cukup layak dipegang.

Bahkan di tahun-tahun sebelumnya juga membagikan di angka yang tidak jauh berbeda. Sekitar 25-29% dari keuntungan. Cukup menarik sekali. Bisa dikatakan mutiara terpendam. Kalau harga sahamnya 100-an, berarti dividen yield bisa mencapai 6%. Berharap harga turun saja.

Prospek Saham KBLM

Berbicara prospek saham KBLM, kalau menurut kami cerah. Kami menyebut demikian karena saham ini fokus pada satu aspek kabel. Hanya saja tiga tahun terakhir ekonomi global melambat, kebutuhan kabel pada akhirnya juga tidak terlalu tinggi.

Tapi ke depan, hukum alam, setelah melambat, semua akan take off, prediksi kami ekonomi akan kembali pulih, pembangunan di mana-mana, kebutuhan akan kabel tinggi. Ini saham cyclical yang naik turun mengikuti perkembangan bisnis di sektornya.

Tapi kalau berbicara harga, harap sabar saja. Jika melihat riwayatnya memang cukup lama untuk mendapatkan capital gain di saham ini. Tapi jika Anda tipe long term, saham ini bisa cocok. Mainnya alus. Apalagi riwayat dividen KBLM cukup rutin.

Rekomendasi Analisa Saham KBLM

Kalau Anda trader, main saham ini pasti bosan. Sepi, lama naik turunnya. Tapi Anda investor saham ini cocok. Hanya saja perlu diperhatikan kinerja dan fundamental perusahaan. Karena harga sahamnya terlihat mengikuti fundamental, tidak mudah tergerak oleh isu lain di luar perusahaan.

Semoga analisa saham KBLM bermanfaat. Semoga saham Anda Hijau. Website resmi bisa dikunjungi di https://www.kabelindo.co.id/.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *