Analisa Saham KEEN Yang Keren | Kencana Energi Lestari

Analisa saham KEEN yang akan kami cantumkan adalah berdasarkan beragam sumber yang beredar di internet, plus perhatian kami secara transaksi, tidak lupa analisa teknikal dan fundamental. 

Emiten yang satu ini menarik perhatian karena beberapa kali transaksinya mengejutkan. Seperti saham gorengan. Karena memang secara kapitalisasi pasar tidak besar, juga harganya secara rupiah masih ratusan. Namun secara prospek patut menjadi perhatian.

Profil Kencana Energi Lestari

Perusahaan ini menarik karena fokus untuk menghasilkan daya listrik dari sumber terbarukan. Istilahnya energi baru dan terbarukan. Bisa dikatakan ini adalah energi masa depan seperti layaknya prospek CPO di tahun yang akan datang. 

Spesialisasinya di hydropower, yaitu memanfaatkan energi air. Biasanya dari bendungan yang kemudian akan menggerakkan turbin. Kencana Energi Lestari, KEEN telah mengoperasikan PLTA di Sumatera Utara, dan Bengkulu.

Sedangkan yang dalam proses adalah di berbagai belahan Sumatera dan Sulawesi. Kalau melihat profilnya, tentu sesuatu yang sangat menggembirakan. Karena costnya tidak mahal, meskipun biaya awal memang cukup bertenaga.

Sedangkan untuk kerjasama hilirnya dengan PLN. Yang tercantum di website resmi KEEN sudah menjalin tiga kesepakatan. Serta masih ada proses lainnya yang belum terselesaikan. Artinya ini perusahaan mapan di energi baru dan terbarukan.                     

Analisa Fundamental KEEN

Berikutnya adalah analisa fundamental dari saham KEEN. Market kapitalnya mencapai 1.3 triliun pada saat tulisan ini dibuat. Yaitu di harga 348. Menurut kami ini merupakan saham lapis dua yang bisa digerakkan kencang oleh big funds.

Perusahaan ini mampu menghasilkan laba pada kuartal 3, 2020. Yaitu sebesar 72.9 miliar dibanding 55.8 milyar pada tahun sebelumnya. Padahal ini adalah musim covid yang berat. Tapi karena Kencana Energi Lestari bergerak di bidang energi, maka tidak sampai membuat rugi.

Inilah kelebihan dari saham energi. Selalu dibutuhkan meski di saat sangat berat sekalipun. Bahkan PER mengecil menjadi 17.66 dibanding tahun sebelumnya di angka 42.08 (kuartal III). Tentu ini merupakan kabar gembira. Ingat PER semakin mengecil semakin bagus.

Selanjutnya adalah rasio hutang DER. Menurut kami juga masih cukup baik di angka 0.68 dibanding equity. Itu artinya perusahaan ini aman-aman saja. Tidak ada yang masalah. Meskipun dari sisi hutang tidak spesial. Kalau DER di bawah 0.5 itu sangat spesial. (sumber analisa IPOT)

Kelemahannya adalah pada sisi ROE, terlalu kecil, yaitu di angka 3.1 pada kuartal III 2020. Sedangkan umumnya saham di atas 5%. Bagus di atas angka 10%. Sangat bagus di atas 15%.

Inilah yang membuat saham KEEN kurang memiliki daya tarik. Dari segi bisnis oke, tapi penghasilan ngos ngosan. Udah bertenaga, kemampuannya hanya 3.1%.

Tapi dari analisa saham KEEN secara fundamental, menurut kami sangat layak diperhitungkan untuk para investor. Apalagi jika Anda investor jangka panjang.

SahamHijau.com
analisa saham keen
sumber google.com

Analisa Teknikal Saham KEEN

Ini yang paling menarik di saham KEEN. Yaitu analisa teknikal saham KEEN. Kalau kita lihat grafiknya sedikit tergolong di gorengan. Ciri-cirinya bisa dibaca di sini. Saham ini bisa naik kuat dalam satu waktu, turun juga gila. 

Meskipun memang tidak setajam ANDI atau JSKY. Tapi patut waspada. Levelnya sudah tingkat dua untuk aspek psikologi saham. Bahkan sebelum masa covid sudah dihajar dari 500-an menjadi 300-an dalam jangka waktu hampir dua bulan. 

Memang waktu itu pendapatan turun. Meskipun labanya naik. Baca di sini. Tapi harusnya tidak sekejam ini dihajar. Artinya perlu hati-hati. 

Nah belum lama ini juga naiknya cukup tajam, dari 300-an menjadi 400 hanya dalam waktu kurang dari sebulan, tepatnya di akhir tahun 2020. Fuuhh. Anda siap stop kontak saja. Waktu itu dalam sudut pandang kami memang terlalu murah. Jadi diambil banyak orang. 

Kalau mau ambil saham ini Anda harus teliti momen yang tepat. Benar-benar ambil dari bawah. Jangan sampai salah tangkap. Kecuali Anda memiliki durasi investasi yang cukup panjang.

Untuk trader saham ini juga bisa diperhatikan. Terutama yang pintar dalam menemukan support dari saham KEEN. Sekali naik bisa lebih dari tiga persen. Sudah lumayan bagi Anda trader dengan modal puluhan juta.

Prospek Saham KEEN

Kalau dari prospek Kencana Energi Lestari, perusahaan ini memiliki kata kunci pada ekspansi. Nambah pembangkit listrik atau tidak. Itu saja. Karena dari sisi bisnis tidak banyak dinamika. Punya pembangkit, kerjasama dengan PLN. Selesai.

Maka kalau memiliki tambahan pembangkit, itu artinya pendapatan juga akan naik. Nah di tahun 2021, KEEN menyiapkan satu pembangunan pembangkit lagi di Madong Sulawesi Selatan. ( Investor.id)

Jika ini benar-benar terlaksana, otomatis pendapatan akan naik dalam beberapa tahun ke depan. Oleh sebab itu menurut kami prospek saham KEEN cukup bagus dan layak jadi perhatian investor.

Kesimpulan Saham KEEN

Menurut kami kesimpulan dari analisa saham KEEN adalah kelayakan untuk investasi dengan kemungkinan return hingga 100%. Mengapa kami menyebut demikian. Karena saat tulisan ini dibuat PBV-nya di angka 0.54. 

Untuk mencapai angka 700 dalam tiga tahun, menurut kami sangat mungkin sekali. Apalagi harganya sekarang 348. Masih valuable dengan fokus bisnis pada energi baru dan terbarukan. Kami beli nilai saham ini di angka 7 dari skala 1-10. 

Tulisan ini dibuat bukan untuk mengajak membeli. Tapi semoga mendapatkan petunjuk dan hidayah dalam menentukan pertimbangan. Salam saham hijau. 

Related Posts

5 thoughts on “Analisa Saham KEEN Yang Keren | Kencana Energi Lestari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *