Analisa Saham PGAS | Baik Buruknya di Tangan Kebijakan

Analisa saham PGAS dibutuhkan banyak orang. Terutama karena melihat pergerakan harganya cukup membingungkan. Baik yang sudah membelinya atau yang ingin membelinya. Saham yang satu ini memang unik.

Oleh sebab itu kami akan mengulas lengkap bagaimana saham PGAS, baik dari sisi fundamental, teknikal, atau bahkan rekomendasi dari kami. Kami akan himpun data dari beragam sumber agar menjadi rangkuman informasi menarik.

Profil Perusahaan Gas Negara

Siapa sih yang tidak kenal dengan PGN, atau Perusahaan Gas Negara. Hampir setiap orang di Indonesia menggunakan produknya. Terutama bagi ibu rumah tangga. Ini memang perusahaan nasional cukup besar.

Fokus usahanya adalah transportasi dan distribusi gas bumi untuk kebutuhan domestik. Pokoknya dari hulu sampai hilir. Maka secara bisnis cukup kompelks. Karena semua aspek dalam gas. Baik pelanggan personal ataupun komersial.

Pemegang Saham

Adapun pemegang sahamnya adalah PT Pertamina yang mencapai hampir 57%, sedangkan publik sekitar 43%. Ini memang BUMN, jadi pemegang saham utamanya pemerintah. Jadi kita sudah paham bahwa karakteristik PGN adalah BUMN.

Analisa Fundamental PGAS

Untuk lebih jauh melihat analisa saham PGAS maka kita harus melihat sisi fundamental. Terutama dalam kemampuannya menghasilkan laba, kemampuannya mengolah hutang, serta efektifitas yang dimiliki. Data kami himpun dari IPOT.

TahunLabaROE
2019939.5 B2.09%
2020-3.7 T-8.96%
2021*4.1 T8.7%

Kalau dilihat dari laba di atas, perusahaan ini memiliki laba yang tidak bagus amat, tapi juga tidak jelek amat kalau dibandingkan dari usaha gas yang dimilikinya. Pertama, di tahun 2019, kemampuannya hanya 2.09%. Memang ketika itu berat, ekonomi makro banyak benturan.

Tapi kalu melihat di tahun normal sebelum 2019, kemampuannya juga hampir sama, di angka 8-9%. Buat kami ini biasa. Padahal memiliki jaringan gas yang sangat luar biasa.

Apalagi saat pandemi, sangat jeblok, minusnya cukup dalam. Barulah di tahun 2021, di mana kami sajikan baru tiga kuartal sudah terlihat bangkit kembali. Kita lihat lebih jauh dari sisi hutang yang dimilikinya.

TahunDER
20191.28
20201.55
2021*1.29

Di sinilah sisi yang menurut kami patut dipertimbangkan. Memang rasio DER antara 1-1.5 masih wajar. Tapi kalau menurut kami angka ini bukanlah angka yang istimewa. Oleh sebab itu kalau kita analisa saham PGAS secara fundamental adalah saham dengan bintang tiga dari lima. Kalau ingin mendapatkan saham bagus di sini kriterianya.

Analisa Harga Saham PGAS

Namun demikian harganya unik. Saham PGAS tidak mengalami kenaikan stabil, atau penurunan stabil, Terutama dalam lima tahun terakhir. Cenderung stagnan di angka 2000-an. Kemudian di musim covid bermain di harga 1500-an.

Saham PGAS memiliki karakter selalu terpengaruh pada kinerja internal, yaitu terkait laba rugi. Kalau labanya naik sudah dapat dipastikan harganya naik. Tapi kalau ritel berharap tahu terlebih apakah laba naik atau turun akan sulit. Paling big money yang mengetahui terlebih dahulu.

Yang kedua adalah kebijakan pemerintah terhadap penetapan harga gas oleh pemerintah. Harga gas baik untuk industri atau masyarakat selalu ditetapkan oleh pemerintah. Harga tetap atau harga diturunkan akan berpengaruh pada laba PGAS. Harga gas naik, maka hampir dipastikan saham PGAS naik.

Oleh sebab itu analisa saham PGAS yang kami temukan adalah, saham ini jarang memiliki harga tren naik dalam jangka menengah atau panjang. Paling ketika ada pengumuman harga gas tetap, saham turun, dilepas ritel, dibeli big money. Berada di harga normalnya lagi, ditinggal big money. Nanti nunggu pengumuman apakah laba naik atau turun. Kalau laba akan naik, tahu-tahu harga naik.

analisa saham pgas
pixabay.com

Prospek Saham PGAS

Sebenarnya kalau dilihat dari bisnis yang dijalankan, PGAS sangat prospek sekali. Terutama semakin tahun jaringan gas yang dimiliki semakin luas. Belum lagi ini adalah perusahaan negara.

Namun satu hal yang perlu jadi pertimbangan dari analisa saham PGAS. Perusahaan Gas Negara ini memiliki biaya tinggi pada pemeliharaan jaringan dan penciptaan jaringan baru. Sehingga cukup kompleks. Pertumbuhan laba yang harusnya melejit, menjadi biasa saja.

Di sisi lain banyak juga yang skeptis dengan BUMN yang dikenal tidak begitu efektif dan efisien dalam menjalankan usaha. Sehingga hanya menjadi ladang trader yang memanfaatkan naik turunnya harga saham.

Sisi positifnya adalah kapitalisasi pasar PGAS cukup besar, di atas 30 triliun, jadi naik turunnya alus. Mau turun bisa diantisipasi, mau naik bisa dibeli.

Riwayat Dividen PGAS

Kalau dari analisa saham PGAS, ada sisi positif lainnya, yaitu dividen. PGAS merupakan BUMN yang pasti menjadi harapan penghasilan pemerintah. Oleh sebab itu memberikan dividen meskipun kecil. Demikian riwayat beberapa tahun terakhir.

2018Rp31.61
2019Rp56.99
2020Rp41.56
2021Tidak Membagikan

Kalau dilihat dividen yang diberikan tidak begitu besar ya. Kisarannya hanya sekitar 2-3% dari harga saham. Kecuali di tahun 2020, waktu itu harganya sangat rendah, jadi sekitar 5%. Bagi Anda yang berharap dividen, riwayat dividen PGAS cukup baik.

Rekomendasi Saham PGAS

Kalau Anda trader, saham ini cocok. Karena saham ini memiliki riwayat naik turun pada harga tertentu. Kalau sekarang di 1.500-an. Bukan sideway, memang karakternya demikian. Analisa saham PGAS kami demikian.

Sedangkan bagi investor menurut kami dipertimbangkan ulang. Terutama terkait kebijakan penentuan harga gas oleh pemerintah yang sulit diprediksi oleh para investor. Harusnya naik, eh karena mau kampanye jadi tetap atau bahkan turun. Atau ada kepentingan ekonomi bangsa, maka tidak naik.

Semua kembali kepada Anda. Semoga analisa saham PGAS yang kami hadirkan bisa bermanfaat dan memberikan pandangan baik dan buruknya saham PGAS. Website resmi PGAS di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Copas Ya