Cara Bermain Saham Gorengan Agar Cuan

Cara bermain saham gorengan | Tahukah Anda di antara saham yang paling disenangi oleh pemain di pasar modal adalah saham gorengan. Menggiurkan karena memberikan impian untung berlipat-lipat. Sampai kadang orang lupa risikonya.

Meskipun kami sangat jarang bermain saham gorengan, dan kami tidak menyarankan Anda untuk memainkannya. Tapi kami akan berikan cara bermain saham gorengan berdasarkan pengalaman di lapangan.

Apa Saham Gorengan

Selengkapnya tentang saham gorengan bisa dibaca di sini. Tapi kali ini kami akan mengulas sedikit saja sebagai pendahuluan. Saham gorengan sering diartikan sebagai saham dengan kualitas rendah tapi harganya dinaikkan di atas batas kewajaran. 

Ciri-cirinya ada berita kecil, naiknya tidak ketulungan. Biasanya sampai lima belas persen dalam satu hari, bahkan lebih. Kenaikannya bisa berhari-hari. Padahal beritanya kecil sekali. 

Kalau turun juga biasanya berhari-hari. Terus menerus sampai buat putus asa yang beli sahamnya. Ngenes pokoknya.

Ciri selanjutnya adalah kapitalisasi pasarnya kecil dan harganya di bawah seribu perlembarnya. Lebih rendah harga lebih mungkin digoyang. Alasannya, dana yang dibutuhkan untuk menaikkan harga tidak besar, plus ritel selalu tertarik untuk masuk. 50.000 sudah dapat satu lot. 

Terakhir yang sering terjadi adalah fundamentalnya biasa, jelek, bahkan buruk. Lihat saja dari laba rugi perusahaannya. Baru rencana mau buka tambang baru, harga sudah melonjak, padahal belum tentu jadi. 

Risiko Bermain Saham Gorengan

Sebelum bermain saham gorengan pahami betul risikonya. Tidak perlu berpikir untungnya. Risiko paling kongkrit adalah uang Anda amblas hanya dalam hitungan hari saja. Nilainya bisa berkurang 20%, 30%, atau bahkan lebih dari 50%.

Kedua stress yang tidak berhenti. Anda melakukan apapun pasti kepikiran dengan saham gorengan ini. Pagi nunggu cepetan jam 9. Pengin cepet beli atau jualan. Salah satu yang tidak kami sukai bagian ini. 

Stress bukan hanya karena nilainya turun. Tapi ketika harga naik juga kadang bingung mau dilepas di harga berapa. Pada akhirnya Anda tidak fokus dalam segala hal.

Namun jika Anda benar-benar ingin bermain di saham gorengan, kami berikan cara bermain saham gorengan.

cara bermain saham gorengan

Cara Bermain Saham Gorengan

Pertama, perhatikan chart sahamnya. Polanya kenali betul. Naik turunnya apakah patah-patah sangat keras, atau sedang. Tandanya selalu ada garis seperti huruf A kapital. Ikuti dulu saja patternnya agar Anda paham. 

Kedua, jangan menyesal jika ketinggalan, daripada Anda membeli dengan emosi dan ternyata mendapatkan harga tinggi. Masih ada saham lain yang akan memberikan keuntungan daripada keuntungan sesaat dari gorengan.

Ketiga, meskipun gorengan, lebih baik kenali betul dengan fundamental perusahaan tersebut. Jangan beli yang rugi. Karena kemungkinan untuk harga kembali naik kecil. Bisa jadi ketika harga dikerek naik, itu perbuatan bandar sedang membuang stok yang dimilikinya.

Keempat, jangan terlalu sedih ketika minus sampai 30%. Di saham gorengan itu hal biasa, bahkan minus sampai 50% pun sangat biasa. Pokoknya average down saja. Contoh paling kongkrit JSKY, bagi kami dari pola chartnya itu masuk gorengan.

Kelima, sell on good news. Jangan dibalik ya, ketika ada berita bagus, pasti harganya naik gila-gilaan. Jual, jual, dan jual. Jangan tergiur dengan kenaikan lagi dan lagi. Ingat portofolio yang naik, tapi belum dijual, itu belum realisasi. 

Keenam, beli di harga bawah ketika sepi pembeli. Setelah Anda identifikasi saham-saham gorengan, maka Anda bisa melihat mana yang lagi sepi. Beli dan cicil pelan-pelan.

Tandanya masih sepi, bid sama offer volumenya belum banyak. Jangan ketika ramai Anda baru masuk. Karena Anda tidak pernah tahu, big funds sedang memanggil retail untuk menjatuhkan atau menaikkan.

Ketujuh, Akumulasi pelan-pelan. Jangan terlalu nafsu dengan saham gorengan hingga Anda memasukkan semua uang ke dalam satu portofolio tersebut. Kalau investasi saham adalah uang dingin. Maka saham gorengan adalah uang beku.

Lebih baik gunakan sebagian dari portofolio. Dikira-kira saja. Bisa 15%, intinya jangan all in.

Kedelapan, jangan lepas dari pantauan grafik ketika sedang hit. Nah cara bermain di saham gorengan yang kami juga malas adalah selalu lihat monitor. Karena mungkin sebelum dhuhur naik keras, tahu-tahu selepasnya jatuh kerasss. 

Inilah beberapa cara bermain saham gorengan versi sahamhijau.com. Apa yang kami sajikan berdasarkan pengalaman, satu yang pasti, bermain saham gorengan butuh kesabaran sangat tinggi. Kalau Anda bermain saham bluechip tidak sabar, lebih baik jangan bermain saham ini.

Latihannya lebih baik, bluechip, kemudian lapis kedua, lapis ketiga, kalau sudah tenang cara bermainnya, masuklah ke gorengan. Pemain saham ada kelas perguruannya. Hahaha. Tapi bagaimanapun kami tidak menyarankan Anda untuk masuk di saham gorengan. Kolesterolnya sangat tinggi. 

Related Posts

2 thoughts on “Cara Bermain Saham Gorengan Agar Cuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *