Cara Investasi Saham dari Nol hingga Cuan

Cara investasi saham dari nol harus diketahui bagi siapa saja yang ingin masuk dunia pasar modal. Terutama jika Anda merasa sudah memiliki terlalu banyak uang sampai bingung harus dibuang ke mana, saham bisa menjadi pilihan.

Kami akan menulis tahapan-tahapan jika Anda ingin investasi saham. Dari mulai pelajaran yang harus dipahami, sampai managemen uang Anda agar bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal. Kami tulis berdasarkan pengalaman selama beberapa tahun di pasar modal.

Mindset Investasi Saham

Saham merupakan instrument investasi, seperti laiknya Anda membeli emas. Artinya ketika diinvestasikan maka uang Anda kemungkinan berkembang. Emas dibeli tahun 2018 satu gram 800.000, ternyata dijual di tahun 2020 harganya 900.000, maka inilah investasi, berkembang.

Mengapa kami menekankan mindset investasi, karena kebanyakan yang masuk di pasar modal justru memiliki mindset bahwa saham adalah tempat menggandakan uang.

Kalau berbicara menggandakan, maka satu tahun jadi berlipat-lipat, satu bulan bisa naik 50%. Ini bukan investasi pasar modal. Kemungkinan demikian ada, tapi 1:50. Tergantung besarnya kemampuan Anda mengambil risiko. Jadi tetapkan mindset terlebih dahulu. Bisa dibaca cara kerja investasi saham di sini.

Hukum Tetap di Investasi Saham

Investasi memiliki hukum yang sederhana, high risk high return, very high risk very high return, low risk low return. Nah untuk memahami cara investasi saham adalah dengan memahami kalimat high risk high return. Saham merupakan salah satu sarana investasi yang memiliki risiko tinggi, tapi juga keuntungan tinggi.

Gambaran tingginya risiko adalah sebagai berikut. Investasi di saham bisa menghasilkan satu minggu keuntungan 10%. Ini cukup besar. Jika uang Anda 20 juta, maka satu minggu mendapatkan dua juta. Ini mungkin terjadi di saham.

Tapi sebaliknya dalam satu minggu pula ada kemungkinan untuk kekurangan uang Anda sebesar 10%. Jadi harus siap-siap dengan kemungkinan ini. Jangan berpikir keuntungannya saja, tapi setiap investasi memiliki risiko. Lengkapnya bisa dibaca di sini.

Banyak Belajar dan Sharing

Cara investasi saham yang pertama kali harus dilakukan adalah banyak belajar dan sharing. Jangan buta sama sekali kemudian masuk pasar modal. Anda hanya menjadi makanan empuk para trader. Paling tidak Anda mengetahui istilah-istilah penting dalam dunia saham.

Ketika saya masuk di pasar modal, pertama kali saya banyak baca tentang panduan investasi saham di internet. Tapi itu belum cukup. Saya diskusi banyak hal dengan marketing sekuritas agar mengerti tentang dunia saham. Tidak perlu memahami perusahaan terlebih dahulu, pahami seluk beluk dunia saham.

Saran kami paling enak baca buku. Karena buku mengantarkan pelan-pelan. Terutama yang fokusnya mengenal pasar modal. Jangan langsung ikut grup saham, karena isinya rekomendasi trading. Anda pada akhirnya paham membeli tapi tidak paham mengapa harus membeli saham itu.

Jika sudah merasa mantap, baru Anda putuskan untuk masuk pasar modal. Baca pengalaman kami dalam investasi pasar modal di sini.

Kenali Uang untuk Investasi Saham

Sebelum mendaftar coba lirik terlebih dahulu uang yang Anda miliki. Maksudnya cara investasi saham yang berhasil ketika uang Anda adalah uang dingin. Maksudnya uang tersebut tidak akan dipakai dalam waktu dekat, minimal satu tahun.

Kalau ternyata Anda tidak memiliki uang yang sifatnya demikian, mohon dipikirkan kembali untuk masuk bursa saham. Karena jika uang Anda akan dipakai, tapi sejenak dikembangkan dulu, maka timbul kegelisahan besar ketika tiba-tiba turun. Padahal fluktuasi harga adalah hal biasa di pasar modal.

Berapa Banyak Uang Anda

Cara investasi saham dari nol berikutnya adalah hitung berapa banyak uang dingin Anda untuk investasi saham. Karena semakin banyak semakin menentukan keberhasilan investasi saham. Satu persen dari 100 juta, dengan satu persen dari satu juta sangatlah berbeda.

Jika bertanya berapa dana minimal yang ideal untuk investasi saham, jawaban saya 100 juta. Tapi Anda jangan langsung menanam 100 juta tanpa pengetahuan. Lebih baik bertahap sampai benar-benar tahu seluk beluk investasi saham.

Artinya cara investasi saham yang efektif adalah siap menyisihkan uang dari gaji yang dimiliki untuk menabung atau top up saldo Anda di pasar modal rutin. Kalau tidak siap demikian, dijamin keuntungan Anda akan terasa cukup kecil. Ikuti petuah bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian.

Daftar Sekuritas Terpercaya

Cara investasi saham dari nol berikutnya adalah daftar ke sekuritas. Sekuritas merupakan perusahaan yang direstui oleh OJK untuk menjadi perantara membeli saham. Jadi Anda meletakkan uang terlebih dahulu ke sekuritas tersebut. Nanti barulah bisa membeli saham.

Saran kami jika Anda di kota besar, lebih baik daftar offline meskipun bisa online. Sebabnya kalau Anda daftar online banyak hal tidak didapatkan, terutama nasehat dari sekuritas tersebut. Sangat penting. Kedua Anda harus yakin sekuritas tersebut ada kantornya. Kalau komplain mudah.

Bisa dibaca pengalaman kami mendaftar di sekuritas di sini. Kami memilih BNI Sekuritas dengan kode NI, karena menurut kami terpercaya, serta di bawah naungan bank besar di Indonesia. Jadi tidak ragu.

Top Up Saldo

Setiap sekuritas memiliki minimum saldo awal yang berbeda. Kami di BNI Sekuritas ketika mendaftarkan offline memiliki batas minimum untuk daftar 5.000.000. Ada yang hanya ratusan ribu, ada juga yang satu juta. Intinya tergantung sekuritas yang Anda ikuti.

Saran kami di awal mengikuti sekuritas jangan mengisi saldo sebanyak-banyaknya. Pelan-pelan saja. Atau jika memang Anda memiliki banyak uang bisa langsung top up banyak, tapi jangan dihabiskan untuk membeli saham. Pakai pola menabung saham. Selengkapnya di sini.

Cara Membeli Saham

Barulah kemudian Anda membeli saham. Dengan adanya saldo di uang Anda. Tapi harus diingat, ada 600 lebih emiten, perusahaan yang tercatat di pasar modal. Anda harus memilih yang memang layak untuk dibeli. Dalam arti harganya belum mahal.

Contoh, Anda akan membeli saham BJBR, maka batas membelinya seratus lembar atau yang dikenal dengan satu lot. Jika satu lembarnya 1.500, itu artinya minimum Anda membeli harganya 1.500.000.

Logika membeli saham adalah beli di harga murah, jual di harga mahal. Istilahnya di pasar modal adalah saham undervalue. Yaitu saham yang sedang dihargai murah oleh pasar, padahal sebenarnya nilainya mahal. Bisa dibaca saham undervalue di sini.

Sabar Menunggu Investasi

Inilah kunci utama dari cara investasi saham, yaitu sabar menunggu proses naik dan turunnya harga saham. Ketika Anda sudah membeli saham artinya Anda sudah berinvestasi pada sebuah emiten di pasar modal.

Jangan buru-buru takut ketika harga turun, atau buru-buru menjual ketika harga naik. Semua butuh kesabaran. Di sinilah titik krusial selain cara membeli saham. Jika tadi membeli saham BJBR di harga 1.500, tahu-tahu satu bulan kemudian sudah 1.600. Itu sudah menjadi keuntungan Anda.

cara investasi saham

Waktu Investasi Saham

Ini unsur penting selanjutnya dalam cara investasi saham di pasar modal. Yaitu durasi waktu yang Anda miliki. Waktu sangat menentukan cara investasi saham. Satu bulan sangat berbeda dengan durasi investasi dalam jangka waktu bertahun-tahun.

Lo Kheng Hong atau Warrent Buffet, memiliki durasi waktu yang cukup panjang. Mereka mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat. Sedangkan umumnya di bursa saham memiliki durasi waktu yang singkat, bisa mingguan, bulanan, bahkan hanya harian. Silakan dipilih, semua kembali pada diri Anda.

Menjual Investasi Saham

Jika durasi waktu sudah terlewati, maka Anda akan menikmati tiga hal dalam investasi saham di pasar modal. Pertama kenaikan harga, ini adalah keuntungan bagi Anda yang pintar dalam memilih saham yang bagus.

Kedua penurunan harga. Ingat tidak semua mendapatkan keuntungan. Anda bisa jadi mendapatkan sebaliknya. Sehingga pada akhirnya harganya turun. Ini kerugian yang didapatkan. Kesalahannya berada pada saat memilih saham.

Terakhir adalah dividen. Yaitu pembagian keuntungan dari perusahaan yang kita beli sahamnya. Biasanya dalam satu tahun dibagi sekali. Beberapa saham memiliki dividen yang cukup besar hingga dua puluh persen setahun. Selengkapnya di sini.

Tapi kalau masih bingung tentang dividen bisa dibaca seluk beluknya di sini. Anda akan memiliki gambaran bagaimana mendapatkan keuntungan dari investasi saham di pasar modal.

Inilah cara investasi saham dari nol hingga Anda mendapatkan keuntungan. Nantinya Anda bisa menarik uang secara tunai dari hasil penjualan saham tersebut. Cukup mudah. Jika Anda ingin kerja di rumah, jual beli saham bisa menjadi salah satu pilihan.

Atau ingin tetap kerja dan uang berkembang, maka jadilah investor yang menginvestasikan uangnya di pasar modal. Semoga saham Anda hijau.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *