7 Cara Main Saham Yang Aman dari Pengalaman

Cara main saham yang aman memang penting bagi para investor saham. Selain meraih keuntungan yang berlipat, saham juga menawarkan kenyamanan finansial. Oleh sebab itu sangat penting mengetahui cara main saham yang benar.

Kami akan sajikan berdasarkan pengalaman di pasar modal selama beberapa tahun. Arti cara main saham yang aman dalam tulisan ini adalah meminimalisir kerugian yang berlipat-lipat dan menghasilkan keuntungan yang stabil. Ingat ya, stabil.

Ubah Mindset Cara Main Saham

Sebelum memahami cara main saham yang aman, perlu didalami mindset kita sebagai seorang investor. Pertama, saham adalah investasi yang selalu naik turun sesuai adanya supply and demand. Jangan berpikiran saham selalu naik.

Ketika turun sudah dianggap kalah, inilah yang harus dikoreksi. Karena ketika kita tidak menerima turunnya harga saham, maka kita akan selalu kalah. Baru turun lima persen sudah dijual. Turun sepuluh persen sudah dijual. Di dunia saham ini sudah sangat biasa terjadi. Maka terima kenyataan ini.

Maksimalkan Indeks Saham

Di bursa saham sudah ada indeks saham yang bermacam-macam. Masing-masing fungsinya beragam. Tapi pada umumnya indeks saham menyeleksi saham-saham yang memiliki kualitas terbaik di antara enam ratusan emiten yang ada di bursa. Maksimalkan!

Contoh ingin mencari saham yang liquid dan kapitalisasi besar ada lQ45. Atau ingin saham yang sedang tumbuh ada IDX Growth. Kalau ingin yang harganya masih bagus, tidak terlalu mahal ada IDX Value. Bahkan kalau yang ingn saham dengan kapitalisasi tidak besar tapi bagus juga ada IDX SMC Liquid.

Selengkapnya bisa dibaca di sini tentang jenis Indeks penting dan manfaatnya. Dengan cara demikian kita bisa mengetahui cara main saham yang aman.

Durasi Waktu Investasi

Jika ingin aman main saham, saran kami selanjutnya adalah jangan main dalam jangka waktu pendek. Semakin pendek waktu Anda berinvestasi akan semakin tidak aman. Ilustrasinya demikian, jika main saham dalam jangka waktu satu tahun, maka kemungkinan tiga bulan awal adalah waktu saham itu turun.

Tiga bulan berikutnya adalah waktunya sideway, atau sedang konsolidasi akan naik atau turun. Enam bulan berikutnya trennya baru akan naik. Nah kita bisa menikmati selisih antara naik dan turunnya saham. Saham turun hanya 10%, naiknya tiga puluh persen, Anda sudah untung dua puluh persen.

Maka jika Anda memiliki durasi waktu panjang, itu adalah sebuah keuntungan dalam investasi saham. Warrent Buffet hingga Lo Kheng Hong memiliki durasi waktu investasi saham yang panjang dan mereka menikmati naik turunnya harga saham.

Jenis Uang Investasi Saham

Cara main saham yang aman berikutnya adalah jenis uang yang Anda investasikan. Karena investasi saham memiliki fluktuasi harga yang tinggi, dan itu memang hukum alam di dunia saham, maka lebih baik gunakan uang yang tidak terpakai. Atau istilahnya uang dingin, bukan uang panas.

Uang dingin akan menciptakan ketenangan pada diri Anda sebagai seorang investor. Harga turun tidak masalah, karena uangnya tidak dipakai. Dalam hati akan yakin, nanti naik lagi. Maka hitung benar berapa uang dingin yang Anda miliki.

Hal yang jangan sekali-kali dilakukan adalah menggunakan uang hutang. Anda bisa stress. Misal pinjam uang tiga puluh juta. Tiba-tiba nilai saham turun dua persen, Anda langsung panik, enam ratus ribu hilang dalam satu hari.

Padahal Anda juga menanggung bunga pinjaman. Tentang ini kami sudah menulis lengkap di sini. Ada kisah sampai bunuh diri karena pinjam uang untuk saham.

cara main saham yang aman

Antara Trader dan Investor

Ada dua kiblat besar orang masuk di bursa saham. Pertama trader yang memang setiap hari pekerjaannya jual beli saham. Untuk jenis ini Anda harus full melihat kenaikan harga saham. Jangan disambi kerja, nanti yang terjadi adalah rugi. Karena setiap menit sangat berharga.

Yang kedua adalah investor. Di mana umumnya orang masih bekerja mencari nafkah, sedangkan saham hanya menjadi instrument investasi. Ada uang sisa diinvestasikan lagi di saham. Begitu seterusnya. Sehingga nilainya besar.

Kami tidak mengharuskan Anda menjadi investor, atau trader. Tapi saran kami adalah jangan menjadi trader tapi sambil kerja. Dua-duanya bisa hancur. Atau jadi investor tapi kerjaannya melihat saham terus. Ini juga menghasilkan portofolio yang segitu saja. Maka tentukan Anda di jenis yang mana. Cara main saham yang aman ketika tahu posisinya masing-masing.

Pahami Perusahaan Yang Diinvestasikan

Ini yang menjadi penyebab banyak pemain saham merugi, rata-rata tidak mengetahui perusahaan yang dibeli. Hanya berdasarkan rekomendasi dan murni teknikal. Anda juga akan bingung kenapa harga sahamnya turun, kenapa naik.

Membeli saham seperti membeli barang, Anda harus tahu perusahaan apa, serta bagaimana kinerjanya. Sehingga Anda tahu berita yang mengelilingi dan memberikan dampak secara langsung atau tidak langsung.

Contoh ekonomi bagus, pasti kebutuhan kendaraan naik. Jangan sampai Anda membeli saham MPMX tapi tidak tahu jika saham tersebut bergerak dalam bidang otomotif. Maka cara main saham yang aman adalah memahami perusahaan sebagai objek investasi.

Jangan Tinggalkan Fundamental

Nah ini pesantren terakhir kami di posting cara main saham yang aman. Jangan meninggalkan sedikitpun aspek analisa fundamental dalam investasi saham. Semua akan kembali ke fundamental. Ingat waktu kejadian saham KAEF yang naik super gila di masa covid.

Tapi kemudian semua sadar bahwa harganya tidak semahal itu, maka ketika ada yang baru masuk, baru membeli, orang justru ramai-ramai menjual. Kasihan yang membeli di harga 7.000, padahal kemudian kembali ke harga psikologisnya di kisaran 2000-an.

Inilah beberapa cara main saham yang aman. Semoga bisa bermanfaat dan menjadikan Anda menikmati mati hidup sembari menikmati hasil investasi saham.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *