3 Cara Membaca Broker Summary dan Analisanya

Cara membaca broker summary perlu dipahami setiap pelaku di pasar modal. Baik Anda dengan kiblat trader, atau dengan madzhab investor. Karena dengan membaca broker summary inilah kita bisa mengetahui posisi pas untuk masuk di saham atau bahkan keluar.

Bisa dikatakan hal ini juga dasar dari bandarmologi saham. Dengan membaca broker summary dengan tepat Anda bisa lebih lincah melihat bagaimana pergerakan naik turun harga. Terutama pemegang dominan dalam satu saham.

Yang Dimaksud Broker Summary

Yang dimaksud dengan broker summary adalah ringkasan dari nilai jual beli dalam jangka waktu tertentu yang berbasis kode broker. Bukan berbasis harga saham. Bayangkan saja Anda memiliki grup wa. Yang lain juga ada grup wa. Kemudian masing-masing grup membeli saham.

Cara Membaca Broker Summary dan Analisanya

Pertanyaannya adalah grup saham mana yang paling besar membeli, grup saham mana yang paling besar menjual. Di sinilah broker summary berperan. Meskipun kita semua sebagai personal, tapi kita melakukan transaksi di pasar modal berbasis broker sekuritas.

Maka langkah penting yang harus Anda lakukan adalah memahami kode broker sebelum membaca broker summary. Contoh kalau BNI sekuritas adalah NI, kalau YP artinya Mirae Asset Sekuritas Indonesia, dan seterusnya.

Fungsi Mengetahui Broker Summary

Saya cerita dulu agar paham. Ketika saham MPMX di harga antara 300-400, tahun 2020. Waktu itu harganya sangat jeblok karena Morning Light Investment kalau tidak salah melakukan penjualan besar-besaran. Hampir setiap hari sekitar dua milyar rupiah bahkan lebih.

Pertanyaan besarnya di kami waktu itu, berapa banyak saham yang dimiliki sehingga tidak pernah habis. Di sisi lain juga menimbulkan satu pertanyaan, yang menadah saham ini memiliki dana yang luar biasa. Disamping ritel yang cinta Indonesia, hehehe. Tapi ritel paling satu orang rata-rata di bawah sepuluh juta rupiah transaksinya. Karena waktu itu takut semakin longsor.

Kejadian ini bisa diketahui dari broker summary. Sehingga waktu itu kita bisa memprediksi, sepertinya barang akan habis di bulan depan, begitulah kira-kira. Antara September hingga Oktober. Dan benar, ketika broker itu tidak jualan, karena semua sudah jenuh jual, tidak ada barang yang dijual lagi. Setelahnya terbang. Dipicu lagi sentiment dobel, laba dan dividen jumbo.

Mungkin timing kami masuk tidak sangat tepat, tidak dapat harga paling rendah. Tapi setidaknya karena kami mengetahui hal tersebut dari broker summary, maka kami tidak mendapatkan harga tinggi.

Cara Membaca Broker Summary

Apapun sekuritas Anda biasanya memiliki fasilitas untuk membaca broker summary. Rata-rata sama. Kami mencontohkan yang di IPOT via desktop. Anda cukup klik link ini. Saya langsung tujukan ke saham Unilever. Kalau mau diganti yang lain tidak masalah.

cara membaca broker summary
gambar 1

Di gambar atas langsung jelas tertulis broker summary. Jadi Anda tinggal melihat. Hasilnya. Di atas jelas tertulis selama satu hari pada tanggal 30 Juli 2021 broker yang aktif jualan adalah AK dan CS. Ini broker yang membuang saham besar-besaran. Sedangkan yang membeli besar-besaran adalah kode broker BK dan YP.

Nah kalau ingin tahu jangka waktu yang lebih lama, maka tanggal yang di atas tinggal diganti saja. Anda ingin durasi waktu selama satu bulan atau selama dua bulan, bisa disetting. Di sinilah Anda bisa melihat jangka waktu yang lebih lama lagi. Jadi cara membaca broker summary cukup mudah.

Analisa Broker Summary

Nah yang harus hati-hati adalah cara analisa broker summary. Karena dari sinilah kita ketahui alasan memunculkan kode broker summary di pasar modal.

Perhatikan gambar 1 di atas dari transaksi yang terjadi pada tanggal 30 bulan Juli 2021 pada saham Unilever. Ketika itu sahamnya sedang turun drastis sekali. Dari harga piskologisnya di 8000-an, hanya jadi 4.200-an.

Pertama kita lihat yang jualan adalah AK, ini broker UBS Securities Indonesia yang dikenal sebagai broker asing dan biasanya melakukan transaksi-transaksi besar. Kedua adalah CS yait Credit Suisse Sekuritas Indonesia. Ini juga broker asing yang dulu pernah kompak dengan AK jualan di saham BUMI.

Kalau sudah seperti ini, artinya bandar sedang distribusi besar. Jangan ditahan. Anda jangan dulu masuk, atau sama saja terkapar. Anda beli 100 lot, dia jual sampai 100 ribuan. Ya jelas kalah. Saham itu perang strategi yang runyam.

cara analisa broker summary
gambar 2

Ini kami potong durasi waktu seminggu. Kita lihat lebih jauh di gambar 2 siapa yang terus jualan. Masih sama, broker AK dan CS. Artinya memang sedang distribusi besar-besaran. Pertanyaannya yang nampung siapa? YP. Ini adalah kode yang banyak dihuni ritel Indonesia.

Belum ada pembeli dominan di saham tersebut. Meskipun BK sudah mulai masuk, yaitu JP Morgan. Ini adalah sekuritas asing, biasanya dananya besar. Dari sini Anda bisa tahu, bahwa kita dijajah asing di dunia dan di modal. Ckckck.

Kalau BK sudah masuk, mulai whatchlist. Kemungkinan ada dua, selepasnya orang dengan basis bandarmologi mulai masuk, kedua besok broker tersebut akumulasi kembali. Semua bisa terjadi. Kita sudah bisa mulai partisipasi.

Apalagi kalau yang nahan broker-broker besar. Ini yang biasanya disebut dengan analisa bandarmologi, masih tahap dasar, maka mengikuti big money saja.

Cara membaca broker summary setidaknya demikian. Anda bisa mengikutinya agar jangan sampai masuk di harga yang masih kondisi distribusi. Semoga bermanfaat.

Related Posts

2 thoughts on “3 Cara Membaca Broker Summary dan Analisanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Copas Ya