Cara Membaca Rekomendasi Saham Agar Cuan

Saya beberapa kali menemukan orang yang mengalami kerugian besar di pasar saham. Biasanya saya tanya, kok bisa terjadi demikian. Jawaban yang sering kami dengarkan adalah karena mengikuti rekomendasi saham.

Menurut kami orang yang memberi rekomendasi sebuah saham tidaklah salah. Tapi biasanya orang yang mengikuti, atau ingin membeli yang mengalami kesalahan dalam pola mengikuti rekomendasi tersebut.

Pertanyaanya adalah, bagaimana cara mengikuti rekomendasi saham agar bisa cuan? Kami sharing pengalaman kami dalam mengikuti rekomendasi.

Rekomendasi Saham Mudah Ditemukan

Saat ini untuk menemukan rekomendasi membeli saham bukanlah perkara yang sulit. Mulai dari status wa, status media sosial, bahkan website online juga memberikan rekomendasi akan saham-saham yang lain dibeli.

Kami juga di antara yang memiliki pola membeli saham setelah melihat rekomendasi. Di manapun, entah di Koran, di aplikasi, dengan tambahan pertimbangan lainnya. Karena salah satu prinsip kami, memilih di antara 800-an saham sangatlah susah.

Maka lebih baik mendapatkan rekomendasi, mungkin sepuluh, baru kita pilah satu persatu. Begitulah proses kami dalam memilah sebuah saham dengan strategi yang sudah kami ceritakan di link ini.

Kesalahan Mengikuti Rekomendasi

Memang salah satu yang kadang jarang dipahami adalah, pemberi rekomendasi seringnya sudah memiliki saham yang direkomendasikan dan membeli di harga bawah. Terutama untuk saham-saham yang sedang hit dan tanpa menyebut harga belinya.

Jadi ciri-cirinya hanya menyebut nama saham saja. Untuk yang demikian menurut kami cukup bahaya. Anda jangan mudah percaya. Biasanya kita terjebak di harga yang sudah tinggi. Ini kesalahan yang pertama.

Kesalahan kedua adalah tidak mengetahui gaya atau bagaimana rekomendasi itu digunakan. Maksudnya, kalau yang merekomendasikan seorang trader, itu pasti saham memiliki fungsi untuk trading. Bukan untuk disimpan dalam jangka lama.

Itupun trading harus dilihat dari tipe trading yang digunakan. Contoh dia trader harian, maka Anda harus gunakan saham yang dibeli untuk harian. Kalau dia mingguan, maka harus digunakan untuk mingguan.

Berbeda lagi dengan para scalper, di mana saham dibeli untuk digunakan dalam jangka waktu jam saja. Jadi Anda ketika membelinya harus menunggu dalam jangka waktu satu sampai beberapa jam. Setelah itu dijual.

Ada lagi yang merekomendasikan model seperti ini, MPMX beli 1.300, jual 1400, stop loss 1200. Ini artinya kalau harganya turun, maka Anda harus jual pada harga tertentu. Jangan dibiarkan saja.

Begitu juga ketika sahamnya naik, meskipun hanya naik seratus rupiah, tetap harus dijual. Tidak boleh disimpan. Karena kalau disimpan ada kemungkinan turun dalam. Jadi harus jeli melihat setiap rekomendasi.

Kalau di Koran berbeda lagi. Seperti misalkan saya membaca Koran Investor Daily. Biasanya memberikan rekomendasi seperti ini PBSA harga sekarang 300, target Rp350. Rekomendasi ini tidak ada yang salah, tapi membacanya harus besar.

Pertama, ini tidak ada rentang waktu. Saham tersebut benar bisa mencapai Rp350, tapi bisa jadi waktunya enam bulan, satu tahun. Anda harus sabar. Ini bukan untuk trader.

Ketika saham tersebut sedang turun pun, itu hal yang lumrah, karena nantinya akan naik lagi dengan mempertimbangkan fundamental. Jadi harus dilihat baik-baik bagaimana karakter dari rekomendasi yang diberikan.

menggunakan rekomendasi saham

Cara Kami Menggunakan Rekomendasi Saham

Sedangkan kami biasanya mendapatkan rekomendasi dari stockbit dan aplikasi bernama emiten.com. Keduanya sesuai dengan karakter kami yang membeli saham untuk jangka waktu bulanan.

Untuk stockbit kami memilih dari orang-orang yang bertipe fundamentalis. Biasanya mereka memberikan rekomendasi dengan alasan mengapa saham ini harus dibeli.

Nah ketika kami sudah mendapatkan rekomendasi saham dari masing-masing, kami kumpulkan menjadi satu. Misalkan ada 10, kemudian kami buat tabel untuk menelaah fundamental paling bagus, harga paling murah, plus teknikal paling bawah.

Kami riset satu persatu agar tidak terjadi kesalahan yang cukup fatal. Karena belum tentu rekomendasi yang diberikan adalah benar. Kalau sudah cocok. Barulah kami pantai tiga saham. Kami teliti gerak geriknya selama beberapa hari, bahkan minggu.

Ketika sudah merasa oke, klik dengan saham tersebut. Barulah eksekusi. Adapun cara kami eksekusi sebuah saham bisa dibaca di link ini. Semoga informasi dari sahamhijau.com ini bermanfaat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Copas Ya