5 Cara Mendeteksi Saham Gorengan Kolesterol Tinggi

Cara mendeteksi saham gorengan | Jenis saham gorengan sering diburu oleh para investor di pasar saham. Alasannya selalu membawa mimpi untuk cepat kaya. Namun demikian bisa juga sebaliknya, saham ini sangat dihindari. Alasannya membawa mimpi buruk cepat miskin.

Masalahnya terkadang orang tidak mengetahui bahwa yang dibelinya adalah saham gorengan. Pada akhirnya justru terjerembab dalam lembah jurang setan kerugian. Maka kali ini kami ingin mengulas cara mendeteksi saham gorengan. Tips yang kami berikan berdasarkan pengalaman.

Cara Mendeteksi Saham Gorengan

Cara paling mudah mendeteksi saham gorengan adalah dari grafiknya. Kalau grafiknya patah-patah dan naik turunnya keterlaluan, hampir bisa dipastikan itulah saham gorengan. Naik turunnya tidak membentuk garis yang teratur. Seperti ada jarum-jarum, atau gunung tinggi. Mudah dilihat kok. 

Kalau Anda masuk ke saham yang demikian, sangat disarankan untuk siap secara mental. Siap dapat uang banyak, atau siap hilang banyak uang. Karena tahu-tahu naik tinggi, tapi bisa jadi turun tajam.

Cara mendeteksi saham gorengan yang kedua adalah dari harganya. Kalau harganya recehan, terutama di bawah lima ratus, meskipun tidak semua, tapi rata-rata mudah digoreng. Karena untuk membelinya tidak membutuhkan uang banyak. Apalagi kalau kapitalisasinya kecil. 

Lain lagi dengan harga kecil, tapi jumlah lot sangat banyak, seperti BUMI. Itu dalam sudut pandang kami masuk gorengan, tapi tidak mudah diangkat. Maka seringkali disebut gorengan berkolesterol rendah.

Lain lagi kalau kapitalisasinya kecil, plus harganya rendah, dibeli sekian banyak lot langsung loncat. Inilah saham gorengan berkolesterol tinggi.

Maka disarankan beli saham yang di rentang 500 ke atas. Apalagi jika tidak terbiasa dengan nilai loss melebihi 40%. Gorengan bisa turun lebih dari 40%, dan naik lebih dari itu dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama.

Cara mendeteksi saham gorengan selanjutnya adalah naik turun tanpa sebab. Gorengan biasanya tahu-tahu naik sangat tajam. Tapi tanpa sentimen apapun. Intinya big funds sudah koleksi banyak lots sehingga sudah waktunya menaikkan.

Padahal kita sudah memahami bahwa naiknya turunnya saham mayoritas karena sebuah sentimen. Entah sentimen dari luar, atau dari dalam emiten itu sendiri yang bisa saja berbentuk bagusnya laporan keuangan. 

Saham gorengan tidak peduli hal itu. Saatnya naik, dinaikkan, kemudian saatnya turun diturunkan. Karena yang memiliki jumlah lot banyak biasanya disebut dengan bandar. Jadi hati-hati ya. Kecuali tahu memanfaatkan mekanisme bandar.

Analisa Fundamental dan Teknikal Saham Gorengan

Cara mendeteksi saham gorengan yang terakhir adalah tidak bisa diukur baik dengan analisa saham fundamental ataupun analisa teknikal. Jadi memang setengah gambling jika ingin masuk ke saham yang satu ini. 

Fundamentalnya rugi, tapi tahu-tahu naik. Orang susah mencerna mengapa masuk ke saham tersebut. Belum lagi kalau mengikuti teknikal, harusnya naik, tahu-tahu dijatuhkan ke harga yang sangat dalam. Pokoknya membingungkan. 

Inilah cara mendeteksi saham gorengan. Bisa terlihat. Pokoknya keputusan ada di tangan Anda, masuk dipersilakan, tidak menyentuh juga dipersilakan. Risiko untung dan rugi ditanggung sendiri.

cara mendeteksi saham gorengan

Saham Gorengan Lebih Baik Didekati Atau Dijauhi?

Ini pengalaman kami. Tidak semua saham gorengan merugikan. Kalau kita bisa tahu arahnya justru bisa dimanfaatkan. Tapi meleset dikit memang bikin stres. Seperti orang naik motor kencang sekali. Mungkin sekali selamat, tapi bisa jadi jatuh sekali langsung mati. 

Lihat tanda-tanda saham naik di sini. Menggunakan cara ini bisa bermanfaat.

Namun saham gorengan sekolesterol tinggi apapun, lebih baik tetap melihat fundamental. Paling tidak ada ungtungnya. Kalaupun sedang rugi, tapi prospek usahanya ke depan bagus. Karena jika berdasar fundamental suatu hari pasti naik. Bahkan bisa jadi multibagger.

Kedua, kami tidak meletakkan dana seluruhnya ke satu saham apalagi gorengan. Paling porsinya kecil. Mungkin 20% dari portofolio, sehingga tidak terlalu khawatir ketika melihat sahamnya terseok-seok.

Inilah pengalaman kami di saham gorengan. Semoga menjadi manfaat. 

Related Posts

21 thoughts on “5 Cara Mendeteksi Saham Gorengan Kolesterol Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *