3 Cara Mengatasi Saham Nyangkut berbalik Cuan

Cara mengatasi saham nyangkut | Kami yakin setiap orang yang terjun di pasar modal selalu merasakan yang namanya saham nyangkut. Karena sifat saham yang naik turun setiap harinya. Ini adalah risiko investasi saham yang naik turun.

Tapi bagaimana caranya bila ternyata sahamnya nyangkut parah. Inilah yang akan kami jelaskan.

Kami memiliki pengalaman beberapa kali saham nyangkut, ada yang kami jual rugi, ada pula yang kami gunakan 3 cara mengatasi saham nyangkut kemudian balik lagi bahkan untung berlipat kali.

Apa Itu Saham Nyangkut

Saham nyangkut sebenarnya sebuah istilah yang populer di kalangan trader saham. Yaitu membeli saham yang niatnya dijual dalam jangka waktu pendek, satu minggu, kalau perlu satu hari, namun ternyata justru harganya turun. 

Nah ada istilah juga nyangkut di pucuk, itu artinya ketika saham sedang rally, Anda meyakini akan naik lagi, tapi ternyata justru titik Anda beli adalah titik puncak harga saham yang kemudian semua orang take profit, turun terus. Milik Anda tersangkut di harga paling atas. 

Tinggal seberapa parah nyangkutnya saham Anda, itu akan menjabarkan bagaimana teknik kami berjalan. 

Alasan dan Sebab Saham Nyangkut

Paling banyak sebab saham nyangkut, atau alasan saham nyangkut adalah menganalisa dengan teknikal murni tanpa memperhatikan fundamental. Big funds sudah mengetahui ilmu itu, jadi mengambil sikap sebaliknya, seperti seorang komedian yang tidak terduga.

Alasan kedua Anda sama sekali tidak tahu saham apa yang sedang dijual. Hanya tahu kodenya saja, sehingga melupakan sentimen di pasar. Padahal saham naik dan turun disebabkan adanya sentimen. 

Sebab saham nyangkut berikutnya adalah Anda hanya ikut-ikutan rekomendasi grup tapi tidak tahu posisi yang sebenarnya di mana. Biasanya dia sudah membeli sebelum rekomendasi, Anda beli dia jual. Bisa periksa bahaya grup whatApp saham di sini. 

Selanjutnya adalah persoalan minim pengalaman tapi impian besar. Biasanya baru masuk dunia saham langsung bawa bayangan akan untung berpuluh-puluh lipat, semua uang dimasukkan. Tahu-tahu salah pilih, longsor tanpa titik stop. Jantungan. 

Juga beberapa sebab saham nyangkut lainnya. Ini yang kami tulis hanya yang umum terjadi. Setiap kasuistik berbeda-beda.

Cara Mengatasi Saham Nyangkut

Maka cara mengatasi saham nyangkut yang paling ampuh adalah mengenali penyebabnya. Seperti dokter yang tahu diagnosa baru dilakukan tindakan, apakah diberi obat atau operasi, begitu juga dengan saham.

Kalau alasannya sangat teknikal, Anda tidak mengetahui fundamental sama sekali, dan ternyata sahamnya buruk, usahanya rugi dan lain sebagainya. Kemudian Anda membeli di harga yang sedikit tinggi dibandingkan chart dalam beberapa bulan, saran saya lebih baik dijual. 

Karena metode yang Anda gunakan sebenarnya adalah metode seorang trader. Trader sangat biasa menelan rugi dan meminum untung. Yang tidak biasa adalah disiplin angkanya. Trader turun sekian persen harus jual. Begitu juga dengan naik sekian persen harus jual. Biasanya lupa prinsip trader yang demikian. 

Tapi kalau ternyata sebaliknya, saham ini fundamental bagus, plus big capital, tidak mudah longsor seperti gorengan, contoh beli saham ANTM, atau BJBR, maka rumus average down digunakan. Yaitu membuat harga penjualan rata-rata menjadi rendah.

Misalkan harga beli 1000, ternyata turun sampai 600, beli sekian lot di 650, sehingga harga rata-ratanya menjadi 900. Ini cukup efektif. Namun jangan asal average down ya. Ada rumus khususnya, baca di sini. 

Saham Nyangkut Berbalik Untung

Cara ketiga, jual dan beli lagi. Nah ini cara yang butuh keahlian khusus. Perusahaan bagus, tapi ternyata Anda khilaf, belinya terlalu tinggi. Terlihat turun sedikit, kemudian dilihat offernya sangat besar, maka kemungkinan naiknya lebih kecil dari turunnya.

Ternyata beneran turun, baru satu persen Anda jual dulu saja. Kemudian tunggu saham ini turun sampai harga yang grafiknya sideways. Jangan ditinggal, Anda butuh waktu lagi untuk mengamati pergerakan saham tersebut. 

Ketika turun sepuluh persen, beli lagi. Apakah dengan cara demikian tidak mungkin turun, masih mungkin, tapi paling tidak Anda nyangkut tidak besar. Tapi dengan catatan cara demikian hanya bisa untuk saham dengan fundamental lumayan.

Cara terakhir adalah tutup laptop Anda, uninstal aplikasi, jadilah investor. Dijual sayang, average down tidak punya uang. Tunggu dalam jangka waktu bertahun-tahun. Hehehe, nikmati saja.

cara mengatasi saham nyangkut
pixabay.com

Pengalaman Mengatasi Saham Nyangkut

Kami pun memiliki pengalaman saham nyangkut. Perusahaannya macam-macam, yang berhasil mendapatkan keuntungan cukup banyak. Di antaranya adalah BJBR. Saham ini awalnya dibuang-buang karena tersebut sebagai objek investasi Jiwasraya.

Harganya longsor dari harga 1700-an, sampai 1100-an. 

Saya tertarik sekali dengan saham yang devidennya cukup lumayan. BJBR di angka sekitar 8%. Kami sudah pernah mendapatkannya. Plus kinerja BJBR tidak pernah buruk, hanya pernah turun saja, tidak sampai rugi.

Malang, ternyata sahamnya longsor sampai 600, karena covid, hampir lima puluh persen. Saya average down hingga mendapatkan harga 940. Kemudian perlahan saham ini mendaki, mendekati harga aslinya waktu beli 1.100, bahkan ternyata melebihi dan naik terus.

Kalau dihitung dari segi waktu, sekitar delapan bulan dari harga awal, longsor, hingga balik untung sampai lebih 20%. Menurut saya itu sudah cukup bagus, apalagi yang saya gunakan uang dingin. 

Uang dingin ini sangat penting dalam cara mengatasi saham nyangkut. Karena semakin dingin, semakin tenang kita, uang itu akan bergerak sendiri dan mendaki.  

sahamhijau.com

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *