Cara Menjadi Trader Saham | Aspek Psikologis dan Taktis

Cara menjadi trader saham menjadi tema yang salah satu ilmu yang paling ingin diketahui oleh banyak pemain pasar modal. Karena bayangannya, kalau satu hari untung satu persen saja, berarti dalam dua puluh hari untung dua puluh persen. Kalau modal seratus juta, maka untungnya sebulan dua puluh juta.

Benarkah demikian? Oleh sebab itu kami akan mengulas lebih jauh tentang cara menjadi trader saham harian berdasarkan pengalaman, juga sharing dari beragam teman. Di antara yang akan dibahas adalah cara trading saham harian, cara trading saham yang benar, trading plan saham.

Trader Saham Adalah

Sebelum membahas lebih jauh, lebih baik kita mengetahui apa itu trader saham. Trader diambil dari bahasa inggris trade, yang artinya adalah perdagangan, dengan kata lain trader saham adalah orang yang memiliki perkejaan jual beli saham.

Sebenarnya semua di pasar modal rata-rata melakukan hal demikian. Seperti kami pun melakukan jual beli. Namun trader saham adalah orang yang melakukan jual beli dalam waktu yang cukup singkat. Sehingga seringkali ada istilah trader harian. Setiap hari harus ada yang dijual ada yang dibeli.

Bagi kami dalam seminggu ada yang diperjualbelikan itu juga termasuk trader saham. Oleh sebab itu apakah Anda masuk golongan trader saham atau investor saham. Jika memang trader saham, maka ikuti cara menjadi trader saham di sini.

Kenali Psikologi Trading Anda

Jangan buru-buru masuk menjadi trader saham sebelum Anda kuat betul secara mental. Maksudnya adalah kalau Anda turun dua persen saja sudah stress, atau baru naik tiga persen sudah ingin menjual, lebih baik Anda jangan menjadi trader saham. Karena secara psikologis lebih menekan daripada itu.

Cara menjadi trader saham yang utama harus menerima kenyataan bahwa kenaikan dan penurunan saham adalah keniscayaan yang tidak bisa dihindari dalam dunia pasar modal. Jangan sampai trader saham berpikir selalu naik. Tidak demikian. Selalu ada penurunan dan kenaikan, itu pasti.

Jika Anda sudah siap menerima kenyataan ini, maka Anda bisa menjadi trader saham. Karena memang sudah paham risikonya sehingga tidak stress.

Trader Saham adalah Pekerjaan

Mungkin Anda bingung dengan sub judul kami. Tapi paling banyak kesalahan yang terjadi adalah, Anda niatnya menjadi trader tapi masih bekerja harian, salah lagi menjadi investor tapi masih tengak-tengok grafik saham harian.

Trader saham sangat memperhatikan waktu yang pendek. Di pasar modal dalam sepuluh menit naik lima persen adalah hal biasa. Tapi sebaliknya, tiba-tiba turun sepuluh persen juga biasa. Maka kalau ingin jadi trader harus fokus menjadi pekerjaan. Kalau sampingan itu artinya investor.

Jika Anda newbie saran saya jangan pernah langsung memutuskan menjadi trader saham. Anda hanya akan menjadi makanan empuk bandar. Pelajari bandarmologi di sini. Karena sangat keras sekali. Kami sangat menghormati trader karena tahu beratnya.

Pelajari Analisa Teknikal Saham

Modal menjadi trader saham adalah menguasai analisa teknikal saham. Head and shoulder lah, hammer lah, pokoknya Anda paling tidak mengetahui tentang seluk beluk analisa teknikal saham. Banyak channel youtube memberikan pelajaran ini.

Cara menjadi trader saham biasanya dengan melihat grafik disertai dengan tanda-tanda bahwa saham tersebut akan bearish atau akan bullish. Ada sedikit teknikal yang menandakan naik, masuk, semenit kemudian, atau jam, atau besok, langsung jual.

Pilih Sekuritas Yang Murah

Perlu diketahui kalau setiap transaksi di pasar modal ada biaya yang akan dikenakan kepada pemegang saham. Salah satunya adalah biaya untuk sekuritas atau fee broker atau fee apalah. Karena kadang Anda hanya menghitung keuntungan sekian persen.

Masalahnya jika jual belinya hanya ratusan ribu, terkadang keuntungan sekian persen justru kalah dengan biaya sekuritas dan pajak. Maka pada akhirnya kalau dikalkulasi menghasilkan minus. Jangan sampai demikian.

Pilih Sekuritas Yang Lancar

Dulu untuk membeli dan menjual saham bisa dilakukan dengan cara menelpon pialang saham. Tapi sekarang tidak demikian, cukup dalam genggaman, semua bisa dilakukan di handphone. Masalahnya adalah kalau aplikasi dari sekuritas Anda sering gangguan.

Dijamin trading Anda tidak akan berjalan lancar, bahkan cenderung tersendat-sendat dan akan kehilangan momentum besar. Pilih sekuritas yang minim gangguan pada aplikasinya terutama di jam perdagangan. Cara menjadi trader saham harus sudah lolos dalam aspek ini.

Masuk Perlahan-lahan

Jika Anda newbie cara menjadi trader saham adalah tidak langsung masuk dengan dana yang cukup besar. Tapi masuklah pelan-pelan. Seperti layaknya naik motor, jangan langsung memakai motor balap dengan kecepatan sangat tinggi.

Berlatih dulu menggunakan motor bebek. Jika Anda rugi tidak begitu besar. Baca pengalaman kami bermain saham di sini. Kami niatkan di awal untuk belajar, jika modal hilang diiklaskan. Di bursa, pengalaman sangat mahal dibanding dengan buku atau seminar.

Jangan Lupakan Fundamental

Meskipun cara menjadi trader saham sangat mengandalkan teknikal, tapi saran kami tetap jangan lupakan fundamental. Pilih saham-saham yang memiliki fundamental bagus untuk ditradingkan. Jangan ngincar yang fluktuasinya terlalu tinggi. Anda trading bukan investasi.

Kalau ingin mencontoh, lihat arus modal asing yang masuk di bursa, rata-rata mereka masuk di saham-saham dengan fundamental yang ciamik. Memang modalnya besar, dua persen mereka mungkin dua juta. Tapi mereka lakukan itu demi meminimalisir risiko. Paling tidak Anda pilih dari indeks pilihan yang bisa dipelajari di sini.

Cara menjadi trader saham yang benar
pixabay.com

Membuat Trading Plan Yang Benar

Karena Anda ingin tahu cara menjadi trader saham yang benar, maka salah satu tips yang utama adalah membuat trading plan yang benar. Trading plan yaitu target dari jual beli saham yang Anda lakukan.

Contoh, setiap ada kenaikan lima persen Anda jual. Tapi kalau ada penurunan dua persen juga Anda jual. Jangan sampai turun lebih dari enam persen Anda average down. Itu namanya investor bukan trader. Anda buat trading plan yang benar dan dilakasanakan dengan betul. Kalau tidak, bisa sia-sia usaha trading saham Anda.

Cara Menjadi Trader Sukses

Ingat sekali lagi bahwa trader sangat memperhatikan bahwa waktu adalah uang. Itu benar. Maka cara menjadi trader saham sukses adalah memiliki kuota internet yang cepat.

Anda mungkin belum pernah menemukan ketika saham mau dibeli karena melihat banyak bid, tapi ternyata dalam hitungan detik semua lenyap, bid fake. Jika tidak memiliki kecepatan ini, maka jeda sepersekian detik, tahu-tahu sudah longsor.

Ketahui Bandarmologi

Cara menjadi trader saham harus paham musuh, yaitu sang bandar. Anda mengira naik, dikerjai bandar, langsung longsor. Memang tidak ada metode valid di bursa saham 100%, tapi paling tidak Anda harus tahu yang namanya bandarmologi.

sahamhijau.com

Bagaimana bandar akumulasi saham, kemudian strategi bandar saham, Anda setidaknya tahu tanda-tandanya. Bahkan mengandalkan aplikasi berbayarpun belum tentu benar. Ini soal tipu menipu. Pokoknya harus siap seratus persen berperang. Trader itu menuju medan pertempuran.

Siapkan Peralatan Tempur Lengkap

Terakhir menurut kami adalah peralatan tempur trading saham. Seperti ke medan perang, Anda butuh pedang, tameng, baju besi. Begitu pula dengan trading. Ketika jam 9 datang, Anda seperti berangkat perang.

Kami kalau sudah ada di masa trading, atau melihat saham kami ternyata digoreng, harus siap alat-alat trading. Laptop untuk eksekusi jual beli, tablet untuk melihat grafik, hp untuk melihat transaksi jual beli. Ketika ada tanda-tanda beli, langsung sikat, ada tanda-tanda jual, langsung jual.

Ini cara menjadi trader saham versi kami. Jika ingin menjadi trader. Bisa ke website creative-trader.com, menurut kami website ini yang paling banyak mengulas aspek trading dibanding yang lain. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *