Cara Scalping Saham | Untung Cepat Hitungan Jam

Cara scalping saham menjadi salah satu pertanyaan yang sering datang ke inbox kami. Hal ini karena metode ini dianggap sebagai salah satu metode yang bisa menghasilkan cuan dalam waktu singkat. Tapi bagaimana sebenarnya?

Kami akan bahas dari indicator scalping saham, scalping saham gorengan, hingga cara screening saham untuk scalping. Kami himpun berdasarkan pengamatan dan pengalaman kami di dunia pasar modal selama beberapa tahun.

Scalping Saham Artinya

Scalping saham artinya adalah metode trading dengan cara yang sangat-sangat singkat. Ciri-ciri scalping saham adalah jual beli saham pada hari yang sama. Sehingga ketika dibutuhkan keahlian tingkat dewa di atas dewa.

Metode trading dengan cara scalping bahkan terkadang hanya membutuhkan waktu dalam hitungan jam. Biasanya beli di jam sepuluh, jual di jam dua, atau hanya dalam waktu satu jam saja. Tergantung target Anda.

Yang patut diperhatikan, metode scalping digunakan dengan target tertentu. Jika tidak punya target lebih baik jangan memakai metode ini. Misal target 3%, 2%, 5%. Target ini hanya dalam waktu hitungan jam saja. Karena itulah banyak yang tergiur.

Sisi krusial dari cara scalping saham adalah memilih saham yang terlihat pergerakannya akan sadis. Bisa bergerak 10% satu hari, atau bahkan mencapai ARA 35% satu hari. Tidak semua dari kita mampu untuk melihat saham mana yang akan bergerak to the moon. Maka harus diperhatikan dengan teliti.

Cara Screening Saham untuk Scalping

Tahap pertama dari cara scalping saham adalah screening. Cara screening saham untuk scalping cukup penting. Biasanya dengan cara melihat saham paling aktif ditransaksikan. Dengan cara ini Anda akan melihat bahwa saham tersebut sedang jadi buruan.

Tapi Anda harus pintar memilah, apakah keaktivan tersebut dalam rangka untuk naik, atau untuk longzor. Biasanya bisa dilihat dari offer dan Bid saham satu hari sebelumnya.

Jika lebih banyak offer itu artinya banyak yang akan jual, tapi kalau lebih banyak bid banyak yang akan beli. Kecuali saham gorengan, bisa dibaca lengkap di sini.

Kedua yaitu saham yang paling banyak jumlahnya ditransaksikan. Melihat ini cukup mudah. Bisa dengan aplikasi, atau dengan membaca Koran seperti Investor Daily dan semacamnya. Lihat listnya. Kemudian analisa dari sisi bid offer dengan cara yang tadi kami sampaikan.

Indikator Scalping Saham

Tapi setelah screening saham untuk scalping sudah dilakukan bukan berarti semuanya selesai. Masih ada satu tahap lagi, yaitu melihat indikator. Kalau Anda membeli saham kemudian tidak bergerak, itu namanya bukan scalping saham, itu artinya hanya trading. Bukan scalper, tapi trader.

Perhatikan mulai jam 9 hingga jam 14, saham mana yang uget-uget dan akan wush naik. Tandanya grafiknya akan nanjak sekitar 70 derajat, turun lagi, tapi akan naik, dan transaksinya super kencang, angka bid offer bergerak cepat. Jangan masuk dulu, ini kan masih indikator.

Tapi jangan pindah ke lain hati, cara scalping saham harus perhatikan jangan banyak saham dalam satu hari. Please fokus. Ckckck. Kalau tidak bakal rugi berlipat. Perhatikan juga perbandingan bid dan offer, biasanya bid sampai dua kali lipat dibanding offer.

cara scalping saham
pixabay.com

Cara Scalping Saham

Nah tahap inilah menentukan. Istilahnya Anda harus berperang dengan para Bandar, trader jagoan dan lain sebagainya. Anda seperti pasukan khusus yang masuk di angka tertentu, dan harus keluar di angka tertentu.

Ingat misinya hanya mengambil sekian persen. Saran kami 5% saja. Sudah bagus jika berhasil. Contoh saham sudah mulai merangkak naik, transaksi terlihat sangat kencang di harga 100, bid sudah lebih tebal dari offer. SIKAT! Masuk di angka 102.

Ketika saham merangkak naik, mungkin potensinya sampai 20%, atau 120, Anda jangan tergiur sampai situ. Itu masih potensi, ingat cara scalping saham artinya mengambil sedikit dari akumulatif kenaikan. Karena potensi itu tidak pasti.

Nah ketika naik, mungkin di angka 107, Anda harus keluar, jual, jual, dan jual. Jangan sampai tergoda bujukan rayuan setan yang terkutuk. Karena biasanya saham demikian tidak selalu naik. Ini sebenarnya cara Bandar distribusi, Anda menjadi korban, atau pahlawan. Itu aja pilihannya.

Scalping Saham Gorengan

Nah sudah menjadi rahasia umum kalau metode trading ini biasanya untuk saham gorengan lapis tiga. Maka sering disebut dengan scalping saham gorengan. Kalau bingung saham gorengan, bisa baca di sini sampai identitasnya.

Oleh sebab itu cara scalping saham gorengan Anda harus mantengin monitor pergerakan grafik saham terus menerus. Meleng sedikit, lengah secuil, dari potensi naik, jadi justru turun berlipat-lipat.

Bahaya Scalping Saham

Meskipun kami sudah menyampaikan cara scalping saham, tapi kami sangat tidak merekomendasikan metode scalping saham. Apalagi jika Anda tipe investor. Tipe trader saja belum cukup. Intinya yang bisa nahan pipis dan beol selama transaksi saham berlangsung. Atau bawa hp ke wc sambil transaksi.

Mengapa kami katakan bahaya scalping saham, hal ini karena Anda tidak tenang. Cuan dan boncos sangat tipis sekali kemungkinannya. Jangan dicoba jika belum stabil secara psikologis. Kalaupun ingin mencoba, jangan banyak-banyak uangnya.

Tingkatannya seperti ini. Pertama Anda main saham blue chip, sudah oke. Naik lagi main saham lapis dua, sudah mantap. Naik lagi main saham lapis tiga, gorengan. Sudah oke juga, barulah mencoba-coba scalping saham gorengan. Ini tingkat dewa. Hehehe.

Perhatikan portofolio saham hijau di sini, di situ ada beberapa saham yang bisa di scalping seperti Andira Agro (ANDI).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *