7 Ciri Saham Istimewa Tapi Sulit Ditemukan

Ciri saham istimewa yang kami maksud tidak hanya pada kriteria baik, atau bagus, tapi sudah di atas itu. Kalau menggunakan rating, tidak hanya di angka empat dari lima, tapi sudah memiliki rating lima. Inilah saham yang sangat diharapkan banyak investor.

Kami akan jelaskan bagaimana tanda-tandanya, serta cara menemukannya di bursa. Terutama bagi Anda yang masih mencari-cari saham yang bisa dipegang dan mampu menghasilkan cuan secara konsisten dan stabil.

Ciri Saham Istimewa dari Laba

Bagi Anda yang ingin tahu ciri saham istimewa, maka yang pertama adalah terlihat dari laba. Bagi kami emiten yang konsisten menghasilkan laba adalah istimewa. Terutama dengan kenaikan yang stabil setiap tahunnya.

Kalaupun keadaan sedang krisis, emiten tersebut turun tidak terlalu dalam, tapi masih menghasilkan laba. Meskipun krisis tidak sampai rugi. Itu artinya bisnis yang dijalankan sangat dibutuhkan banyak orang.

Kemampuan ROE Bagus

Ciri saham bagus berikutnya adalah rasio ROE, yaitu return on equity yang disajikan menggunakan persen. Yaitu rasio imbal hasil dari laba bersih terhadap ekuitas yang dimiliki perusahaan. Angka ini mencerminkan seberapa efektif perusahaan menghasilkan laba.

Nah ciri saham istimewa adalah ketika memiliki ROE di atas 10%. Perlu diingat, rata-rata perusahaan di bursa hanya memiliki ROE di kisaran 5%, bahkan sangat banyak di bawah 5%. Apalagi kalau bisa di atas 15%, ini sangat bagus sekali.

DER Saham Kecil tapi Tidak Nihil

Selanjutnya ciri saham istimewa dilihat dari DER atau rasio hutang terhadap ekuitas yang dimiliki perusahaan. Semakin kecil semakin bagus. Tapi bukan berarti nihil. Karena kalau nihil artinya perusahaan tidak berani untuk ekspansi. Biasanya ekspansi perusahaan memang dengan hutang.

Menurut kami jika menemukan DER di bawah 0.5, itu adalah perusahaan istimewa. Karena semakin besar hutang, akan semakin menggerus laba yang dihasilkan. Sehingga tidak optimal. Karena itulah lebih baik kecil. Jika ada di bawah 0.5 sangat bagus.

ciri saham istimewa

PER Satu Digit

Ciri saham istimewa berikutnya adalah PER satu digit. Yaitu harga saham berbanding pendapatan perlembar saham. Semakin kecil rasionya artinya semakin murah. Jika semakin besar artinya harga saham tersebut sudah mahal dibanding pendapatannya.

Umumnya, yang bagus adalah nilai PER di bawah 20. Karena umumnya PER di bursa berada di atas 20, bahkan banyak sekali di atas 30. Kalau saham gorengan bisa di atas 40. Namun yang istimewa adalah berada di bawah sepuluh, hanya satu digit. Kalau menemukan, itu artinya Anda sangat beruntung.

Harga Dibanding Nilai Buku

Ciri saham istimewa selanjutnya adalah harga dibanding nilai bukunya rendah sekali. Biasanya di bursa, rasio PBV di angka 1-2. Yang bagus di bawah satu. Tapi yang istimewa berada di bawah 0.5, ini sangat istimewa. Tidak banyak.

Bisa dikatakan kalau mendapatkan saham dengan fundamental bagus dan memiliki PBV di bawah 0.5, seringkali sudah bisa dipastikan harganya akan auto naik perlahan-lahan. Minimal menuju nilai wajarnya. Menurut kami masih banyak perusahaan di bawah nilai bukunya.

Cash Cukup

Sisi berikutnya yang menandakan bahwa perusahaan tersebut bagus adalah cash yang dimilikinya. Ingat sebesar apapun laba kalau tidak memiliki uang cash, cukup berat sekali. Maka perhatikan uang cash yang dimiliki.

Terutama bandingkan dengan kewajiban jangka pendek. Minimal mampu memenuhi kewajiban jangka pendek. Tapi ciri saham istimewa ketika uang cash mampu berada di angka dua kali lipat dari kewajiban jangka pendek.

Prospek Usaha Cerah

Selain rasio fundamental yang kami sebutkan di atas, ciri saham istimewa adalah memiliki prospek usaha yang cerah. Terutama meningkatnya kebutuhan terkait jasa, atau produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut.

Contoh perusahaan yang produksi kabel fiber optic (CCSI), tentu memiliki prospek yang cerah. Karena kebutuhan kabel fiber optik di masa depan sangatlah tinggi. Oleh sebab itu patut diandalkan.

Contoh berikutnya adalah perusahaan nikel, prospeknya cukup cerah untuk memenuhi kebutuhan industri baterai di masa yang akan datang. Namun demikian contoh-contoh ini tetap dikombinasikan dengan rasio yang disebutkan di atas.

Cara Menyortir Ciri Saham Istimewa

Perlu diketahui mendapatkan semua rasio ini dalam satu emiten hampir mustahil ditemukan. Karena pasti jika menemukan ini akan dikeroyok. Maka saran kami adalah sortirlah dengan menggunakan IPOT, stockbit atau lainnya dan dapatkan beberapa ciri tersebut, tidak perlu semua.

Contoh PBV 0.5, PER 9x, ini sudah sangat bagus. Atau bahkan mendapatkan tiga ciri-ciri tersebut. Seperti ROE 12%, PBV 0.4, DER 0.4. Ambil saja dan akumulasi dengan jumlah yang banyak. Tunggu waktu, nantinya akan naik sendiri.

Pengalaman kami mendapatkan tiga ciri saham bagus di atas, kita akan mendapatkan capital gain yang cukup bagus. Apalagi bisa mendapatkan empat. Anda seperti menemukan berlian di tengah pasir. Semoga saham Anda selalu hijau.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *