5 Saham Emiten Emas Terbaik di IHSG

Emiten Emas Terbaik | Komoditas emas memang menjadi salah satu pusat perhatian di saham. Terutama karena emas menjadi salah satu instrumen investasi dunia. Bahkan harga emas menjadi salah satu indikator perekonomian dunia.

Oleh sebab itu kali ini kami akan mengulas saham emiten emas terbaik di IHSG. Tentu pilihan kami sangat subjektif. Namun paling tidak bisa sedikit memberikan gambaran bagi Anda yang terjun di pasar modal. Nomor tidak berarti ranking.

Sifat Saham Emiten Emas di IHSG

Emas menjadi ukuran ekonomi dunia. Kalau harga emas naik, itu artinya situasi ekonomi sedang tidak bagus. Maka banyak yang membeli emas untuk simpanan paling aman. Saham dijual emas dibeli. Saat itulah harganya melambung.

Namun ketika ekonomi sedang bagus-bagusnya maka harga emas cenderung turun, karena akan memburu investasi yang lebih prospektif, sektor ril, atau investasi di saham. Secara sederhana bisa dikatakan, berharaplah kondisi ekonomi memburuk agar harga emas naik. Hehehe.

Di sisi lain justru karena sifanya yang demikian menjadikan emas salah satu saham yang mudah untuk diincar. Turun naiknya bisa terbaca dengan mudah. Asal sabar. Hehehe, rata-rata tidak sabar sih, jadinya selalu buntung bukan cuan. 

Kami akan pilihkan 5 saham emiten emas terbaik di IHSG. Masing-masing punya karakteristik yang berbeda

Aneka Tambang ANTM

Ini BUMN di sektor pertambangan. Namanya aneka tambang, itu artinya tidak hanya satu jenis pertambangan. Tapi bermacam-macam. Inilah yang membuat sifat saham ANTM sangat unik dibanding yang lainnya. 

ANTM memiliki usaha tidak hanya di sektor emas, tapi juga nikel, dan lain sebagainya. Maka ketika ekonomi sudah bagus, yang biasanya emiten emas turun alon-alon, ANTM masih tetap kokoh. Karena ada nikelnya. 

Contoh di masa pasca pandemi, harusnya harganya turun pelan-pelan. Tapi kenyataannya justru naik karena ada sentimen pembangunan pabrik baterai di Indonesia. 

Tapi sebaliknya, ketika harga emas juga sedang bagus-bagusnya, ANTM tidak moncer-moncer amat. Kalah dengan MDKA milik Saratoga kelompok Sandiaga Uno. Karena sifatnya memang blasteran. Hehehe.

Yang pasti ANTM produksi emas murni dengan label nasional yang memiliki gerai di banyak kota. Juga kerjasama dengan pegadaian, sehingga jika berbicara emas murni, orang Indonesia terpikir langsung kepada ANTM. Ini memang salah satu emiten emas terbaik di IHSG.

emiten emas terbaik
pixabay.com

Merdeka Copper Gold MDKA

Kalau emiten emas terbaik di IHSG yang satu ini merupakan legenda covid-19. Mengapa kami sebut demikian, karena di masa covid-19 datang, emiten ini merupakan salah satu yang paling berjaya di saat yang lain ancur lebur mendampingi emiten kesehatan semacam Kimia Farma (KAEF).

Kalau dari sisi usaha, memang MDKA sangat dominan di pertambangan emas. Ada yang lain tapi porsinya sangat sedikit. Oleh sebab itu kalau ada yang bertanya emiten emas yang sesungguhnya di bursa saham, MDKA bukan yang lain.

Tapi MDKA lebih banyak bergerak di sektor hulu. Tidak seperti ANTM yang bergerak di sektor hulu hingga hilir. Jadi MDKA cukup menjadi kiblat kesuksesan emiten emas ketika keadaan ekonomi dunia ancur lebur. 

Dari yang harganya 1000 merangkak naik hampir menyentuh dua ribu dalam jangka waktu kurang setahun. Pokoknya top banget. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam emiten emas terbaik di IHSG.

J Resources Asia Pasifik PSAB

Satu lagi emiten emas terbaik di IHSG yaitu PSAB. Emiten yang satu ini mirip dengan MDKA yang memiliki fokus inti pada penambangan emas. Pada masa covid-19 merebak, saham emiten ini juga terbang to the moon, meskipun masih kalah dengan MDKA dan ANTM.

Salah satu alasannya memang karena kinerja emiten ini masing menjadi catatan di mata investor. Yaitu persoalan hutang. Dari data stockbit yang diakses pada november 2020 didapatkan informasi bahwa rasio DER mencapai 1.57. Ini mengkhawatirkan.

Bandingkan dengan MDKA yang hanya 0.47. Inilah mengapa meskipun PSAB memiliki inti usaha emas, namun masih dinomor duakan dibanding emiten emas yang lainnya. Maka harganya pun di masa covid-19 dari Januari 2020 hingga november justru turun. Januari di angka 300-an, sekarang hanya 210-an. 

Kata kuncinya di emiten ini adalah kalau hutangnya membaik, pasti fly to the ara.

Harta Dinata Abadi (HRTA)

Kalau yang satu ini jauh kalah populer dibandingkan emiten lain yang sekarang kami tulis. Tapi fokus bisnisnya emas. Hanya saja bukan di hulu, atau hulu ke hilir. Tapi lebih fokus pada penjualan emas.

HRTA memang memiliki banyak gerai emas di seluruh Indonesia. Terutama kota-kota besar. Bahkan sudah masuk ke bisnis pegadaian emas. Maka ketika covid-19, harganya tidak jauh naik. Di situ-situ saja.

Padahal secara bisnis emiten yang satu ini sangat stabil. Sekarang sudah mengeluarkan emas murni berlabel HRTA menyaingi ANTM. Meskipun tidak terlalu populer, tapi labanya stabil, tidak naik turun drastis. Bisa diperiksa. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam emiten emas terbaik di IHSG.

United Tractors UNTR

Dari namanya UNTR memang lebih dikenal sebagai penyedia alat besar. Inti usahanya memang ini. Tapi manajemen UNTR jeli melihat pasar yang terlihat mulai landai di pasar alat berat. 

Maka salah satu yang dimasuki adalah pertambangan emas. Sektor ini sampai menyumbang belasan persen untuk pendapatan UNTR. Ke depan dalam sudut pandang kami, UNTR sedang berusaha meningkatkan porsi tersebut.

Nah kelebihan dari UNTR adalah komposisi usahanya yang beragam. Dari kontraktor, pertambangan, alat berat, dan lain sebagainya. Sehingga sifatnya seperti ANTM. Tidak bisa naik hanya karena satu sentimen saja. Juga tidak turun hanya karena satu sentimen saja. 

Bahkan di masa covid-19, emiten ini naiknya tipis-tipis, tidak seperti MDKA. Namun karena ROE dari emiten ini tergolong tinggi, setara dengan MDKA, maka kami masukkan ke dalam emiten emas terbaik di IHSG.

Inilah beberapa emiten emas terbaik di IHSG, semoga bisa memberikan manfaat untuk para investor atau traders. 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *