5 Rahasia Ilmu Bandarmologi Saham Agar Cuan

Ilmu Bandarmologi Saham | Istilah Bandarmologi saham menjadi populer di era 2010-an. Terminologi ini selalu digaungkan oleh website creative-trader.com. Bandarmologi menjadi kiblat tersendiri selain analisa teknikal dan analisa fundamental saham. 

Oleh sebab itu tulisan ini akan mengulas sebenarnya bagaimana ilmu bandarmologi saham. Seluk beluknya hingga bagaimana memanfaatkan dan kerugian menggunakan strategi ini. Kami himpun dari beragam informasi juga berdasarkan pengalaman bertahun-tahun di dunia saham

Bandarmologi Saham Adalah

Orang yang berkiblat pada bandarmologi mempercayai bahwa ada big funds, big player, atau apalah namanya, yang memang memiliki kekuatan dengan dana besar untuk menggerakkan atau menurunkan harga saham. 

Bandar bisa berupa perseorangan, atau bahkan sekumpulan orang yang bersepakat bersama-sama untuk melakukan mekanisme membeli dan menjual saham pada waktu yang hampir bersamaan. 

Hal ini bisa dilakukan karena saham pada hakikatnya semakin banyak yang membeli maka semakin naik harganya, semakin banyak yang menjual maka semakin turun harganya. Karena bandar memiliki banyak uang, maka melakukan hal tersebut tidaklah sulit.

Strategi Bandarmologi Saham

Bagaimana sebenarnya ilmu bandarmologi saham. Biasanya banyak yang menjual seminar-seminar terkait ilmu bandarmologi saham. Namun demikian kami akan memberikan sedikit ilmu bandarmologi saham.

Pahami bahwa di pasar modal seolah-olah ada bandar. Maka ketika bandar menjual saham, mayoritas arus uang adalah keluar. Artinya harga turun. Sehingga ketika Anda membeli di saat bandar menjual, itu artinya saham akan tetap turun. 

Rumus kedua strategi bandarmologi saham juga sama. Ketika bandar sedang akumulasi, membeli saham terus-terusan, maka harga akan naik, meskipun Anda terus menjualnya. Karena nilai akumulasi Anda dengan bandar tak sebanding. Bukan hanya 1:10, tapi mungkin 1:50. Anda punya satu juta, dia 50 juta.

Maka ilmu bandarmologi saham yang sederhana adalah ikuti arus mereka. Mereka jual Anda menjual, mereka beli Anda ikut membeli. Jangan lawan arus. Istilah katanya adalah follow the giant. 

sahamhijau.com

Belajar Bandarmologi Saham

Kalau mau trik bandarmologi saham yang sederhana adalah ikuti arus dana asing saja. Ingat di masa covid-19, awal 2020, ketika dana asing deras keluar, apa yang terjadi, IHSG longsor terus hingga berada pada titik terendah dalam puluhan tahun. 

Kemudian pada bulan November 2020, dana asing mulai masuk lagi, gila hanya dalam jangka waktu beberapa hari saja, dari 5.000 langsung melonjak ke 5.500. Sangat cepat sekali. Begitulah secara sederhana melihatnya.

Maka kalau Anda ingin belajar bandarmologi saham paling sederhana, lihatlah arus dana asing ke sebuah saham. Banyak yang menjual atau banyak yang membeli. Maka di setiap transaksi ada analisa dana asing yang masuk ke saham tersebut. Di stockbit sangat jelas sekali. Setiap sekuritas juga memiliki analisa tersebut. 

Maka secara sederhana jika berkaitan dengan belajar bandarmologi saham, bisa melihat cara sederhana tersebut. Tapi apakah hanya asing yang bisa disebut bandar. Tidak. Ini hanya kasus yang paling mudah dijelaskan. 

Analisa Bandarmologi Saham

Nah masalahnya tidak semua bandar berasal dari asing. Bandarmologi yang sulit adalah mendeteksi arus besar membeli atau menjual dari lokal. Maka biasanya pertarungan dalam kenaikan dan penurunan saham hanyalah antara asing dan bandar lokal. 

Ritel hanya seperti ikan kecil yang nempel di hiu. 

Kalau bandar lokal dan asing bersatu membeli, dijamin saham tersebut kejang-kejang. Tapi jika asing dan lokal bersepakat menjual, maka nasibnya seperti PPRO. Saham yang masuk indeks Kompas100 tapi nasibnya masuk LQ50, gocap. 

Kelihaian dalam melihat berapa banyak dana asing dan lokal dalam membeli bersama-sama menjadi satu analisa bandarmologi saham yang cukup ampuh. Sudah pasti naik, hanya tinggal pintar-pintar Anda menjual. Jangan sampai terlambat, karena sekali bandar menjual bisa anjlok lima persen bahkan lebih.

Oleh sebab itu bandarmologi saham sangat erat kaitannya dengan aplikasi yang biasanya dijual oleh beberapa pembuat. Aplikasi ini khusus untuk menganalisa arus dana besar yang masuk. Baik dari lokal ataupun asing. Biasanya berbentuk langganan bulanan. Seperti Data Saham Indonesia. Ada grafik arus dana besar masuk atau keluar.

Anda tinggal bunyikan alarm. Banyak beli, Anda ikut beli. Mudah. Karena itu bandarmologi saham menjadi tren di kalangan trader saham. Strategi bandarmologi saham tidak terlalu sulit. Menghasilkan cuan. 

ilmu bandarmologi saham

Teori Bandarmologi Saham

Pertanyaan selanjutnya apakah teori bandarmologi saham ampuh seratus persen. Jawabannya tidak. Kami mengalami sendiri dan melihat ketika saham LINK diborong oleh bandar. Tapi ternyata tidak kuat naik. Kami sudah ikut membeli.

Alasannya, terlalu banyak yang menjual terus-terusan. Saham ini bagus, harga di bawah, tapi sentimen LIPPO memang kurang bagus di pasar modal. 

Yang terjadi kemudian, karena tidak kuat nanjak, yang tadinya borong beli jadi tekanan arus jual yang tinggi. Longsor terus. Yang awalnya berperang jual dan beli, menjadi bersepakat untuk menjual terus-terusan. Hasilnya harga saham rontok dan longsor.

Oleh sebab itu teori bandarmologi saham bisa efektif pada saat tertentu, bisa juga tidak efektif pada saat tertentu. Saran kami jangan terlalu fanatik pada satu metode, karena dunia pasar modal lebih banyak bermain pada aspek psikologis dan kejelian. 

Perbanyaklah pengalaman hingga Anda mengetahui pada kasus tertentu wajib menggunakan analisa fundamental, pada kasus lain menggunakan analisa teknikal, atau mengkombinasikan keduanya. Pada kasus tertentu Anda harus tahu strategi bandarmologi saham. 

Related Posts

4 thoughts on “5 Rahasia Ilmu Bandarmologi Saham Agar Cuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *