Investasi Saham atau Bitcoin | Mana Yang Cepat Kaya

Investasi saham atau bitcoin, tentu pilihan yang sulit. Saat tulisan ini dibuat bitcoin atau jenis crypto currency sedang marak-maraknya. Bahkan banyak investor ritel yang sudah berpindah ke bitcoin. Buktinya, nilai transaksi bursa yang awalnya mencapai 20 triliun satu hari, kini tinggal 8 triliun.

Benarkah investasi bitcoin lebih menarik dari saham? Atau justru sebaliknya? Kami akan membahas satu persatu agar para investor lebih memahami seluk beluknya secara singkat. Terutama kelebihan dan kekurangan investasi bitcoin.

Apa Itu Cryptocurrency?

Cryptocurrency merupakan sejenis mata uang tapi berbasis digital. Kalau ditanya bentuk fisiknya, tidak ada. Nah ini yang unik. Benar-benar semuanya berbasis digital. Sehingga bagi yang tidak begitu memahami digital akan sulit memahami logika mata uang kripto. 

Maka sering disebut mata uang digital. Nah bitcoin adalah salah satu jenis mata uang berbasis cryptocurrency. Janis lainnya cukup banyak, bahkan mencapai 1000-an. Namun yang paling populer adalah bitcoin. 

Untuk memahami ini lebih jauh maka pikirkan saja gojek. Kalau Anda sering memakai gojek, pasti pernah bertransaksi menggunakan gopay, di mana Anda top up, uang itu bisa dipakai untuk keperluan banyak hal di hp Anda. Cryptocurrency mirip demikian. Ini mata uang di internet yang bisa dipakai.

Namun belum semua negara mengakui keberadaannya. Tapi penggunaannya sudah mulai menggeliat. Pembangunnya adalah komunitas digital. Mereka yang tidak percaya dengan mata uang dan tidak percaya dengan banyak kebijakan bank. Sah sah saja.

Sesuai dengan namanya Cryptocurrency, maka ini gabungan dari cryptography yang berarti kode rahasia dan currency yang berarti mata uang. Dengan kata lain mata uang ini memiliki alur data yang sangat rahasia. 

Saham Vs Bitcoin

Maka ada pertanyaan, saham vs bitcoin bagusan mana? Sejenak kita harus memahami dulu. Bitcoin dan saham merupakan sarana investasi yang sebenarnya fungsinya sama dengan investasi emas. Kami pernah membahas investasi emas vs saham di sini.

Baik saham atau bitcoin memiliki nilai yang naik turun. Ketika banyak yang beli maka nilainya akan naik, begitu juga ketika banyak yang menjual, maka nilainya akan turun. Melanjutkan pertanyaan investasi saham atau bitcoin bagusan mana, maka kita akan ulas satu persatu.

Votalitas Perdagangan Saham dan Bitcoin

Sebelum benar-benar masuk dan tergiur dengan keuntungan, maka kami akan bandingkan secara votalitas harga perdagangan saham dan bitcoin. Keduanya sangat berbeda 180 derajat.

Jika ada yang mengatakan ke bitcoin bisa menghasilkan keuntungan yang lebih banyak dalam hitungan hari, itu benar. Karena bitcoin tidak ada pengawasan, jadi secara perdagangan bisa melonjak sehari lebih dari 100%, itu bisa terjadi. 

Berbeda dengan saham yang semua ada aturannya. Naik maksimal antara 20-35%. Sedangkan turun maksimal saat tulisan ini dibuat hanya 7%. Atau jika sudah kembali normal tidak masa covid, antara 20-35%.

Dari ini sudah terlihat kalau ingin mendadak kaya maka silakan beralih ke bitcoin, tapi juga berarti ada risiko mendadak miskin dalam satu hari. Berbeda dengan saham yang ada batasannya. Apalagi bitcoin dan saudaranya ditransaksikan 7 hari 24 jam.

Artinya secara risiko, investasi saham atau bitcoin, maka jauh lebih besar di bitcoin dibadingkan dengan saham. Tinggal pilihan kembali kepada Anda. 

Kemudahan Transaksi

Pertimbangan selanjutnya investasi saham atau bitcoin adalah kemudahan. Kalau dari segi ini bitcoin terbilang lebih rumit. Apalagi jika Anda tidak familiar dengan dunia digital, maka terasa sulit. 

Jika ingin memilikinya Anda harus membuat wallet crypto terlebih dahulu, mengatur biaya pengiriman, mengatur password, bahkan membuat backup. Jangan sampai Anda kehilangan password, uang Anda akan hilang. 

Seolah-olah Anda memiliki bank sendiri, semua dikembalikan kepada pemilik uang kripto tersebut. Jadi di awal memang cukup lumayan. Hal berbeda dengan saham yang tinggal ke sekuritas kemudian terjadi jual beli dengan aplikasi atau sejenisnya. 

investasi saham atau bitcoin

Investasi di Indonesia

Di indonesia investasi bitcoin belum bisa dijadikan mata uang betulan yang untuk transaksi ini dan itu. Tidak seperti di luar negeri. Di indonesia bitcoin hanya murni sebagai investasi saja dengan minimal nominal 10.000.

Sifatnya sama dengan saham yang juga murni menjadi alat investasi, belum bisa digunakan sebagai alat transaksi. Kalau ingin transaksi saham harus dijual kemudian dicairkan. Dalam posisi ini investasi saham atau bitcoin memiliki posisi yang sama. 

Risiko Paling Buruk Saham dan Bitcoin

Masing-masing instrumen memiliki risiko yang terburuk. Jika saham ada dua aspek yang paling tidak diharapkan. Pertama delisting saham. Ini adalah aspek yang paling tidak diinginkan, perusahaan yang kita diinginkan kepemilikannya ternyata didepak dari bursa. Lha uang kita ke mana? Ini jadi hal yang paling sulit. 

Sedangkan bitcoin atau cryptocurrency memiliki risiko paling buruk adalah hacking. Bitcoin seperti laiknya sebuah akun, dompet digital. Yang artinya dompet Anda bisa dibobol, sehingga kepemilikan dan lain sebagainya bisa hilang. 

Pilih Saham atau Bitcoin?

Jika ditanya pilih saham atau bitcoin. Maka kami lebih tertarik kepada saham dibandingkan dengan bitcoin. Salah satu alasannya adalah saham memiliki landasan yang jelas, yaitu membeli kepemilikan sebuah perusahaan.

Sedangkan bitcoin berbeda. Bitcoin hanya nilai tapi tidak secara aktual semua abstrak. Yang dipegang tidak ada. Sederhananya kalau misalkan nilainya turun, tidak ada yang tersisa, ini hanya nilai di dunia digital.

Oleh sebab sisi fundamental dalam dunia crypto sedikit sulit, yang dominan hanya supply and demand saja. Analisa lebih berdasarkan teknikalnya saja. Di sinilah sisi sulit untuk memprediksi.

Sedangkan saham memprediksi kenaikan bisa dipelajari. Yaitu dengan melihat prospek perusahaan, prospek lini bisnisnya, sampai dengan rasio-rasio yang bisa dipelajari. Kalau crypto hanya lebih kepada estimasi permintaan yang semakin tinggi atau rendah.

Namun apa yang kami sampaikan sangat subjektif. Tentu bagi yang menginginkan bitcoin bisa bertolak belakang dengan apa yang kami sampaikan. Semoga informasi ini bisa memberikan pertimbangan Anda untuk investasi saham atau bitcoin. 

Jika ingin tahu lebih jauh bisa kunjungi website resmi bitcoin Indonesia di link berikut ini.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *