5 Istilah dalam Dunia Saham Yang Paling Penting

Istilah dalam dunia saham harus diapahami sebelum kita benar- benar terjun ke pasar modal. Penting bagi kita untuk mengetahui medan perang dan bagaimana kondisinya sebelum memutuskan untuk memulai perang, bukankah demikian? 

Istilah–istilah dalam saham dapat menyelamatkan anda dari kesalahan kecil namun fatal seperti salah memilih emiten yang berakibat kerugian. 

Istilah di dalam dunia pasar modal atau saham juga penting untuk diketahui agar anda dapat mengetahui maksud dari suatu berita yang berkaitan. Selain itu, anda juga dapat mengerti arah pembicaraan ketika sedang bergabung dengan obrolan tentang saham. 

Berikut ini kami berikan beberapa istilah saham yang harus anda ketahui ketika ingin terjun ke pasar modal. Kami rangkum dari beragam sumber dan menyajikannya lebih ringkas. 

Saham Blue Chip

Istilah dalam dunia saham yang sangat populer ini seringkali disebut – sebut oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang memberikan konten edukasi saham.

Saham Blue Chip adalah sebuah saham milik perusahaan yang sudah memiliki kemapanan dalam pasar dan diakui secara nasional bahkan internasional. 

Arti lainnya ialah Blue Chip merupakan saham dari perusahaan yang menjual layanan dan/atau produk berkualitas tinggi sehingga dapat diterima oleh banyak kalangan masyarakat. Contoh Indofood. 

Jika anda masih bingung dengan istilahnya, ingat saja bahwa saham Blue Chip adalah saham dari perusahaan yang sudah terkenal, kapitalisasinya cukup besar dan kuat secara fundamental. Saham ini sangat sulit untuk digerakkan bandar saham

Ipo (Initial Public Offering)

Istilah dalam dunia saham yang paling populer nomor dua ialah IPO. Anda pasti sering mendengar atau membaca kata IPO dari berita atau informasi seputar saham, namun masih belum mengetahui artinya ya? 

IPO atau Initial Public Offering adalah sebuah tawaran perdana saham kepada publik. Maksudnya ialah perusahaan tersebut baru saja memutuskan untuk Go Public atau mulai menjadi perusahaan terbuka.

Biasanya perusahaan yang baru menjadi IPO akan memiliki harga saham yang relatif rendah, namun tidak selamanya perusahaan IPO memiliki landasan fundamental yang bagus. Anda tetap harus meneliti aspek–aspek lain dalam memilih saham di perusahaan tersebut.

Istilah Capital Gain dalam Saham

Istilah dalam dunia saham selanjutnya yang akan kami sampaikan ialah Capital Gain atau pendapatan keuntungan investasi. Capital Gain tidak sama seperti deviden karena pendapatan yang satu ini merupakan perbandingan antara saham yang dijual dengan saham yang dibeli. 

Jadi bila dipersingkat maka Capital Gain adalah keuntungan yang akan anda dapatkan dari selisih harga beli yang rendah, dengan harga jual yang tinggi. 

Capital Gain bisa didapatkan kapan saja selama kita melakukan transkasi jual beli saham. Berbeda dengan dividen yang hanya bisa didapatkan dalam periode tertentu. Satu tahun sekali atau dua kali.  

Bahkan jika anda adalah seorang trader atau melakukan trading, maka Capital Gain aau keuntungan ini bisa anda dapatkan setiap hari loh. Baca tips trading harian di sini. 

istilah dalam dunia saham
pixabay.com

Saham LQ45

LQ45 yang merupakan istilah dalam dunia saham paling ramai disebut–sebut. Ini pasti pernah membingungkan anda. LQ45 adalah sebuah singkatan dalam saham yaitu liquid yang artinya ialah sebuah transaksi yang ramai (atau disebut paling liquid) dan termasuk dalam daftar 45 saham.

LQ45 tidak hanya liquid, tapi memiliki fundamental cukup bagus. Sehingga bisa dikatakan sebagai saham lapis satu yang aman untuk investasi di saham, naik turunnya selalu ada alasan. 

Daftar LQ45 bukan kita pribadi yang membuatnya melainkan pihak BEI akan melakukan riset dan membuatkan daftar.

Saham–saham yang terdaftar di LQ45 biasanya merupakan saham yang memiliki catatan fundamental baik dan aktivitas transaksi yang ramai. Dengan begitu, anda bisa memberikan kepercayaan tinggi pada saham–saham yang terdaftar di LQ45. 

Saham Gorengan

Istilah dalam dunia saham yang seringkali tidak dipahami oleh pemula ini bukan berarti saham yang digoreng yaa. Saham gorengan memiliki arti sebuah saham yang harganya dipermainkan oleh suatu kelompok tertentu. 

Mereka seperti memegang kontrol atas naik turunnya harga saham sehingga sangat tidak aman untuk dijadikan sebagai pilihan berinvestasi. 

Saham gorengan juga bisa disebut sebagai small cap atau saham lapis tiga. Saham seperti ini memiliki tingkat volatilitas yang sangat tinggi dan kapitalis pasarnya yang rendah, dibawah Rp 500 miliar. 

Jika anda sangat pandai dalam membaca arah candle light atau kurva naik turun harga saham, saham ini bisa menjadi pilihan tepat untuk melakukan trading, namun tidak cocok untuk berinvestasi yaa.

Isitlah dalam Dunia Saham 

Demikian istilah dalam dunia saham yang dapat kami sampaikan kepada anda. Semoga dengan apa yang kami sampaikan di sini dapat menjadi manfaat untuk anda dan banyak orang lainnya. 

Pelajarilah banyak hal terlebih dahulu sebelum anda benar – benar terjun ke hal yang diinginkan. Tentu mengetahui medan perang terlebih dahulu lebih baik daripada langsung terjun ke lapangan walaupun membawa senjata. Baca risiko dan keuntungan investasi saham di sini. 

Ada banyak istilah saham lainnya yang bisa anda ketahui, apalagi jika ingin mempelajari laporan keuangan atau fundamental dari suatu perusahaan. Namun demikian 5 istilah dalam dunia saham ini adalah yang paling penting.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *