Kelebihan dan Kekurangan Saham ADMF Yang Menggiurkan

Saham ADMF di bursa cukup populer. Hal ini karena perusahaan di sektor keuangan tersebut dikenal memiliki banyak kelebihan, baik dari sisi fundamental, ataupun namanya yang cukup terkenal, ADIRA.

Oleh sebab itu kami akan mengulas lengkap apa kelebihan dan kekurangan saham ADMF berdasarkan pengamatan kami terhadap pergerakannya di bursa. Juga tidak melupakan aspek fundamental yang dimilikinya.

Profil Saham ADMF

Kalau Anda sering ke toko-toko elektronik, atau dealer sepeda motor, pasti sering mendengar nama ADIRA finance, perusahaan ini memang menggurita di dunia pinjam meminjam untuk keperluan pembiayaan kendaraan bermotor, atau elektronik.

Bahkan saat ini sudah masuk ke dalam pembiayaan umroh. Jadi semua sektor dimasuki. Jumlah jaringan usahanya mencapai 461 dengan konsumen lebih dari 1.8 juta. Ini perusahaan yang cukup besar.

Sahamnya dimiliki oleh Bank Danamon hingga 92.07%. Angka yang cukup besar. Artinya menjadi bagian dari jaringan MUFG Group yang terkenal sebagai jaringan terbesar di dunia. Website resmi Adira di sini.

Kelebihan Saham ADMF

Kelebihan saham ADMF yang pertama adalah, secara fundamental sangat bagus sekali. Bahkan di musim pandemic sekalipun, perusahaan ini tidak sampai menelan kerugian. Inilah mengapa ADIRA tergolong perusahaan bagus dibanding perusahaan financial lainnya.

Mari kita lihat earning per share dari tahun ke tahun dalam tabel di bagian bawah. Tampak cukup ciamik. Anda bisa bandingkan dengan harga saham yang tertera sekarang.

20192.109
20201.026
20211.213
2022* Q31.528

Profitabilitas ADIRA Tinggi

Kami menulis ini pada Januari 2023. Di data yang tertera pada RTI, profitabilitas ADIRA sanngat tinggi. Untuk operating profit margin saja mencapai 53.38%. Net profit sampai 22.76%. ROE di angka 16.13%.

Anda bisa bandingkan dengan perusahaan sejenis. ADIRA tergolong yang paling efektif dalam menghasilkan keuntungan. Inilah mengapa sahamnya bisa melambung tinggi.

ROE16.12%
NPM22.76%
OPM53.38%

Riwayat Dividen Rutin dan Besar

Persoalan dividen, saham ADMF menjadi salah satu tumpuan tipe investor pengharap dividen rutin. Dividen pay out ratio mencapai 50% setiap tahun. Menariknya, meski keadaan ekonomi hancur lebur, saham ini tetap memberikan dividen dengan nilai besar.

TahunDividenYield
2019Rp9088.73%
2020Rp1.05413.18%
2021Rp5136.18%
2022Rp6076.86%

Bagi Anda yang ingin mengandalkan saham sebagai tulang punggung pemasukan, maka dividen dari saham ADIRA bisa menjadi salah satu pertimbangan di tahun-tahun berikutnya.

Valuasi ADMF Bagus

Meskipun belum kami masukkan dalam kategori murah, namun menurut kami saham yang satu ini tergolong bagus. Di harga saat ini, Rp9.000, book value masih di angka 0.95. Untuk perusahaan dengan dividen tinggi, biasanya book value di atas 1.

Padahal PER juga masih di angka 5.89x. Jadi masih cukup oke dengan kinerja dan dividen yang dimiliki. Harga saham turun berarti yield dividen naik, harga saham naik berarti capital gain semakin tinggi.

Ekosistem Keuangan Besar

Salah satu kelebihan dari saham ADIRA adalah berada di bawah naungan Bank Danamon di mana induknya adalah MUFG yang merupakan eksosistem keuangan besar di dunia.

Imbasnya, dari banyak sisi akan sangat kuat. Permodalan, jaringan pasar, efektivitas pembiayaan, dan masih banyak lagi. Menurut kami ini satu sisi kelebihan utama dari saham ADMF.

saham admf

Kekurangan Saham ADMF

Perlu menjadi perhatian bagi para pemegang saham ADMF, harga sahamnya jarang melewati angka Rp11.000, atau ketika dividen sudah di angka 5%. Di atas itu dia akan turun. Artinya mengharapkan capital gain sangat besar dari saham ini cukup sulit.

Karakteristik demikian seperti umumnya saham-saham dengan dividen besar lainnya. Mereka sangat memperhatikan yield dividen. Seperti ada yang jaga. Kalau sudah naik diguyur. Seperti itu terus.

Diversifikasi Leasing

Meskipun peminjaman ke banyak sektor itu bagus, tapi bagi kita sebagai investor akan sedikit sulit membaca. Maksudnya, kinerjanya bagus hanya ketika ekonomi global bagus. Padahal ekonomi global banyak aspek yang menentukan.

Hal berbeda jika Anda memilih saham di sektor leasing khusus motor, maka kita tinggal membaca laporan penjualan motor perbulan. Kalau penjualan motor perbulan tinggi, maka pendapatan akan tinggi. Contoh saham WOMF.

Karena bisa saja tiba-tiba anjlok, dan kita sebagai pemegang saham belum bisa membaca atau mengantisipasi dari jauh-jauh hari.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Copas Ya