Kenapa Investor Baca Koran Hasilkan Cuan?

Jika Anda membaca biografi Warren Buffet, atau membaca kegiatan hariannya, maka ada satu rutinitas yang tidak bisa dilepaskan dari sosok Peramal dari Omaha tersebut. Yaitu membaca Koran. Bahkan ketika masuk ke ruang kerjanya, 80% waktu dihabiskan untuk membaca.

Pertanyaannya adalah, kenapa investor saham rajin membaca Koran, terutama dengan sifat investasi jangka panjang. Inilah yang akan kami jelaskan dalam sudut pandang pengalaman kami yang juga selalu sempatkan 30 menit di pagi hari untuk membaca portal atau Koran digital.

Pentingnya Membaca bagi Investor

Menurut kami, bagi investor saham sangat perlu rutin membaca atau berlangganan Koran ekonomi dan bisnis. Entah kontan, investor daily, dan masih banyak lagi. Karena dari sinilah kita akan mengetahui banyak aspek.

Di antaranya adalah aspek ekonomi global yang mempengaruhi pergerakan saham secara menyeluruh. Karena koran masih memiliki keunggulan dengan analisa yang lebih mendalam, dan rubrikasi yang lebih enak dipandang.

Kedua adalah faktor penting perkembangan-perkembangan perusahaan di bursa. Setiap hari selalu ada publikasi terkait perusahaan, baik yang rugi, atau yang sedang untung. Bahkan informasi tentang rencana juga diberitakan dengan baik.

Inilah hal penting bagi kita seorang investor. Karena terkadang dari hasil bacaan ini kita tahu arah perjalanan dari perusahaan tersebut. Contoh terbaru adalah, hari ini saya membaca berita bahwa Bukalapak mencatat kerugian hingga 1.67 triliun. Gila. Padahal harga sahamnya kemarin naik.

Kerugian tersebut bahkan meningkat sampai 24% dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya 1.35 triliun. Wow. Tentu hal ini sangat mengejutkan. Dan kita mendapatkan informasi tersebut di Koran.

Ketiga bagi para trader, banyak rekomendasi saham yang lebih masuk akal dibanding grup-grup yang mementikan kenaikan harga saham tinggi. Biasanya disebutkan potensi gain sekian di saham-saham besar.

Dengan kata lain, sebagai investor kita akan mendapatkan insight yang cukup menguntungkan. Bahkan ada waktu sekitar dua jam antara terbitnya Koran dan waktu buka jam bursa untuk analisa lebih jauh rekomendasi tersebut.

Laporan Keuangan di Koran

Nah yang paling penting adalah hadirnya laporan keuangan di Koran bisnis. Hampir setiap hari ada saja laporan keuangan yang dipublikasikan. Bagi investor ini sangat menguntungkan. Tidak hanya sebatas analisa, tapi untuk meraih cuan.

Laporan keuangan di Koran selalu lebih dahulu dibandingkan dengan laporan keuangan di aplikasi-aplikasi. Artinya ada jeda waktu yang bisa dimanfaatkan untuk masuk atau keluar dari saham.

Bahkan pengalaman kami, biasanya ada waktu sekitar 1 minggu jeda. Artinya, misalkan laporan keuangan untung, tapi belum terupdate di aplikasi-aplikasi investasi, maka harga sahamnya bisa jadi belum bergerak.

Anda bisa masuk dengan membeli saham tersebut. Ketika laporan benar-benar diupdate, maka akan berimbas pada pergerakan harga saham yang cukup signifikan. Artinya potensi mendapatkan capital gain akibat membaca Koran sangat besar.

membac koran saham

Pengalaman Cuan dari Membaca Koran

Kami sendiri memiliki pengalaman berharga akibat membaca Koran dan akhirnya cuan. Yaitu ketika tahun 2021 kami sering membaca publikasi tentang saham PPRE. Saham BUMN di bidang konstruksi. Kami sudah mengulasnya di sini.

Waktu itu sahamnya masih sepi sekali. Belum ada akumulasi yang cukup besar. Bahkan cenderung dibuang. Padahal di berita selalu muncul mendapatkan proyek baru. Kami kemudian analisa keuangannya, masih oke.

Kamipun memutuskan untuk masuk, membeli saham ini di harga 176. Ketika itu terus turun ke 150-an. Tapi kami merasa tidak ada yang salah dari saham ini. Hanya persoalan supply and demand saham saja.

Selang beberapa bulan, saham PPRE naik perlahan-lahan. Ketika itu naik hingga menyentuh harga 230. Gain kami 30% lebih. Menurut kami sudah cukup dalam jangka waktu tidak ada satu tahun.

Apa yang kami lakukan adalah hasil positif dari selalu membaca Koran di pagi hari. Hingga sampai saat ini, kami selalu membaca Koran. Ketika ada kode saham yang menarik, kami periksa harganya, riwayatnya.

Jika ternyata memiliki fundamental yang cukup bagus, harga masih masuk akal, maka kami putuskan untuk masuk di saham tersebut.

Oleh sebab itu kami menyarankan bagi Anda seorang investor, lebih baik mulai fokus membaca berita bisnis. Lebih khusus saran kami adalah Koran. Karena sangat berbeda dengan portal. Anda akan mendapatkan insight yang lebih menguntungkan. Artikel ini diproduksi oleh sahamhijau.com

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Copas Ya