Kisah Sukses Saham | Anak Kecil 12 Tahun Korea Selatan

Kisah sukses saham yang satu ini berasal dari Korea Selatan. Ia berhasil di bursa saham saat pandemi Covid-19. Usianya baru 12 tahun tapi sudah menggemparkan dunia investasi saham.

Kami akan sajikan kisah epiknya yang dirangkum dari beragam sumber agar menjadi inspirasi Anda terjun di bursa saham. Apalagi ini kecil-kecil cabai rawit. Jangan sampai kita yang tua justru kejepit. Hehehe.

Berkeinginan Sukses di Saham

Berbeda dengan anak pada umumnya yang lebih memilih untuk bermain, anak berusia 12 tahun asal Korea Selatan ini lebih menyukai untuk membaca dan menonton berita bisnis. Inilah cikal bakal kisah sukses saham miliknya.

Namanya Kwon Joon dari yang bermimpi menjadi investor sukses layaknya Warren Buffet. Maka dari itulah, menonton berita bisnis bagi anak kecil ini sudah menjadi rutinitas dan kebiasaan baru bagi Kwon Joon.

Alasan lain ia ingin seperti kisah sukses saham Warren Buffett terutama setelah mendapatkan keuntungan sebesar 43% dari hasil membeli saham pada 2020 lalu.

Yup, Warren Buffett sendiri merupakan seorang investor, pengusaha, sekaligus pilantropis yang berasal dari Amerika Serikat. Warrent ialah investor paling sukses di dunia.

Perlu anda ketahui, Buffett adalah komisaris, direktur utama, dan sekaligus sebagai pemegang saham terbesar di Berkshire Hathaway yang tidak heran jika Buffet berada diurutan ketiga orang paling kaya di dunia tahun 2015 versi Forbes. Selengkapnya di sini

Kisah Sukses Kwon Joon

Kisah sukses saham yang satu itu berawal ketika Kwon Joon mendesak ibunya untuk membuka rekening di bursa saham pada April 2020 lalu. Lantas ia menggunakan uang tabungannya sebesar 25 juta won atau setara dengan Rp 313,6 juta untuk dijadikan sebagai modal awal.

Ia lalu membeli saham tepat ketika indeks acuan KOSPI pulih dari penurunan terbesarnya dalam satu dekade. Ia benar benar membujuk orang tuanya karena mendengar sorang ahli berkata di TV, hal tersebut merupakan kesempatan sekali dalam satu dekade.

Kwon lebih memilih untuk menyimpan investasinya selama bertahun-tahun daripada perdagangan harian yang hanya terfokus untuk jangka pendek saja. Joon berharap hal tersebut dapat memaksimalkan keuntungannya.

Fenomena di Korea Selatan

Di Korea Selatan, sekarang ini mulai muncul para pemula di bidang investasi layaknya Kwon ini. Mereka menyukai metode investasi nilai atau yang biasa disebut value investing pada saham blue chip.

Mereka mengumpulkan dana dari hadiah, menjual mainan mobil mini, dan menjalankan mesin penjual otomatis, dimana hal itu telah memelopori kebangkitan perdagangan ritel di tengah pandemi COVID-19.

Maka saat ini, di Korea selatan, banyak investor ritel yang masih berusia belia. Mereka bisa menghasilkan lebih dari dua pertiga dari jumlah nilai yang diperjual belikan di bursa saham tahun lalu. Banyak kisah sukes saham di sana.

Kiwoom Securities yang didirikan pada januari 2020 merupakan perusahaan pialang yang paling ramah ritel dimana sekitar 70% dari 214.800 akun pialang saham di Kiwoom Securities diisi oleh anak di bawah umur.

Kwon yang merupakan investor ritel mempunyai  waktu luang selama penutupan sekolah tahun lalu karena situasi pandemi yang mengakibatkan ia sibuk membeli saham. Ini awal kisah sukses saham.

Tantangan Pekerjaan di Korea Selatan

Keberhasilan dari Kwon ini juga merefleksikan tantangan pekerjaan bagi pemuda di Korea Selatan, walaupun negeri ginseng ini berada di salah satu kelompok paling berpendidikan di klub OECD  (The Organisation for Economic Co-operation and Development) negara-negara maju. Tapi menemukan pekerjaan yang kreatif kini cukup sulit.

Dimana tiga perempat meneruskan ke universitas setelah sekolah menengah atas, hal itu dibandingkan dengan rata-rata pengelompokan 44,5%. Peneliti kejuruan bernama Min Sook-weon menyatakan jika tidak akan cukup pekerjaan untuk lulusan universitas atau perguruan tinggi, sehingga banyak yang memutuskan untuk memulai karirnya di usia belia.

Hal ini merupakan sesuatu hal yang dipahami Kwon. Maka dari itu, ia berpendapat jika lebih baik menjadi investor besar daripada berkuliah di universitas ternama.

Kisah Investasi Saham Kwon

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya tentang kisah sukes saham, Kwon di waktu luangnya selama penutupan sekolah tahun lalu akibat pandemi COVID-19 ini yang mendorong dirinya untuk membuat daftar keinginan membeli saham yang ia buat selama koreksi pasar.

Saham yang Kwon inginkan mulai dari aplikasi pesan terbesar di Korea Selatan yaitu Kakao Corp, Samsung Electronics Co hingga Hyundai Motor. Ia menganalisa berdasarkan saran fundamentalist, value investing. Dan ternyata boom. Ia berhasil meraih keuntungan di saham saat usinya masih cukup muda.

Demikian kisah anak kecil sukses di saham berkat usahanya yang dapat kami ringkaskan untuk anda. Mungkin anda dapat memetik pelajaran dari Kwon Joon dalam mengambil sebuah peluang dan keputusan.

Intinya jangan takut mencoba hal baru yang mungkin saja itu bisa menjadi jalan kesuksesan anda. Dari kisah sukses saham yang satu ini kita bisa memahami jika value investing memberikan keuntungan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Copas Ya