Kisah Warren Buffet | Rujukan Investor Saham Dunia

Kisah Warren Buffet dalam investasi saham memang melegenda. Mengetahui kisah suksesnya dapat membuat Anda menjadi lebih termotivasi dalam mempelajari seluk beluk saham

Seorang investor ulung ini sudah menjadi ikon investasi dalam kurun waktu 7 dekade, waktu yang cukup lama bukan? Bahkan saking ulungnya ia berinvestasi, pria yang kini berusia 90 tahun itu dijuluki sebagai The Oracle of Omaha yang mana artinya ialah Sang Peramal dari Omaha.

Banyak orang yang tidak mengetahui sepak terjang dari Warren Buffet di dunia saham. Sebagai informasi permulaan, kisah Warrent Buffet sudah memulai investasinya sejak dini yaitu 11 tahun.

Ia pernah berkecimpung di dunia bisnis dengan berjualan permen dan minuman Coca-Cola pada tahun 1937. Kisah Warren Buffet kami sajikan dari beragam sumber.

Kisah Warren Buffet Berinvestasi Saham

Kisah Warren Buffet pada investasi saham dimulai pada saat ia berumur 11 tahun sebagaimana yang telah kami ceritakan sebelumnya. Permulaannya dalam dunia pasar modal dimulai dengan membeli tiga saham perusahaan minyak Cities Service seharga $38 per saham.

Kemudian ia menjualnya kepada orang lain dengan kenaikan $2 per saham yakni menjadi $40 per saham. Ia memulai di usia belasan. Jika melihat ini saya tergolong sangat terlambat, karena berinvestasi di usia 30 tahunan.

Melihat dari cerita singkat tersebut, kita bisa belajar bahwa skill berbisnis di dunia saham juga dibutuhkan. Namun anda tidak perlu khawatir akan kesulitan di pasar modal hanya karena tidak memiliki kemampuan berbisnis yang baik. 

Percayalah bahwa dengan belajar yang rutin dan terus – menerus mencari tau, maka anda akan menguasai serta akhirnya meraup untung di pasar modal seperti Warren Buffet.

Jumlah Tabungan di Usia 20 Tahun

Kisah sukses Warren Buffet tentunya berlanjut di umur 13 ketika ia dan keluarganya pindah ke Washington, D.C. saat itu ia bekerja sebagai pengantar koran di The Washington Post dan selalu mengumpulkan gajinya selama 2 tahun.

Berkat kebiasaan nabungnya yang disiplin, ia berhasil mengumpulkan Rp 29 Juta di usia 15 tahun dan sebagian dari uang tabungannya diinvestasikan ke pertanian Nebraska.

Kebiasaan menabung yang dipadukan dengan kemampuan wirausahanya ini tidak pernah mengecewakan, sehingga ia menuai hasil baik yang sangat melimpah.

Kedua talenta yang ia miliki itu, Warren Buffet berhasil mengumpulkan Rp 72 Juta sebelum berusia 20 tahun. Kisah Warren Buffet dimulai dari sini.

SahamHijau.com

Riwayat Pendidikan Warren Buffet

Riwayat pendidikan tidak luput dari kisah sukses Warren Buffet yang akan kami ceritakan kali ini. Buffet berkuliah di sekolah bisnis Wharton University of Pennsylvania pada usia 16 tahun. 

Namun ia pindah dan berkuliah di Universitas Nebraska pada tahun 1950 yang kamudian dilanjutkan dengan mengambil gelar Master pada bidang ekonomi di Columbia Business School New York.

Tentunya kisah Warren Buffet tidak hanya belajar bisnis dari sekolah saja, ia juga belajar dari pekerjaannya di perusaan investasi milik seniornya yang ia kenal ketika di Columbia Business School. 

Setelah merasa telah mendapatkan ilmu yang cukup, Buffet memutuskan berhenti bekerja dan mulai mendirikan perusahaan investasinya sendiri pada tahun 1956.

Melihat dari kisah sukses Warren Buffet ini anda bisa belajar bahwa kesuksesan diawali dari keingintahuan dan tidak pernah merasa cukup terhadap ilmu. Seperti kisah Warren Buffet. 

Anda harus tetap belajar dan mengumpulkan banyak ilmu lalu kemudian digunakan sebagai mungkin untuk membangun perusahaan atau sesuatu yang diinginkan. Dengan kegigihan, kami yakin anda akan meraih kesuksesan di masa depan nanti seperti kisah Warren Buffet.

kisah warren buffet

Peruntungan Di Bisnis Tekstil

Warren Buffet pernah mencoba menopang bisnis tekstil Berkshire Hathaway yang kemudian dialihkan menjadi perusahaan investasi dalam bisnis asuransi. Hal ini terjadi pada saat ia telah melakukan likuidasi kemitraan investasinya di tahun 1969. 

Semenjak dipegang oleh Buffet, bisnis Berkshire Hathaway semakin meningkat yang mana membuat harga sahamnya juga ikut melonjak. Saham Berkshire Hathaway dihargai US$ 1.000 per lembar pada tahun 1983 yang mana sudah sangat tinggi pada saat itu. 

Kesuksesan ini bukan tanpa awalan, Warren Buffet telah melakukan perjuangan tersebut dimulai pada tahun 1970 yang mana hasilnya ia tuai pada tahun 1983. 

Kisah Warren Buffet di Investasi Yang Fantastis

Kisah Sukses Warren Buffet terus berlanjut di tahun 2006 dimana ia semakin mengembangkan bisnis Berkshire Hathaway yang pada akhirnya menghasilkan nilai saham fantastis yaitu $100.000 per lembar saham. 

Dengan kegigihan, kecerdasan, dan usahanya itu ia meraih kekayaan bersih dan terus tumbuh mencapai $40 miliar atau Rp 581 triliun. Walaupun kekayaan tersebut seringkali ia sumbangkan ke badan amal, namun tetap tumbuh dan menjadi semakin banyak hingga seperti sekarang ini.

Kisah Warren Buffet sangatlah menginspirasi kita semua dalam dunia investasi dan bisnis. Jika kini anda tertarik ke dalam dunia bisnis investasi, maka perbanyaklah membaca dan mencari ilmu lebih dalam lagi. 

Jangan pernah merasa puas dengan ilmu yang dimiliki karena itu bisa menjadi boomerang kerugian pada suatu hari nanti. Satu catatan penting, Warrent Buffet alirannya fundametalis, bukan saham-saham Gorengan. Bagaimana langkah detil Perusahaan Warren Buffet bisa dibaca di sini.

Related Posts

6 thoughts on “Kisah Warren Buffet | Rujukan Investor Saham Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *