Main saham modal 1 juta di era sekarang mudah dilakukan, karena banyak sekuritas hanya menerapkan syarat satu juta saja untuk setor di modal awal. Bahkan tidak sedikit pula yang bermodal seratus ribu. 

Nah kami akan jelaskan saran jika Anda ingin main saham modal 1 juta rupiah saja. Saran yang kami berikan berdasarkan pengalaman setelah sekian tahun terjun di pasar modal. Bisa cocok, bisa juga tidak.

Pahami Risiko Investasi Saham

Sebelum Anda bermain saham dengan modal minimal, pahami dulu risiko investasi saham. Saham merupakan investasi yang very high risk dibandingkan dengan investasi lainnya. Maka hal paling buruk yang bisa Anda hadapi adalah uang satu juta tersebut menguap.

Tapi bisa juga sebaliknya, karena very high risk, juga very high return. Sehingga bisa jadi modal 1 juta yang Anda miliki berlipat, tapi bisa juga modal tersebut justru hilang dalam waktu singkat. Selengkapnya tentang risiko dan keuntungan investasi saham di sini.

Main Saham Modal 1 Juta

Cara main saham modal 1 juta menurut kami yang paling utama adalah jangan terlalu banyak diversifikasi portofolio. Pasti Anda sering dengar nasihat Warrent Buffet yang mengatakan bahwa jangan ditaruh semua uang Anda dalam satu keranjang. Artinya portofolio harus lebih dari satu.

Tapi kalau saya menyarankan di Investasi saham modal 1 juta adalah sebaliknya. Jangan terlalu banyak portofolio. Saran saya cukup dua saja. Yang satu bisa jadi lima ratus ribu, yang satu lagi sisanya. Atau yang satu hanya 300 ribu, yang satunya 700 ribu. 

Mengapa saya mengatakan jangan terlalu banyak diversifikasi portofolio, sebab utamanya adalah adanya biaya transaksi. Jangan-jangan kalau Anda bagikan ke sepuluh portofolio, ketika dijual dan dibeli justru berkurang karena ada biaya administri yang harus ditanggung. 

Sebab kedua adalah, main saham punya prinsip lebih banyak modal lebih bagus. Sedangkan kalau masih hanya ratusan ribu, maka kenaikan lima persen saja tidak terasa. Bandingkan dengan modal 50 juta. Lima persen sudah 2.5 juta. 

Maka jika hanya punya uang satu juta, jangan dipecah seratus ribuan, naik dua puluh persen juga belum terasa, hanya 20 ribu. Adapun jika hanya dua portofolio, yang satu 500.000, maka naik dua puluh persen menjadi plus 100 ribu. 

Trading Saham Modal 1 Juta

Nah apakah lebih baik trading saham modal 1 juta, atau investasi? Saran saya ada tiga. Pertama, kalau Anda sudah mahir, psikologi sudah tenang, jangan trading. Tapi investasi di saham-saham lapis dua. 

Mengapa saya katakan lebih baik lapis dua atau tiga, karena potensi kenaikannya akan lebih tinggi. Tapi tetap risikonya jauh lebih besar. Plus jangan abaikan analisis fundamental. Kalau Anda jeli pasti lebih potensi naiknya besar. Contoh PBRX atau KEEN.

Kedua, sabar mencari harga bawah. Kalau Anda sudah yakin dengan sebuah saham. Maka lebih baik sabar menunggu harga bawah. Jangan buru-buru Ambil saham. Sabar saja dulu sampai saham tersebut jatuh, baru Anda ambil. Biasanya pada ngambil harga atas.

Ketiga, tetapkan target take profit. Anda harus punya angka konsisten untuk ambil profit. Contoh tiga puluh persen. Setiap tiga puluh persen kenaikan Anda jual. Demikian seterusnya. Atau Anda ambil tiga puluh persen. Pokoknya disiplin. Baca kisah kami dalam menerapkan metode ini di sini. 

main saham modal 1 juta

Jangan Lakukan Ini

Keempat, jangan ikuti pom pomers saham atau mudah mengikuti grup trading saham. Saya mengatakan demikian karena ketika Anda mengikuti arus tersebut hanya menjadi korban. Yang merekomendasikan kepada Anda punya target tiga persen take profit. Dia modalnya ratusan juta. 

Sedangkan Anda hanya ratusan ribu. Maka Anda ingin nunggu sampai dua puluh persen, sedangkan yang memberi rekomendasi sudah pindah ke saham lain. Baca bahaya grup trading saham di sini. 

Kelima, jangan buru-buru dicairkan keuntungannya. Meskipun Anda sukses invetasi saham modal 1 juta, tapi saran kami jangan buru-buru dicairkan. Karena pada prinsipnya semakin besar modal semakin baik.

Berapa banyak, saran kami sampai minimal 50 juta ada di portofolio Anda. Sehingga komposisi portofolio menjadi enak. Maka jangan diambil kalau untung, belikan lagi saham, naik jual, belikan lagi saham. Begitu seterusnya sehingga akumulatif main saham modal 1 juta menjadi berlipat.

Nabung Saham Modal 1 Juta

Lebih baik lagi terapkan pola menabung saham agar portofolio Anda berlipat. Ada seratus ribu masukkan di rekening sekuritas, begitu seterusnya sehingga menjadi banyak.

Jangan malu untuk average down jika saham yang dipegang memang bagus. Cara average down bisa dibaca di sini. Turun sepuluh persen, ada uang di average down, begitu seterusnya. Karena kenaikan saham pada hakikatnya nunggu momentum saja. 

Karena main saham modal 1 juta sebenarnya akan lebih efektif dengan cara nabung saham. Sehingga nominal Anda di sekuritas menjadi naik. Semakin banyak nominal maka semakin mudah Anda bermain saham dengan keuntungan besar. Cara nabung saham selengkapnya di sini.

Inilah cara main saham modal 1 juta yang bisa kami sarankan. Semoga menjadi manfaat dan menjadikan Anda tidak judi dalam saham, lebih teliti. Sehingga saham Anda menjadi hijau serta menyenangkan untuk dipandang. 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *