Pengertian Dividen, Jenis, dan Kenikmatannya

Pengertian dividen harus kita pahami sebelum lebih jauh masuk di pasar modal. Terutama bagi investor. Karena investor selalu membeli perlahan-lahan, seperti mencicil kepemilikan.

Tapi berbeda dengan investor. Kadan tidak peduli dengan naik turunnya harga. Yang dia pedulikan bagaimana memiliki sebanyak-banyaknya saham sehingga memiliki banyak kepemilikan, plus menikmati dividen.

Nah bagi yang baru masuk ke pasar modal, kadang tidak mengetahui pengertian dividen, jenis-jenisnya, apalagi kenikmatannya. Oleh sebab itu kami akan menjelaskan sebagai bahan pengetahuan.

Di antaranya adalah bagaimana cara menghitung dividen, kebijakan dividen, jenis-jenis dividen, bahkan kapan dividen dibagikan. 

Pengertian Dividen Saham

Sebelum lebih jauh kita akan membahas terlebih dahulu pengertian dividen. Pertama kita harus mengetahui bahwa saham adalah bukti kepemilikan. Semakin banyak lembar yang dimiliki itu artinya semakin banyak prosentase kepemilikan akan saham tersebut.

Nah yang kita beli adalah perusahaan yang bergerak untuk menghasilkan keuntungan. Karena kita mempunyai bukti kepemilikan, maka kita akan mendapatkan pembagian keuntungan jika perusahaan tersebut untung. Itulah dividen.

Secara sederhana pengertian dividen adalah laba perusahaan yang dibagikan kepada pemilik saham berdasarkan jumlah lembar saham yang akan dimiliki. Biasanya perhitungannya satu lembar akan mendapatkan sekian persen.  

SahamHijau.com

Kebijakan Dividen

Kebijakan dividen setiap perusahaan berbeda-beda. Kebijakan dividen akan diambil biasanya pada RUPS, rapat umum pemegang saham. Waktu pelaksanaan juga berbeda-beda. Tapi biasanya setelah kuartal pertama. Bulan April hingga Juni. 

Ketika kuartal pertama selesai, maka laporan keuangan tahun sebelumnya sudah dipublikasi, oleh sebab itu dirapatkan keuntungan yang didapat mau diapakan. Apakah dibagikan atau ditahan. Ini kebijakan dividen yang paling pokok.

Baru kemudian kalau dibagikan berapa persen dari keuntungan. Ini yang paling penting. Seperti HRTA hanya membagi sekitar 25% dari laba. Beda lagi dengan BJBR yang mencapai 40%. Intinya setiap perusahaan berbeda-beda.

Dari besaran inilah diketahui besaran dividen perlembar saham. Karena nominalnya akan dibagi jumlah saham sehingga diketahui berapa dividen yang akan diterima.

Cara Menghitung Dividen

Adapun cara menghitung dividen cukup mudah. Jika ditetapkan misalkan mendapatkan perlembar mendapatkan 8 rupiah. Maka yang akan dihitung adalah kepemilikan di waktu cum date, atau pada tanggal yang sudah ditentukan. 

Maka jika Anda memiliki saham perusahaan bernilai 200 rupiah, artinya dividennya sebesar 4%. Maka jika Anda memiliki 1000 lembar saham atau 10 lot, Anda akan mendapatkan 8000 rupiah. Setiap tahun. 

Apalagi kalau Anda memiliki jumlah lembar saham sebanyak 10.000 lot. Itu artinya 1.000.000 lembar, maka mendapatkan 8.000.000. Inilah indahnya passive income dari saham. Karena itu orang kaya sangat menikmatinya. 

Contoh yang paling nyata adalah bagaimana Lo Kheng Hong. Warren Buffet dari Indonesia ini pada 2019 mendapatkan Rp16.5 milyar dari PT Petrosea TBK (tribunnews.com). Hanya diam saja sudah dapat 16 Milyar. Wowowow. 

Kapan Dividen Dibagikan

Jika bertanya kapan dividen akan dibagikan, maka biasanya 3 minggu setelah tanggal jatuh tempo. Nanti tiba-tiba ada uang masuk di rekening sekuritas Anda. Bisa cairkan langsung. Atau Anda belikan lagi saham. 

Kalau kami biasanya ketika mendapatkan dividen, ada yang kami cairkan tunai, ada yang untuk beli saham kembali untuk menambah kepemilikan jumlah saham. Intinya jangan sampai terlalu hemat. Paling tidak tahu nikmatnya dividen. 

pengertian dividen dan jenisnya

Jenis-jenis Dividen Saham 

Jenis-jenis dividen saham yang kami jelaskan adalah yang umum terjadi di pasar modal. Kalau jenis yang sampai lima yaitu tunai, saham, skrip, properti, likuiditas. Tapi tidak semua kami bahas. Karena tidak sering terjadi. Pertama adalah dividen tunai, ini yang sering terjadi di pasar modal.

Artinya yang memiliki saham akan mendapatkan uang tunai yang dicairkan pada rekening sekuritas. Bisa dicairkan dalam bentuk cash kapan saja.

Kedua berbentuk dividen saham. Maksudnya adalah diwujudkan langsung dalam bentuk saham. Meskipun di pasar modal hal ini juga tidak sering terjadi. Karena umumnya adalah dividen tunai. Maka jika ada yang bertanya tentang pengertian saham, maka umunya kita mengetahui sebagai dividen tunai. 

Berapa Kali Perusahaan Bagi Dividen

Nah mungkin banyak yang mengira bahwa dividen dibagikan hanya sekali dalam setahun. Tapi sebenarnya tidak. Ada juga yang polanya membagikan dividen dua kali dalam setahun. Biasanya di kuartal kedua, kemudian di kuartal keempat. 

Salah satu pembagiannya sering disebut sebagai dividen interim. Yaitu dividen sementara yang dibagikan sebelum rapat atau sebelum jumlah dividen final dibagikan semua. Biasanya tujuan model seperti ini adalah kesetiaan investor. 

Yaitu agar investor tidak mudah melepas sahamnya. Jadi setia. Maka perusahaan yang memiliki dividen interim biasanya fluktuasi harganya tidak dahsyat. Karena jarang ada yang mau dijual. Orang sering menyebut saham hari tua. Contohnya adalah POWR.

Inilah ulasan tentang pengertian dividen saham, jenis dividen, hingga bagaimana nikmatnya memiliki saham dengan dividen besar. Semoga menjadi manfaat dan saham semakin hijau. 

Related Posts

3 thoughts on “Pengertian Dividen, Jenis, dan Kenikmatannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *