Pengertian Free Float Saham dan Fungsinya untuk Investor

Pengertian free float saham memang jarang sekali diketahui oleh banyak orang. Apalagi bagi para investor yang baru masuk ke dunia saham. Jika Anda adalah orang yang baru masuk dengan dunia invstasi, maka ada baiknya untuk mengetahui terkait free float saham sebuah emiten. 

Sejak pertama kali penerapannya di tahun 2018, kini istilah free float saham sedang ramai diperbincangkan. Terutama beberapa saham yang memang memiliki free float terlalu kecil. Bahkan ada yang sampai disuspend karena tidak memenuhi ketentuan. Namun, apa sih arti sebenarnya dari free float tersebut?

Pengertian Free Float Saham 

Secara sederhana, free float saham adalah jumlah saham minoritas yang dapat ditransaksikan pada pasar reguler. Free float saham bisa diartikan juga sebagai persentase saham dari suatu perusahaan yang sudah go public dan bisa dibeli oleh masyarakat. 

Free float saham bagi suatu perusahaan bisa dikatakan penting bagi investor, hal ini dikarenakan menyajikan data seberapa tinggi peluang frekuensi votalitas sahamnya.

Jika free float saham suatu perusahaan terlalu rendah, maka saham perusahaan akan cenderung kurang liquid atau transaksinya jarang dan votalitasnya bisa ekstrim. 

Aturan Free Float Saham BEI

Sedangkan aturan free float saham di bursa adalah minimal 7.5%. Nah jika kurang dari itu, maka perusahaan bisa disuspend. Contoh dulu HMSP pernah memiliki free float hanya 1.8%, terlalu kecil. Kemudian dengan adanya aturan menjadi 7.6%.

Tujuan Saham Free Float

Tujuan dari pengertian free float saham ini adalah supaya saham yang beredar di masyarakat bisa memiliki bobot yang besar sehingga tercipta bobot yang adil. Karena jika terlalu dominan kepemilikan jumlah lembar saham, akan menghasilkan ketidakstabilan. Misal yang beredar hanya 5%. Ini jadi pertanyaan, kenapa Go public kalau porsi masyarakat kecil.

Nah, kelak free float ini akan menjadi suatu faktor tambahan yang diperhitungkan oleh pihak BEI dalam penyusunan bobot masing – masing emiten terhadap index LQ45 dan IDX30. Free float terlalu kecil kemungkinan masuk LQ45 juga rendah. 

Dampak Dari Penerapan Free Float

Pengertian free float saham yang mulai diterapkan ini tentu memberikan dampak bagi kelangsungan pasar modal dan seisinya. Pasti akan terjadi sebuah penyesuaian dalam proses pembobotan khususnya pada saham – saham dalam indeks LQ45 dan IDX30. 

Dampak yang terjadi ialah sebuah proyeksi peningkatan kepercayaan masyarakat karena berkurangnya saham dengan free float rendah di bursa. Dengan kondisi seperti ini, maka emiten – emiten yang kecil bisa lebih terdorong untuk meningkatkan jumlah saham free floatnya.

Dampak Free Float Pada Iklim Investasi

Pengertian free float saham tidak hanya memberikan dampak pada dua hal yang telah disebutkan saja melainkan juga pada iklim investasi. Penerapan free float pada pasar saham memberikan efek instan yang terjadi pada market beberapa waktu belakangan ini. 

Di antaranya, manajer investasi akan cenderung melepas emiten yang memiliki jumlah saham free float rendah. Bagi mereka terlalu riskan, bisa jadi saham itu akan disuspend. Baca sebab delisting saham lainnya di sini.

pengertian free float saham

Fungsi Free Float bagi Investor

Yang perlu diketahui adalah fungsi free float bagi investor. Jika Anda melihat tidak ada saham pengendali tentu bahaya. Kok tidak ada yang berani memegang saham perusahaan ini dengan nilai besar. Berarti masalah.

Begitu juga dengan free float, kalau yang dibagikan ke masyarakat terlalu kecil, juga jadi pertanyaan, naik turunnya saham bisa membuat jantung copot tidak karuan. Harus hati-hati. 

Contoh Free Float Saham

Setelah sebelumnya mengetahui pengertian free float saham dan berbagai informasi penting lainnya, kini saatnya bagi anda untuk mengetahui contohnya. Misalnya ada perusahaan A dengan saham biasa yang beredar adalah 500.000 dengan 260.000 diantaranya sudah dipengang oleh CEO dan CFO perusaan tersebut. 

Maka free float yang ada dalam perusahaan tersebut ialah 240.000 yang mana di dapat dari perhitungan 500.000 dikurang 260.000.

Jadi untuk bisa menemukan jumlah free float maka anda harus mengetahui selisih antara jumlah saham yang beredar dan berapa jumlah saham yang sudah dipegang oleh pihak – pihak tertentu. Dengan begitu maka anda bisa menemukan jumlah saham free float lebih mudah dan lebih cepat.

Itulah beberapa pengertian free float saham dan informasi tambahannya yang bisa kami berikan kepada anda. Semoga dapat menjadi manfaat untuk anda dan banyak orang lainnya. 

Jangan lupa untuk selalu berhati – hati ketika ingin investasi. Selalu sesuaikan dengan tujuan dan keseharian Anda, jangan sampai malah merugi ketika menginginkan keuntungan. Baca banyak panduan di SahamHijau.com.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *