Penyebab Lebih Banyak Trader dibanding Investor di Saham

Sudah menjadi pengetahuan umum jika di bursa jumlah trader jauh lebih banyak daripada investor. Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa hal ini bisa terjadi, apa sebenarnya yang menjadi penyebab utama?

Inilah yang akan kami bahas dalam tulisan singkat ini. Dengan adanya pengetahuan yang kami berikan, besar harapan Anda tahu bahwa ada faktor tertentu mengapa trader jauh lebih banyak dibanding investor.

Trader vs Investor Saham

Trader adalah pelaku pasar modal yang aktif menjual dan membeli dalam jangka waktu singkat. Bisa harian, jam, mingguan, atau bahkan bulanan. Bahkan kami sudah menjelaskan jenis-jenis trader di link ini.

Sedangkan investor saham adalah mereka yang melakukan aktivitas membeli saham untuk menggenggamnya dalam jangka waktu yang cukup lama. Bisa lebih dari satu tahun. Biasanya seperti memiliki perusahaan tersebut.

Mengapa kami katakan trader saham di bursa jauh lebih banyak, hal ini karena harga di pasar saham cenderung fluktuatif naik dan turun. Ini akibat keaktifan dari trader. Merekalah yang membuat harga saham memiliki seni yang mengocok psikologis.

Alasan Trader Saham Lebih Banyak

Lalu apa sebenarnya yang membuat trader saham jauh lebih banyak dibanding visitor? Jawaban yang pertama adalah karena sebuah mimpi. Mimpi akan keuntungan yang sangat besar dan cepat.

Rata-rata trader berpikiran bahwa keuntungan satu persen dalam sehari adalah hal yang sangat mungkin sekali didapatkan. Maka kalau satu hari satu persen, artinya 24 hari aktif, berarti satu bulan akan mendapatkan 24%. Satu tahun sudah 250%-an. Wow.

Sehingga terngiang-ngiang dalam otak nasabah bahwa menjadi trader adalah cara cepat kaya karena bisa menggandakan uang dalam jangka waktu satu tahun saja. 

Pemikiran itu tidak salah, tapi kalau sudah terjun ke dalam dunia pasar modal yang sesungguhnya, atau tidak memakai akun demo, maka Anda akan sadar bahwa kenyataan seperti itu sangatlah sulit. Bahkan terkadang lebih banyak rugi daripada untung.

Kedua, di era media sosial yang informasinya serba cepat ini, banyak sekali orang yang sharing di media sosial keuntungan hasil trading. Biasanya bentuk foto sekian persen, bahkan berani menunjukkan angka nominal. Hal ini tentu saja menjadi daya tarik bagi banyak orang yang memiliki mimpi.

Ketiga, banyaknya rekomendasi gratis, baik di grup wa, atau bahkan di telegram, atau bahkan di website-website yang memberikan informasi kode saham untuk dibeli dan dilepaskan pada target tertentu.

Alasan Utama Trader Menjamur

Namun demikian alasan utama dari menjamurnya trader di bursa yang sebenarnya adalah bisnis sekuritas. Ya, sekuritas akan mendapatkan keuntungan melimpah ketika banyak orang aktif melakukan trading.

Ini motif utama. Karena dari setiap transaksi itulah sekuritas akan mendapatkan fee. Sehingga akumulasi dari faktor yang sudah disebutkan di atas, kemudian didorong dengan banyak aspek dari sekuritas.

Oleh sebab itu jika Anda memiliki akun sekuritas, apalagi yang era sekarang, pasti ada info-info sinyal. Bukan sinyal membeli, tapi sinyal saham paling aktif, saham paling besar volume, hingga prosentase nilai bid dibanding nilai offer.

Bahkan untuk mewujudkan hal ini, sekuritas sering mengadakan lomba trader, entah untuk memperingati HUT RI, atau untuk memperingati hari jadi sekuritas itu sendiri. Sehingga trader jauh lebih banyak dari investor.

trader lebih banyak dari investor

Estimasi Keuntungan Sekuritas dari Trading

Mari kita estimaksikan bahwa fee sekuritas dari sekali aktivitas trading adalah 0.1%. Jika ingin lihat perbandingan fee sekuritas bisa dibaca di sini. Sudah pernah kami ulas.

Maka kalau investor dengan modal 1 milyar, yang hanya sekali transaksi satu kali dalam setahun, akan menghasilkan keuntungan sebesar 1 juta rupiah saja. Terlalu receh sekali.

Tapi coba bandingkan dengan day trader dengan modal 100 juta saja. Jika satu hari trading, maka akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp100.000. Kita hitung hari aktif kerja, maka hasilnya seperti tabel berikut,

KeuntunganHari AktifTotal
Rp100.000200Rp20.000.000

Hanya dari satu orang saja, keuntungannya sudah mencapai 200 juta dalam setahun. Jauh lebih banyak keuntungan dari nasabah dengan tipe investor yang memiliki dana satu milyar sekalipun.

Padahal nasabah sekuritas jumlahnya ribuan, tidak hanya satu orang saja. Maka bisa dibayangkan berapa total keuntungan sekuritas dari aktivitas trading yang dilakukan oleh para nasabahnya. 

Karena inilah dorongan agar para nasabah menjadi trader sangat kuat meskipun tidak langsung. Intinya didorong untuk terus melakukan transaksi setiap hari. 

Akumulasi semua faktor ini menjadikan trader jauh lebih banyak daripada yang bertipe investor di pasar modal. Semoga artikel dari sahamhijau.com ini bermanfaat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Copas Ya