Position Trading | Jalan Tengah Trading Saham di Indonesia

Position trading bagi sebagian orang sangat jarang diketahui. Di Google pun tidak banyak yang mencarinya. Kalah populer dibandingkan dengan istilah-istilah seperti swing trading, scalper, atau metode trading lainnya.

Padahal menurut kami ini adalah metode penting bagi para pelaku pasar modal, khususnya yang masuk di bursa Indonesia. Apalagi metode trading yang satu ini tidaklah sulit untuk dilakukan, bahkan untuk newbie sekalipun. Berikut penjelasannya.

Pengertian Posisiton Trading

Position trading secara sederhana memiliki pengertian trading dalam jangka waktu yang lama. Artinya satu saham dijual belikan tidak dalam durasi harian, mingguan, apalagi perjam. Inilah yang kemudian membedakan dengan swing trading dan day trading.

Ingat trading akan berjalan sukses dan stabil ketika sudah cocok dengan keadaan psikologis Anda sekaligus gaya hidup Anda. Kalau punya pekerjaan tapi merangkap jadi day trader, dijamin gagal. Nah menjadi position trader adalah jalan tengah ketika Anda masih tetap bekerja tapi ingin trading.

Anda masih bisa bekerja, Anda tidak perlu selalu memeriksa naik turunnya harga, Anda juga tidak perlu memiliki tekanan psikologis yang tinggi karena tekanan jual pasar seperti laiknya day trader, atau swing trader. Menurut kami cocok dengan karakteristik orang jawa, alon-alon asal klakon. Hehehe.

Perbedaan dengan Investor

Pertanyaan paling dekat dengan teknik position trading adalah perbedaannya dengan investor. Keduanya memang cukup mirip. Namun niat dan waktu yang membedakan. Pertama, investor memiliki niat untuk memiliki perusahaan itu seutuhnya.

Artinya, ia tidak memiliki keinginan untuk menjualnya. Ia ingin memiliki dalam jangka waktu tahunan. Seperti Lo Kheng Hong memegang PTRO, kami sudah menulis bagaimana portofolio mengagumkan Lo Kheng Hong di sini.

Sedangkan position trading tidak demikian. Memang dari awal sudah berniat untuk membeli dan menjualnya dalam jangka waktu tertentu. Biasanya bulanan. Mungkin paling lama satu tahun. Jadi antara keduanya memiliki perbedaan siginifikan.

sahamhijau.com

Meskipun demikian keduanya sangat mempertimbangkan fundamental perusahaan. Prinsipnya mencari perusahaan tergolong murah. Tapi position trader juga sedikit mempertimbangkan teknikal.

Alasan Menjadi Position Trading

Bagi kami sendiri, ini adalah metode yang cukup bagus. Alasan utamanya, metode ini cukup fleksibel. Meskipun Anda menentukan menjadi position trader dengan timeframe waktu bulanan, tapi kalau ternyata target sudah bisa ditempuh, Anda bisa lepas.

Contoh dulu di tahun kedua, kami menetapkan diri dengan target 20% kenaikan saham dijual. Kami tidak tahu metode apakah itu. Tapi yang menarik adalah, ada yang dalam waktu dua bulan sudah mencapai target, ada juga yang hanya satu bulan sudah mencapai. Selengkapnya tentang kisah kami di sini.

Jadi kita bisa menyesuaikan dengan kondisi pasar. Tidak kaku seperti investor yang harus pegang lama. Apalagi bursa efek Indonesia bukanlah seperti pasar di Amerika. Harga saham gabungan Indonesia selama lima tahun terakhir dari 2016 masih di 6000-an saja. Kapan tumbuhnya?

Cara dan Teknik Position Trading

Jika ingin benar-benar menggunakan metode position trading, maka langkah awal yang harus dimiliki adalah menguasai analisa fundamental. Porsi ini cukup besar, masih di atas 70% dibandingkan teknikal. Inilah yang membedakan dengan metode trading lainnya yang lebih banyak murni teknikal.

Support and Resistance

Bagi Anda yang mahir teknikal, maka ini cukup menguntungkan. Anda cukup menentukan support dan resistance dari saham. Dengan demikian Anda bisa menentukan kapan masuk dan kapan keluar. Support dan resistance bisa dengan mudah dianalisa menggunakan google. Kami sudah tulis caranya di sini.

Kemudian tinggal analisa titik pembalikan, baik pembalikan dari bullish menjadi bearish, atau sebaliknya. Gunakan pelajaran tentang pattern yang populer, seperti head and shoulder, double top, dan lainnya untuk melihat arah pembalikan.

Mau naik beli, mau turun jual tapi dengan target harga yang panjang. Misalkan beli di harga Rp200, kalau day trader 210 jual. Kalau position trader akan menjual di Rp250, tergantung target dan resistance yang Anda prediksikan.

position trading
pixabay.com

Gunakan Moving Average

Jika Anda tidak menguasai teknik di atas, jangan khawatir. Ada teknik kuno, pelajaran yang sudah ada di aplikasi masing-masing, yaitu moving average. Yaitu pergerakan rata-rata yang dihitung dengan time frame waktu. Ada sepekan, ada sebulan, ada juga tiga bulan. Dan seterusnya.

Anda tinggal melihat harga bawahnya berapa, harga atasnya berapa. Kalau harga bawahnya Rp200, tunggu sampai turun di harga itu. Nanti jual di harga atasnya. Jadi tidak susah. Newbie seperti saya juga bisa kok.

Kombinasi Kesabaran dan Menikmati Keindahan

Kalau Anda sudah membeli saham dengan metode position trading. Maka teknik selanjutnya tinggal melatih kesabaran Anda. Ini yang paling sulit. Karena rata-rata anggapan saham adalah untung ratusan persen dalam jangka satu bulan, kalau bisa satu minggu, kalau perlu satu hari.

Jika Anda masih demikian, metode ini tidak akan berhasil. Butuh waktu bulanan. Maka harus sabar menunggu hingga target yang sudah ditetapkan. Kami sudah menulis bagaimana sabar menjadi kunci cuan di saham di link ini.

Terakhir adalah menikmati keindahan fluktuasi harga saham. Jika Anda membeli di harga Rp200, kemudian naik menuju Rp250, sangat kecil kemungkinan tiba-tiba naik langsung ke Rp250. Tapi ada prosesnya.

Yaitu dari Rp200 menuju Rp220. Tapi berikutnya turun lagi ke Rp210, kemudian naik lagi ke Rp225. Begitulah seterusnya. Hal ini harus dinikmati sebagai sebuah proses panjang untuk menaiki harga lebih tinggi lagi. Inilah kunci position trading.

Kami lebih condong pada metode ini. Bisa dilihat dari portofolio kami di sini yang meraih keuntungan dalam waktu bulanan. Mungkin tidak besar. Tapi sudah cukup. Menurut kami ada website yang bisa jadi rujukan tentang belajar lebih jauh tentang trading, tradinguang.com.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Copas Ya