Prospek Nikel Ke Depan dan Pertimbangan Saham

Prospek nikel ke depan digadang-gadang cukup bagus. Karena dunia memerlukannya. Tapi benarkah demikian? Ini yang harus kita jawab. Terutama jika dikaitkan dengan dunia investasi saham. Kita harus bisa jeli membaca arah kebutuhan jangka panjang.

Oleh sebab itu kami akan mengulas bagaimana prospek nikel ke depan. Terutama jika dilihat dari kebutuhan dunia ke depan. Serta bagaimana geliat saham yang berkaitan dengan nikel.

Fungsi Nikel bagi Industri

Nikel merupakan salah satu bahan mineral yang sangat dibutuhkan oleh banyak industri. Mengutip dari https://indihome.co.id/, di antara fungsi nikel adalah sebagai bahan dari stainless steel. Yang mana nantinya memiliki kelebihan tahan karat. Garpu, sendok, dan segala peralatan dapur tahan karat adalah contohnya.

Nikel juga bisa berfungsi sebagai pembuat koin uang. Bahkan uang logam pecahan Rp1.000 yang kita miliki mengandung nikel. Tandanya lebih berat, tapi terlihat lebih bagus dan berharga. Itu karena kandungan nikel di dalamnya.

Berikutnya adalah ketika nikel dan besi baja disatukan, maka memiliki kekuatan yang jauh lebih baik dari besi baja yang dicampur dengan alumunium. Maka nikel sangat dibutuhkan di dunia otomotif, karena akan menghasilkan rangka yang bagus dan tidak mudah rusak.

Nikel juga berfungsi sebagai pengantar panas yang cukup baik. Maka bisa dimanfaatkan untuk material kawat. Terutama untuk turbin pesawat. Ditambah lagi sifatnya yang tahan karat membuat nikel dibutuhkan di banyak sektor.

Tapi satu fungsi nikel yang kini viral adalah bahan utama pembuatan baterai. Yang menarik baterai dari nikel memiliki kemampuan bisa diisi ulang. Tidak sama dengan baterai yang umum kita jumpai zaman dulu.

Prospek Nikel ke Depan

Nah karena nikel menjadi bahan utama dari pembuatan baterai yang bisa diisi ulang, maka disinilah jawaban bagaimana prospek nikel ke depan. Karena kebutuhan akan adanya baterai cukup tinggi. Mari kita pilah satu persatu.

Yang sudah eksis kehadirannya adalah smart phone atau gadget lainnya. Hp pintar semakin ke sini hadirkan baterai dengan daya tahan yang cukup besar. Tidak cukup hanya 4000 MAh, tapi sudah 5000 ke atas sehingga kebutuhan semakin tinggi.

Kedua adalah laptop, bagaimanapun laptop adalah kebutuhan yang tidak bisa dihindarkan dari dunia industri. Posisinya semakin penting. Sedangkan baterai adalah komponen cukup penting. Maka nikel lebih dibutuhkan lagi.

Tapi yang paling berpengaruh terkait prospek nikel ke depan adalah hadirnya kendaraan listrik. Kendaraan listri adalah sesuatu yang baru. Jadi belum banyak permintaan baterai sebelumnya. Tapi kemudian akan muncul motor listrik, mobil listri, hingga helicopter mini listrik.

Di sinilah mengapa nikel menjadi komoditas yang paling dicari di masa depan. Karena semua serba listrik. Terutama yang berkaitan dengan mesin penggerak. Bahan bakar cair akan berganti perlahan-lahan ke baterai. Prospek nikel ke depan cukup bagus.

sahamhijau.com

Indonesia Prospek Nikel Dunia

Di samping aspek kebutuhan yang tinggi, masih ada faktor lain pendorong prospek nikel ke depan khususnya dari Indonesia. Yaitu isu perubahan iklim yang gencar disuarakan. Bencana perubahan iklim memang nyata.

Saya yang tinggal di Pekalongan sudah melihat sendiri bagaimana air laut sudah meluap padahal belum datang musim hujan. Maka perubahan ke energi yang lebih ramah lingkungan harus disegerakan. Isu baterai akan jadi sentimen utama.

Di sisi lain, Indonesia adalah penghasil nikel terbesar di dunia. Ini sudah bukan rahasia lagi. Sehingga isu holding baterai selalu hangat dibahas. Isu ini sampai melambungkan saham ANTM karena pernah disentil oleh Elon Musk terkait bahan baterai di Indonesia.

Maka saham-saham berkaitan dengan tambang nikel menjadi buruan. Bukan hanya sebatas prospek yang cerah, sudah di depan mata. Suatu waktu akan ada permintaan besar tapi stok menipis, maka harga nikel akan tinggi.

prospek nikel ke depan
pixabay.com

Saham Tambang Nikel

Nah bagi Anda investor saham, tentu prospek nikel yang demikian bagus tidak bisa dilewatkan begitu saja. Terutama dengan berinvestasi di salah satu saham-saham pilihan di bursa.

Yang paling terkenal adalah ANTM, walapun sebenarnya emiten yang satu ini bukanlah murni penghasil nikel, ada emas dan tambang lainnya. Ada juga INCO dan VALE, dua emiten ini juga cukup menarik.

Kami sudah pernah membahas saham tambang nikel lengkap di sini. Namun menurut kami masih ada satu saham tambang nikel yang bisa jadi perhatian, yaitu DKFT. Memang saham ini sering rugi, tapi secara inti usaha memang fokus di nikel.

Semua kembali kepada pilihan Anda. Sentimen nikel akan menjadi salah satu isu panas yang akan kita hadapi di tahun-tahun mendatang. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Copas Ya