Prospek Saham CCSI | Kebutuhan Tinggi Fiber Optik

Prospek saham CCSI sangat banyak yang mempertanyakan. Terutama karena perusahaan bernama  Communication Cable Systems Indonesia Tbk (CCSI) baru melantai di bursa pada tahun 2019. Oleh sebab itu belum banyak yang tahu rekam jejaknya.

Kami SahamHijau.com ingin mengulasnya berdasarkan informasi yang beredar. Kami hanya merangkum dan mengamati pergerakan CCSI selama beberapa waktu. Sehingga bisa melihat bagaimana analisa fundamental dan analisa teknikal CCSI. Semoga bermanfaat.

Profil Perusahaan Cable Systems

Communication Cable Systems Indonesia Tbk sebenarnya merupakan perusahaan yang sudah cukup lama di Indonesia, berdiri pada tahun 1995, kemudian beroperasi pada tahun 1996. Artinya sudah lebih dari dua dekade.

Fokus usahanya yaitu memproduksi dan menjual kabel fiber optik telekomunikasi. Di Indonesia kami belum menemukan perusahaan yang sangat fokus di bidang ini. Dengan fokus yang tidak banyak, prospek saham CCSI bisa diandalkan.

Ingat saham MARK yang hanya fokus pada sarung tangan, ketika pandemi datang harga saham perusahaan ini melejit cukup tajam. Begitu pula dengan CCSI yang sangat fokus pada perkabelan telekomunikasi.

Jika ingin tahu website resminya bisa dikunjungi di sini.

Analisa Fundamental CCSI

Analisa fundamental CCSI yang kami buat adalah berdasarkan rasio-rasio pokok yang ada dari laporan perusahaan berdasarkan website IPOT. Perusahaan ini stabil menghasilkan laba, bahkan di kala pandemic tahun 2020, hingga kuartal tiga menghasilkan 14.7 milyar.

Memang kalau dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada kuartal yang sama menghasilkan 41.6 milyar. Artinya tahun berat tersebut hanya menghasilkan laba setengahnya. Tapi menurut kami sudah cukup bagus dibandingkan perusahaan lainnya yang bahkan rugi.

Sehingga ROE perusahaan ini di tahun sebelumnya mencapai 16%, tapi di tahun 2020 hanya 4.47%. Angka ini sebenarnya cukup istimewa. Perusahaan yang mampu menghasilkan Return on Equity di atas 10% di bursa saham tidaklah banyak. Sebagai gambaran, AUTO yang di otomotif saja sekitar 5-6%.

Yang juga cukup menarik adalah hutang perusahaan ini, rasio DER hanya 0.3. Ini cukup bagus. Padahal rata-rata di masa pandemic perusahaan berada di angka 1, atau bahkan memiliki hutang di atas ekuitasnya.

Dengan kata lain perusahaan ini baik-baik saja, sehat dan layak menjadi objek investasi bagi Anda yang mencari perusahaan dengan harga saham yang belum mahal.

Kelemahannya adalah PER di angka 15x (IPOT). Ini sudah tergolong standard, bukan perusahaan yang cukup murah. Artinya valuable tapi bukan emas di tengah ladang sawah pasar saham.

Analisa Teknikal CCSI

Nah prospek saham CCSI selanjutnya akan dilihat dari analisa teknikal CCSI. Memang saham ini baru direlease pada Juni 2019. Semenjak itu saham ini memiliki grafik yang tidak terlalu mencurigakan, naik turunnya standard.

Hanya turun drastis ketika covid datang. Itu semua saham mengalami. Oleh sebab itu secara teknikal bisa dikatakan, minim tercolek bandar. Maklum usaha kabel fiber optik sepertinya sulit mengalami kenaikan drastis keuntungan. Semua pelan-pelan.

Artinya kalau dari teknikal, sampai dibuatnya tulisan ini secara psikilogis masih ngambang, mau dibuat naik atau turun. Harga psikologis sahamnya di angka 230-an.

Jadi kalau menemukan di bawah angka tersebut sangat potensial untuk naik. Kalau ingin tahu apa itu harga psikologis saham bisa dibaca di sini.

Kesimpulan kami kalau melihat analisa saham CCSI modelnya tanpa supir, sepertinya belum ada bandar besar yang menggoyang. Tentu salah satu sebabnya tidak ada sentiment drastic yang mengatrol. Jadi kalau investasi di sini harap sabar ya. Naik turunnya pelan.

Tapi kalau ada sentiment positif sedikit, prediksi kami bisa terbang, atau longzor dengan lebih cepat. Karena kapitalisasi pasarnya kecil, di bawah 500 milyar. Jadi kalau ada dana besar masuk akan kegoyang.

prospek saham ccsi

Dividen Saham CCSI

Menurut kami ini yang paling menarik dari saham CCSI, meskipun baru masuk ke bursa, tapi sudah menghargai investor dengan cara membagikan dividen. Di tahun 2020, perusahaan ini membagikan dividen tahun 2019.

Nilainya persaham Rp7.5, ketika itu yield dividennya sekitar 2.7%, lumayan. Untuk para investor ini ada uang tunggu. Bandingkan dengan saham-saham lain yang baru masuk, rata-rata pelit dividen. Tapi CCSI justru sudah membagikan dividen. Saham baik hati.

Kalau ingin saham dengan dividen yang lebih besar, ada MPMX, kami sudah pernah ulas di sini.  

Prospek Saham CCSI 2021 2022

Menurut kami kabel fiber optic akan banyak dibutuhkan di era yang akan datang. Terutama untuk kebutuhan jaringan internet. Anda pasti pernah melihat iklan Telkom Indiehome yang menggaungkan kabel fiber optik, atau operator lain.

Semua sekarang menuju penggunaan kabel tersebut karena dianggap sebagai pengantar yang cukup bagus dengan kecepatan tinggi. Dan patut menjadi catatan, belum semua menggunakan kabel fiber tersebut.

Nah pengguna internet saja di Indonesia terus tumbuh. Artinya kebutuhan penggunaan produk CCSI akan semakin tinggi. Mungkin gangguan terjadi kalau Indonesia gemar impor, seperti baja yang klepek-klepek. Hehehe.

Sehingga secara tidak langsung prospek saham CCSI 2021 atau di masa yang akan datang bagus. Paling tidak akan menyentuh harga normalnya di kisaran 500.

Kesimpulan Review Saham CCSI

Kesimpulan kami akan review saham CCSI adalah saham ini cukup bagus untuk investor jangka menengah atau jangka panjang. Apalagi ada dividend. Dengan PBV masih sekitar 0.7 masih valuable.

Tapi kalau ternyata turun hingga PBV 0.5, saran kami sikat aja. Tapi kalau untuk trader, saham ini tidak cocok, transaksinya tidak begitu ramai. Plus naik turunnya tidak kencang. Paling cocok untuk para investor.

Related Posts

3 thoughts on “Prospek Saham CCSI | Kebutuhan Tinggi Fiber Optik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *