Prospek Saham CLEO | Analisa Jangka Panjang

Prospek saham CLEO menurut kami patut dicermati. Hal ini karena masa depan adalah persoalan air minum. Sedangkan CLEO sejak awal mula fokus dalam bidang yang paling dibutuhkan umat manusia tersebut.

Oleh sebab itu kami akan mengulas beberapa hal penting terkait prospek saham CLEO. Di antaranya adalah saham CLEO bergerak di bidang apa, analisa fundamental saham CLEO, analisa teknikal, riwayat dividen CLEO, dan rekomendasi saham CLEO dari kami.

Saham Cleo Bergerak di Bidang Apa?

Nama aslinya PT. Sariguna Primatirta, ini merupakan perusahaan AMDK, atau orang mengenalnya dengan air minum dalam kemasan. Pasti banyak yang tahu merek air minum CLEO dengan Daniel sebagai brand ambasadornya.

Makas saham CLEO bergerak di bidang consumer good, atau produk yang banyak dibutuhkan masyarakat. PT Sariguna Primatirta kemudian memiliki nama beken Tanobel, yang sebetulnya merujuk kepada keluarga Tanoko. Sekarang dikenal memiliki channel youtube yang begitu aktif.

Analisa Fundamental CLEO

Untuk melihat lebih jauh bagaimana prospek saham CLEO secara jangka panjang, maka akan lebih mudah memperhatikan analisa fundamental CLEO yang dimulai dari aspek laba perusahaan.

201750.2B
201863.3B
2019130.8B
2020132.8B
ipot

Menurut kami cukup bagus sekali. Setiap tahun ada kenaikan pendapatan. Bahkan di tahun 2020 di mana bisnis begitu perat karena masa pandemi covid-19, CLEO mampu menghasilkan laba yang jauh lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

ROE 201716.84%
ROE 20189.96%
ROE 201917.06%
ROE 202014.84%
ipot

Bahkan jika dilihat dari ROE, analisa fundamental saham CLEO masih cukup bagus. Rata-rata bisa menghasilkan 15%, ini cukup bagus sekali. Bisa dibandingkan dengan perusahaan lain di IHSG yang rata-rata biasanya di angka 6-10% saja.

DER 20171.22
DER 20180.31
DER 20190.62
DER 20200.47
ipot

Bahkan dari sisi hutang pun memiliki rasio yang masih sangat baik. Rata-rata di angka 0.5. Kami pernah mendengar prinsip Bapak Tanoko di channel Youtube miliknya, bahwa jangan sampai hutangnya besar. Nanti susah. Beberapa perusahaannya terbukti tidak goyah di era krisis, seperti kisah cat Avian.

Kami cukup mengambil tiga rasio saja untuk menggambarkan baik buruknya emiten. Jika ingin tambahan rasio lain bisa melakukan analisa fundamental saham CLEO lebih mendalam. Menurut kami secara garis besar fundamental CLEO cukup bagus. Masuk pada grade A.

prospek saham CLEO
pixabay.com

Analisa Teknikal CLEO

Analisa teknikal CLEO menurut kami saham ini bukan termasuk gorengan yang berkolestelor, pergerakannya masih dalam batas kewajaran. Naik turunnya halus, juga ramai ditransaksikan.

Namun demikian di harga saat kami membuat tulisan ini Rp452, harganya sudah memiliki rasio 5.7 dibanding nilai bukunya. Apakah ini sudah kemahalan, menurut kami dengan kualitas fundamental yang sudah kami jelaskan di atas, harga demikian sudah standard.

Tinggal pasar menentukan mau dinaikkan atau diturunkan. Caranya mudah, apakah ada akumulasi besar pada harga tersebut atau tidak, kalau tidak ada, kemungkinan turun lebih besar. Sekilas kami melihat saham ini lumayan lama di angka 450-an.

Kalau secara harga psikologis, saham ini di angka 400, di bawah ini kemungkinan naik besar, di atas ini kemungkinan turun besar. Oleh sebab itu menurut kami sabar saja menunggu. Kecuali bandarnya sudah tidak sabar.

Prospek Saham Cleo

Berbicara prospek saham CLEO secara bidang usaha, menurut kami cukup cerah. CLEO memiliki diversifikasi produk yang cerdas. CLEO memiliki kemasan-kemasan yang sangat atraktif. Kami pernah menikmati AMDK botol, tapi kecil sekali, manis.

Belum lagi PT. Sariguna Primatirta juga memiliki produk Super O2, yaitu air mineral dengan kandungan oksigen yang tinggi. Ada juga S-Tube, yaitu es batu yang banyak dibutuhkan masyarakat. Artinya secara jangka panjang prospek saham CLEO cukup bagus.

Analisa Jangka Panjang

Tapi kalau Anda bertanya Prospek saham CLEO dalam arti kata analisa jangka panjang secara harga, menurut kami masih kalau dengan ADES yang memiliki rasio PBV di angka 1.6x. Artinya untuk meraih capital gain dalam jangka panjang, kami meyakini tidak begitu besar.

Oleh sebab itu bagi Anda investor jangka panjang, menurut kami prospek capital gain masih kalah dengan tetangganya. Namun semua kembali kepada Anda.

Riwayat Dividen Saham CLEO

Prospek saham CLEO dari sisi dividen menurut kami biasa. Bukan tipe yang royal membagikan dividen semacam MPMX, atau BJBR. Saham ini tergolong biasa, bahkan menurut kami cenderung pelit. Maaf ya.

Di tahun buku 2019, dividen saham CLEO absen dibagikan dengan alasan untuk ekspansi dan lain sebagainya. Maklum 2020 tahun cukup berat. Tapi perusahaan untungnya lumayan lho. Masa tidak dibagi. Hehehe.

Baru-baru ini atau tahun buku 2020, dividen saham CLEO dibagikan, tapi kok dikit amat ya, perlembarnya hanya mendapatkan Rp2.5 perak. Padahal harganya sekarang Rp450-an. Artinya satu persen saja tidak ada. Tolong pertimbangkan ya.

Rekomendasi Saham

Dalam sudut pandang kami prospek saham CLEO secara usaha, perusahaan, cukup menjanjikan, kinerjanya bagus, fundamental stabil. Bukan saham kaleng-kaleng untuk para investor di pasar modal.

Tapi kalau berbicara prospek saham, baik secara capital gain atau dividen, saham ini kurang bagus. Menurut kami hanya cocok untuk para trader saja yang menikmati naik turun dalam jangka waktu singkat.

Tapi semua kembali kepada Anda. Ini hanya sudut pandang kami dalam melihat prospek saham CLEO secara jangka panjang. Website resmi CLEO di sini.

Related Posts

One thought on “Prospek Saham CLEO | Analisa Jangka Panjang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *