Prospek Saham Elsa | Stagnan Tapi Potensial

Prospek saham ELSA selalu dinanti. Perusahaan ini dikenal sebagai anak usaha dari Pertamina. Sehingga secara nama cukup dikenal luas. Transaksinya di pasar modal juga ramai dan sering menjadi pusat perhatian para investor dan trader.

Kali ini kami akan mengulas beberapa tema terkait saham ELSA, terutama ELSA bergerak di bidang apa, prospek saham ELSA, analisa fundamental saham ELSA, analisa teknikal saham ELSA, dan rekomendasi dari kami terhadap saham ini. Semoga bermanfaat.

ELSA Bergerak di Bidang Apa?

Jika ada pertanyaan ELSA bergerak di bidang apa, maka jawabannya adalah menguasai bidang jasa minyak dan gas. Sektor ini salah satu yang cukup bergengsi di bursa, serta pemainnya tidak banyak. Di sinilah menurut kami yang menarik.

Secara spesifik perusahaan bernama lengkap PT Elnusa Tbk, di mana memiliki empat jasa utama. Pertama, jasa proses data geofisik. Biasanya memetakan data geofisika di Indonesia.

Kedua jasa pengeboran migas. Yaitu terkait peralatan, sekaligus pengadaaan dan provisi. Ini perusahaan besar di mana mengoperasikan modular Rig. Ketiga, pengelolaan lapangan minyak. Terutama fasiltas seperti pipa, fasilitas produksi, dan pendukung lainnya.

Terakhir adalah jasa pendukung seperti data dan telekomunikasi. Dari empat kompetensi ini, ELSA dikenal sebagai perusahaan besar, sehingga prospek saham ELSA cukup menarik di tahun-tahun selanjutnya.

Pemegang Saham ELSA

Ada tiga kelompok pemegang saham ELSA. Yang pertama cukup dominan adalah Pertamina hingga mencapai 40-an persen. Tidak cukup sampai di situ, dana pension pertamina juga memegang saham hingga sekitar 15 persen.

Terakhir adalah masyarakat yang mengambil porsi sisanya. Di sinilah prospek saham ELSA menjadi perhatian. Pertamina berani menjadi pemegang saham terbesar, diikuti dengan dana pensiun pertamina. Secara analisa sederhana, perusahaan ini bagus.

Mari kita lihat lebih lanjut di analisa saham ELSA, baik secara fundamental atau teknikal. Website resmi Elnusa bisa diklik di link ini.

Analisa Fundamental Saham Elsa

Untuk melihat prospek saham ELSA maka lebih baik melihat analisa fundamental saham ELSA terlebih dahulu. Menurut kami meskipun ini perusahaan besar, namun kalau dari sisi fundamental bisa dikatakan stagnan.

Laba perusahaan ini tidak rutin naik. Hanya naik turun saja di angka yang relatif tidak jauh berbeda. Kami sajikan data dari ipot.

TahunLaba
2018276B
2019356B
2020249B

Dari data yang disajikan terlihat di satu sisi bahwa perusahaan ini tahan pandemic karena masuk di kategori energi. Di sisi lain juga memperlihatkan kalau laba tidak tumbuh.

Tapi di sisi lain kalau melihat komposisi hutangnya justru dalam tiga tahun terakhir konsisten tumbuh. Nah ini yang menjadi pertanyaan besar. Kok bisa demikian, bisa dilihat dari tabel rasio hutang di bawah ini.

TahunDER
20180.71
20190.90
20201.02

Jika pertumbuhan hutang disertai dengan pertumbuhan laba, itu artinya tidak masalah, perusahaan sedang ekspansi, tapi kalau pertumbuhan hutang tidak disertai pertumbuhan laba, itu yang menjadi pertanyaan besar.

Di sisi lain kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba juga tidak istimewa. Menurut kami hanya cukup baik, tidak istimewa. Rasionya hanya di angka antara 6-10%. Oleh sebab itu bisa dikatakan berada pada kategori cukup.

TahunROE
20188.3%
20199.9%
20206.6%

Paling menarik dari sisi analisa fundamental saham ELSA adalah dari PER. Menurut kami sisi inilah yang patut dipertimbangkan, yaitu harga dibanding dengan keuntungan. Masih di kisaran 10.

TahunPER
20189x
20196x
202010x

Terlihat angkanya cukup istimewa. Tidak banyak perusahaan besar dengan kapitalisasi pasar hingga 2 triliun dengan angka PER secantik ini. Oleh sebab itu jika Anda seorang investor bisa mempertimbangkan prospek saham ELSA secara capital gain.

Analisa Teknikal Saham ELSA

Sisi fundamental ELSA begitu menggambarkan teknikal saham ELSA. Sejak tahun 2008 hingga tulisan ini dibuat pada tahun 2021, posisi harga saham seperti ayunan yang naik turun begitu saja. Yaitu antara 200-600 rupiah. Pernah naik sedikit, pernah turun lebih sedikit.

Entah kenapa investor tidak begitu bersemangat dengan saham yang satu ini hingga tidak menemukan pola yang cukup fantastis. Bisa dikatakan saham ini bukanlah saham gorengan, karena harganya mengikuti fundamental.

TahunPBV
20180.7
20190.6
20200.6

Meskipun rasio harga dibanding nilai bukunya cukup bagus, tapi tidak membuat saham ini diburu. Inilah sisi paling perlu dijadikan pertimbangan. Harga psikologis saham ini berada di angka 320. Di atas itu bisa kemungkinan turun, di bawah itu bisa kemungkinan naik.

Menurut kami cara bermain di saham ELSA cukup mudah, tunggu satu titik di mana harganya turun hingga di angka 250-an, kemudian jual di angka 300-an atau bahkan 500-an. Di saham kuncinya hanya soal sabar saja. Teknikalnya menunjukkan demikian.

Dividen ELSA

Sisi positif lainnya dari saham ELSA adalah dividen yang diberikan rutin. Emiten yang satu ini memiliki riwayat cukup istiqomah dalam memberikan dividen. Meskipun jika bicara angka memang tidak istimewa. Beberapa angka kami bulatkan untuk disajikan dalam tabel.

TahunDividenRp
20181.3%5
20193.9%9
20203.5%12

Menurut kami angka ini sudah cukup baik. Dividen ELSA bisa menjadi bayaran waktu tunggu untuk kenaikan harga saham ELSA. Angkanya bahkan lebih besar dari bank-bank besar di Indonesia. Lumayan.

prospek saham elsa

Prospek Saham ELSA

Kalau bicara prospek saham ELSA, maka kami melihat cukup cerah. Ini saham memiliki sifat seperti ANTM yang dulunya naik turun seperti ayunan. Sampai kemudian menemukan sebuah momentum, yaitu baterai.

ELSA kami yakin demikian. Terutama dari isu. Saham ini minim katalis dari media. Minyak bisa dikatakan begitu-begitu saja. Naik turun, tapi tidak pernah naik mencekam seperti komoditas emas. Sehingga sulit menemukan sisi terbaik.

Apalagi isu minyak sedang tidak bagus. Energi yang satu ini mulai terancam dengan baterai dengan isu yang lebih ramah lingkungan, serta memiliki biaya operasional yang lebih murah. Bahkan ada publikasi yang menyebut bahwa harga minyak $10 perbarel pada tahun 2050. Ini pukulan telak.

Hanya saja harga cukup bagus untuk menjadi objek investasi. Terutama dari sisi PER yang masih begitu kecil, sehingga prospek saham ELSA paling potensial berada pada capital gain di mana kemungkinan mencapai harga 450 sangat mungkin terjadi.

Rekomendasi Saham ELSA

Rekomendasi saham ELSA dari kami adalah beli saham ini jika berada di harga 200-an. Perusahaan ini cukup mapan. Serta layak menjadi objek investasi. Namun yang perlu hati-hati adalah, prospek saham ELSA cenderung menyusut karena terancam baterai.

Potensi paling besar dari saham ini hanyalah capital gain. Cocok bagi investor jangka menengah atau jangka panjang. Apalagi memiliki riwayat membagi dividen rutin. Tapi jika mencapai harga 500-an, saran kami dijual saja, karena potensi naiknya lagi kecil.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *