Prospek Saham KBAG | Multibagger Jika Pindah Ibu Kota

Prospek saham KBAG banyak ditunggu orang. Karena emiten di bidang properti ini akan terdampak langsung dari isu perpindahan ibu kota ke Kalimatan Timur. Namun seperti apa sebenarnya profil perusahan tersebut?

Oleh sebab itu kami akan mengulas prospek saham KBAG berdasarkan informasi yang beredar, analisa kami, serta website resmi, agar menjadi informasi yang ringkas serta menarik bagi para investor.

Saham KBAG Bergerak di Bidang Apa

Nama perusahaannya PT Karya Bersama Anugerah TBK. Ini bukan perusahaan terkenal secara nasional. Bahkan baru saja IPO di tahun 2020. Meski ada kantor di Jakarta, namun aktivitasnya banyak di Balikpapan.

PT. Karya Bersama Anugerah merupakan perusahaan yang bergerak di bidang properti. Utamanya adalah pengembang properti di Balikpapan. Sangat identik dengan kota tersebut. Karena itulah unik dan justru menarik.

Fokusnya adalah penyedia perumahaan untuk kelas menengah ke bawah dengan keunggulan utamanya adalah strategis. Di antaranya berada di Balikpapan Tengah. Kalau orang Kaltim kami yakin mengetahui. 

Website resminya bisa dikunjungi di sini. Anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkap tentang profil PT. Karya Bersama Anugerah Tbk.

Analisa Fundamental KBAG

Karena belum lama masuk di pasar modal, maka untuk analisa fundamental KBAG kami sajikan data di tahun 2020, terutama kuartal kedua dan kuartal ketiga. Dari sini bisa tergambar bagaimana analisa fundamental saham KBAG. 

Saham KBAG memiliki laporan yang cukup ciamik di kualtal II 2020, laba bersih tahun sebelumnya yang hanya 2.3 milyar menjadi 7.1 milyar. Padahal di tahun 2020 adalah masa suram sektor properti karena covid-19.

Di kuartal III tahun 2020 lebih ciamik lagi, naik sampai berlipat-lipat. Bahkan seingat kami banyak yang publikasikan dengan judul mirip. Serta di portal Kontan masuk advertorial dengan laba neto KBAG yang naik mencapai 1.738%, berlipat-lipat.

Lagi-lagi raihan yang sangat mewah. Ada apa kok bisa mencapai demikian?

Meskipun demikian kalau dilihat dari return on equity tidak terlalu istimewa. Menurut kami ratingnya rendah meski tidak buruk, yaitu di angka 2%-an. Dari sumber IPOT, kami melihat belum pernah melebihi angka 3%. Tentu biasa.

PER juga lumayan, di angka 20-an. Bagi kami yang bagus adalah di bawah 20, dan yang istimewa pasti dikeroyok di bawah 10. Tapi ada satu yang istimewa dari prospek saham KBAG, yaitu hutangnya yang minim, rasionya hanya 0.1 (DER).

Inilah yang membuat kinerja PT Karya Bersama Anugerah patut menjadi perhatian meskipun sahamnya berada di lapis tiga. Lebih jelas tentang lapis tiga bisa dibaca di sini. Secara fundamental tidak ada masalah besar, apalagi labanya yang cukup bikin ngiler di masa sangat sulit. 

Analisa Teknikal Saham KBAG

Sisi ini menurut kami yang sangat unik. Teknikal saham KBAG patut jadi perhatian khusus. Listing dari harga 180-an kemudian naik super gila hanya dalam waktu 3 bulan mencapai harga 400-an. Sudah hampir tiga kali lipat.

Tapi selepasnya digebug habis oleh para bandar, ritel takut, dibuang investor, sampai nina bobo di harga gocap. Waktunya hanya lima bulan. Sampai manajemen publikasi laba fantastis naik berlipat-lipat juga tidak goyah, tidak naik, tetap nina bobok. 

Kalau diperhatikan ini saham gorengan dengan kolesterol yang cukup tinggi. Meski secara fundamental bagus, tapi secara teknikal mengerikan sekali. Ciri saham gorengan bisa dibaca di sini.

Apalagi kapitalisasi pasarnya sangat kecil, di bawah 500 milyar, tepatnya kalau dari IPOT kami lihat 357 sekian milyar. Artinya dana kecil masuk bisa wuss, 100 juta saja keluar bisa longzor. Maka kalau ingin masuk saham ini hati-hati. 

Di harga gocap, saham KBAG memiliki PBV 0.9, masih murah jika dilihat dari saham gorengan lain yang seringkali sudah di atas 2. Jadi tidak kemahalan jika mengambil saham ini. 

prospek saham KBAG 2021

Prospek Saham KBAG 2021

Kalau bicara prospek saham KBAG, kami sangat tertarik sekali. Terutama karena fokusnya di Balikpapan. Properti di wilayah itu akan naik berlipat-lipat karena adanya perpindahan ibu kota baru. Inilah mengapa kinerja Karya Bersama Anugerah cukup bagus.

Sekadar pengetahuan, Balikpapan menjadi gerbang dari ibu kota baru. Ini mirip dengan Sidoarjo untuk Surabaya. Gambaran ringkasnya, untuk ke ibu kota baru pasti transit di Bandara Sepinggan. Belum lagi pelabuhan Balikpapan yang memiliki internasional direct call.

Prospek Saham KBAG berikutnya adalah sentimen ibukota akan panjang. Maksudnya berita tentang pembangunan, tentang Jokowi ke sana, atau Luhut survei akan menjadi sentimen yang prediksi kami lebih panjang dari berita Tesla di ANTM. Hehehe.

Selanjutnya langkah KBAG untuk listing di 2020 cukup tepat. Uang yang didapatkan untuk membeli lahan, atau istilahnya land bank yang nantinya dijual pada saat ibu kota baru mulai dibangun dan lain sebagainya.

Kalau ada pertanyaan apakah ibu kota baru benar-benar akan terealisasi, maka jawaban kami, mungkin iya mungkin tidak, karena berita terbaru meski anggaran di tahun 2021 belum muncul, tapi 2021 adalah persiapan perencanaan.

Yang jelas properti di sana harganya akan terus naik. Prospek saham KBAG cerah dari sudut pandang SahamHijau.com. 

SahamHijau.com

Kapan Saham KBAG Naik

Kalau ada pertanyaan kapan saham KBAG naik. Maka jawaban kami tergantung big money, karena dari pergerakannya, grafiknya, naik turunnya tidak teratur. Kecuali ritel bergotong royong bersama, tapi kemungkinan itu kecil sekali. Jarang ritel melirik saham seperti ini.

Namun karena secara fundamental cukup baik, pada 22 Maret 2021 sudah mulai terjadi akumulasi. Jual beli juga sudah mulai riuh. Meskipun besoknya kadang nilai transaksinya menurun. Artinya kemungkinan besar tidak begitu lama. 

Ketiga tergantung sentimen ibu kota. Kabar ibu kota masih kalah dengan covid. Maka belum ada yang bisa menggerakkan. Hanya saja covid sudah mulai sepi karena vaksin. Maka kemungkinan isu investasi adalah perpindahan pabrik dari luar negeri, dan ibu kota. 

Kapan saham KBAG naik berikutnya adalah dividen. Kalau perusahaan ini bagi dividen, kami yakin langsung bangkit dari kubur. Mengingat perusahaan berhasil meraih laba signifikan. 

Terakhir adalah laporan keuangan. Meskipun di tahun sebelumnya tidak terbukti, belum berhasil membangkitkan harga saham, tapi di tahun 2021, bisa jadi menjadi faktor pengungkit. Inilah jawaban kami kapan saham KBAG naik.

Analisa Bandarmologi

Jika melihat dengan teliti ada beberapa pergerakan yang mengindikasikan pola bandarmologi di saham ini. Pertama harga 50 di kolom offer selalu berjumlah 3 jutaan lot. Padahal setiap hari ada saja transaksi pembelian dalam jumlah lumayan, ratusan juta.

Meski sehari sebelumnya sudah berkurang jumlah lotnya menjadi dua juta, tapi esok harinya akan muncul 3 juta lagi di offer. Dalam dua bulanan polanya selalu demikian. Ini artinya Bandar sedang menahan harga agar terus di harga 50.

Karena secara psikologis ketika melihat ada offer sampai 3 juta, pasti malas membelinya. “Ah tidak mungkin naik, atau naiknya lama.” Padahal demikianlah pola bandar. Entah sampai kapan, kemungkinan menunggu momentum.

Kedua, terus dari mana selalu ada saham KBAG di harga 50 yang di offer 3 juta. Bisa jadi ada dua kemungkinan, bandar memang membeli di harga nego, entah 40, atau 45, jadi jual 50 masih untung. Atau barangnya memang sangat banyak.

Tapi ini hanya mereka-reka perbuatan bandar. Bisa jadi benar, bisa jadi salah. Kita sebagai ritel hanya perlu mengetahui saja. Kalau melawan, kayaknya butuh kekompakan, waktu, dan jumlah pengorbanan. Hehehe.

Rekomendasi Saham KBAG

Kalau rekomendasi saham KBAG dari kami adalah kenali psikologi investasi Anda. Kalau belum kuat di saham lapis tiga, jangan pegang saham ini. Apalagi trader pemula, cuma dimainkan saja. Tapi kalau sebagai investor, saham ini menjanjikan. 

Terutama karena fundamental masih baik, plus prospek saham KBAG yang cukup cerah dengan land bank yang banyak dari hasil IPO serta hutang minimalis. PBV masih 0.9. Tidak kemahalan. Apalagi kalau pakai uang beku. 

Tapi ingat, jangan sampai kami menyampaikan menjanjikan kemudian meletakkan seluruh portofolio Anda di satu keranjang ini. Ingat pesan Mbah Warrent Buffet. Apalagi tidak ada yang pasti di saham. Yang pasti beli saat yang lain membenci, jual saat yang lain menyukai.

Related Posts

One thought on “Prospek Saham KBAG | Multibagger Jika Pindah Ibu Kota

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *