Prospek saham MBSS ke depan patut dicermati, terutama setelah investor kawakan Indonesia, Lo Kheng Hong melepas sahamnya di emiten ini, bahkan berkomentar kinerja MBSS tidak begitu bagus (cnbcIndonesia.com).

Oleh sebab itu kami akan mengulas lebih jauh tentang prospek saham MBSS ke depan berdasarkan analisa fundamental, riwayat harga, serta rekomendasi kami kepada para investor atau trader agar menjadi bahan pertimbangan.

PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk

Nama lengkapnya PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk. Ini perusahaan yang masuk dalam grup Indika Energy, yaitu perusahaan yang lebih dikenal dalam sektor pertambangan. Mitrabahtera Segara Sejati memiliki kode di bursa MBSS.

Fokus MBSS lebih kepada pelayaran, sarana transportasi, khususnya jasa logistik, yaitu melayani perusahaan batu bara. Berdiri sejak 1994, perusahaan ini melantai di bursa pada tahun 2011.

Struktur pemegang sahamnya adalah Indika mencapai 51%, The China Navigation Co Pte ltd 25.68%, Lo Kheng Hong 5.79% (kini melepas), dan publik 17.75%. Nama Lo Kheng Hong kemudian akrab di pemberitaan dengan emiten ini dan menjadi salah satu sentimen tersendiri.

Menurut kami komposisi pemegang saham ini cukup ideal, terutama dengan adanya pengendali dari Indika Energy. Seolah ada yang menjamin bagusnya perusahaan transportasi laut ini.

Analisa Fundamental MBSS

Sebelum membahas lebih jauh prospek saham MBSS, maka kita akan mengulas terlebih dahulu analisa fundamental MBSS. Kami mengambil data dari IPOT dalam tiga tahun terakhir. Terutama dalam aspek laba rugi.

TahunLabaROE
2018-248.3 B-10%
201922.1 B0.92%
2020-221.4 B-9.56%
2021*973.9 M0.04%

Jika kita melihat data di atas, maka menurut kami benar kata Lo Kheng Hong, perusahaan ini tidak begitu bagus. Tahun 2018 merupakan salah satu tahun yang masih cukup bagus untuk batu bara. Namun anehnya justru melahirkan rugi yang cukup dalam.

Namun di tahun 2019, yang mana kondisi masih mirip dengan tahun 2018, meraup keuntungan cukup minim. Ini cukup aneh. Apalagi di tahun 2020, terjerembab begitu dalam. Kami belum mengerti faktor lebih detil apa yang bisa menguatkan kinerja emiten yang satu ini.

Karena dalam tiga tahun terakhir ROE belum pernah menyentuh di atas satu persen. Tentu ini rasio yang sangat kecil sekali. Bukan perusahaan yang efektif. Mari kita lihat dari sisi hutangnya.

TahunDER
20180.4
20190.27
20200.24
2021*0.18

Jika dilihat dari hutang, sebenarnya cukup bagus. Rasio hutang berbanding ekuitasnya sangat rendah sekali. Artinya tidak memiliki beban yang cukup tinggi. Hanya memang kinerjanya belum oke. Oleh sebab itu prospek saham MBSS perlu ditinjau lebih jauh.

Riwayat Teknikal Harga Saham MBSS

Dalam lima tahun terkahir, saham ini berada di harga psikologis 500 rupiah. Artinya di bawah itu ada potensi naik, di atas itu ada potensi turun. Uniknya adalah grafiknya tidak pernah menembus lebih dari angka 800-an dalam lima tahun terakhir.

Padahal kalau dilihat dari PBV, saham MBSS memiliki harga yang murah dibanding nilai bukunya. Di harga sekarang 655, PBV masih 0.5. Tapi perlu jadi catatan, bukan berarti harga sahamnya murah, karena kinerjanya tidak baik-baik saja.

Oleh sebab itu perusahaan ini belum menyentuh sesuai harga bukunya dalam lima tahun terakhir. Perlu diketahui, Lo Kheng Hong memborong ketika harga sahamnya berada di bawah PBV 0.5. Di kondisi dasar. Bukan sebatas PBV 0.5 berarti murah untuk saham MBSS.

Dari kontan.co.id kami dapatkan informasi bahwa investor kawakan tersebut membeli di harga 200-300 perlembar. Jadi ketika itu sangat bawah. Baca cara Lo Kheng Hong memilih saham di sini.

prospek saham mbss
pixabay.com

Analisa Saham MBSS

Kalau kita analisa saham MBSS lebih jauh, terutama dari laba sejak tahun 2015, ruginya jauh lebih banyak daripada laba. Artinya belum ada perubahan signifikan.

Bahkan jika melihat pendapatan kuartal pertama, untuk tahun 2021 hanya bisa meraih 1.9 Milyar. Ini masih cukup sedikit. Bisa dikatakan prospek saham MBSS biasa saja.

Apalagi meski batu bara masih sangat banyak yang membutuhkan, tapi bisnis ini secara global sedang mengalami sunset. Terutama karena banyak negara maju mulai mengkampanyekan energi baru dan terbarukan. Sehingga MBSS juga kemungkinan akan terkena imbas. Masa depan batu bara bisa dibaca di sini.

Prospek Saham MBSS ke Depan

Kalau bicara prospek saham MBSS ke depan, menurut kami tidak ada yang istimewa. Perusahaan pelayaran seperti MBSS umumnya memang jarang yang mendapatkan rasio laba fantastis berbanding ekuitasnya, biasa saja. Bisa dibaca perusahaan sejenis, yaitu SOCI di sini.

sahamhijau.com

Bahkan secara harga pun untuk naik lebih jauh dari Rp655 sedikit berat. Mungkin bisa naik lebih, tapi kalau konsisten naik, menurut kami tidak. Kecuali kinerjanya akan membaik.

Perlu menjadi perhatian, perusahaan pelayaran sangat minim sentimen dari luar, mungkin hanya persoalan harga bahan bakar. Jika murah, berarti biaya operasionalnya akan jauh lebih murah. Selebihnya sepi.

Justru yang lebih sering sentimen berasal dari internal, terutama kinerja dan dividen. Harga batu-bara yang naik pun kadang tidak begitu berimbas pada saham. Maka prospek saham MBSS sangat bergantung sentimen kinerjanya.

Rekomendasi Saham MBSS

Jika melihat prospek saham MBSS, maka menurut kami bukanlah objek tepat untuk investasi jangka panjang. Apalagi PER di saat tulisan ini dibuat sudah mencapai ratusan. Ini sudah mahal.

Namun demikian bagi yang trader, tentu ada kesempatan besar, terutama karena grafiknya naik turun. Tinggal dimanfaatkan momentum, apakah sedang murah, maka beli, untuk selanjutnya dijual ketika naik lagi. Biasanya dikenal sebagai swing trader. Bisa dibaca panduannya di sini.

Jika ingin informasi lebih lengkap dan valid maka bisa kunjungi website resminya di sini, https://www.mbss.co.id/. Semoga saham Anda selalu hijau.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *