Prospek Saham MPMX | Dividen Saratoga Style

Prospek saham MPMX selalu menjadi pertanyaan. Apalagi jika kita melihat ekonomi dalam dua tahun terakhir yang naik turunnya sulit untuk diprediksi. Oleh sebab itu saham PT. Mitra Pinasthika Mustika Tbk ini belum sesuai ekspektasi.

Tapi bagaimana sebenarnya prospek saham MPMX di tahun 2021 atau 2022? Inilah yang akan menjadi pembahasan utama kami. Mulai dari dividen MPMX, analisa saham MPMX, hingga kinerja MPMX di tahun 2020 sebagai bahan pertimbangan. 

MPMX Bergerak di Bidang

Banyak yang kebingungan, sebenarnya MPMX bergerak di bidang apa. Ini adalah perusahaan dengan nama asli PT. Mitra Pinasthika Mustika Tbk. Yang mana bisnis intinya adalah dalam bidang kendaraan.

Dari halaman website resminya disebutkan bahwa MPMX bergerak di bidang penjualan sepeda motor Honda di wilayah Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur. Outletnya lebih dari 40 dengan 283 diler. 

Kedua adalah bisnis sewa kendaraan. Sekarang kan banyak bank yang cuma nyewa, tidak pusing beli dan pajak. Nah ada juga suku cadang. MPMX juga menyuplai suku candang roda dua dan roda empat yang memiliki outlet jaringan hingga 7.600. Jadi cukup banyak. 

Kemudian ada bisnis finansial, terutama untuk pembiayaan seperti mobil, motor, dan lain sebagainya. Intinya berputar pada aspek otomotif. Bahkan dulu sempat memiliki usaha oli, tapi kemudian dilepas. Mungkin untuk efisiensi. 

Analisa Saham MPMX

Analisa saham MPMX yang pertama harus diperhatikan adalah jenis saham MPMX yaitu saham cylical. Yaitu saham yang mengikuti arus ekonomi secara makro. Jadi kalau makro ekonomi bagus sahamnya bagus, kalau makro jelek ya jelek. 

Saham demikian juga disebut dengan saham defensif. Alasannya, apapun kondisi ekonominya pasti barangnya tetap dicari, hanya volumenya akan menurun. Tidak sampai babak belur. Maka kalau kondisi ekonomi buruk, saham seperti ini jadi buruan. 

Analisa Fundamental Saham MPMX

Kalau berbicara masalah analisa fundamental MPMX, maka kita harus melihat jeroannya lebih dalam. Pengelolaan perusahaan ini sangat banyak dipengaruhi oleh Saratoga sebagai pemegang saham cukup banyak. Dan Saratoga punya riwayat cukup baik dalam memilih portofolio investasinya. 

Untuk MPMX memiliki fundamental yang menurut kami baik. Di antaranya adalah perusahaan ini rutin menghasilkan laba, hanya di tahun 2020 ada kerugian hingga kuartal ketiga mencapai sekitar 10 Milyar. Tentu karena saham Cylical, pasti sangat terdampak dengan pandemi.

Kedua dalam pengelolaan hutang juga tidak terlalu gila, rasionya 0.3 jika merujuk pada IPOT. Menurut kami ini angka yang bagus. Karena rata-rata di atas 0.5 rasio hutangnya.

Nah yang menurut kami biasa adalah ROE. Angka di perusahaan ini hanya di antara 5-9%. Perusahaan otomotif memang sangat padat modal tapi pendapatan standard.

Tentu kalau dibandingkan saham yang lain hal ini terbilang biasa. Apalagi jika dibandingkan perbankan, atau pertambangan. Keistimewaannya hanya rutin menghasilkan laba. Naik turunnya hanya persoalan labanya naik atau turun. 

Kesimpulannya, fundamental perusahaan ini mengikuti iklim ekonomi global. Kalau bagus pasti penjualan naik, terutama di sepeda motor Honda yang menjadi inti dari usahanya. Adapun lainnya mengikuti. Artinya untuk paska pandem prospek saham MPMX cukup cerah.

prospek saham mpmx
ilustrasi dari Pixabay.com

Analisa Teknikal MPMX

Kalau dari analisa teknikal MPMX menurut kami bukan jenis saham gorengan yang naik seringkali tanpa sebab, turun sesuka bandar. Naik turunnya saham ini halus. Pelan-pelan dengan angka psikologis di Rp600. 

Artinya di bawah itu kemungkinan naik besar. Di atas angka tersebut ada kemungkinan turun. 

Yang unik naik turunnya saham ini selalu karena tiga hal, pertama adalah kinerja, kedua dividen, ketiga adalah ekonomi global. 

Rumors sangat jarang membuat saham ini turun naik tidak karuan. Tapi kalau sudah mendekati pembagian dividen sahamnya akan dikeroyok. Kemudian turun. Atau ada pengumuman labanya turun, nilai saham langsung turun.

Pernah satu kali terjadi pembagian dividen super jumbo, satu lembarnya mendapat Rp480, ini setara dengan dividend yield 35,6%. Gila. Akibatnya sahamnya sampai puncak. Tapi setelahnya longzorrr teruz gan.

Memang saham MPMX punya riwayat bagus dalam dividen. Sehingga prospek saham MPMX patut menjadi pertimbangan.  

Dividen MPMX 2018 2019 2020

Menurut kami yang paling menarik dari prospek saham MPMX adalah dividen yang dimilikinya. Perusahaan ini mungkin satu-satunya yang royal membagikan dividen dengan jumlah yield yang cukup lumayan. 

Karena umumnya dividen besar hadir dari perusahaan-perusahaan tambang seperti PTBA dan lain sebagainya. Tapi saham MPMX memiliki pengecualian. 

Di tahun 2016, perusahaan ini membagikan 4.3% dari nilai perlembar saham. Di tahun 2017 nilainya merangkak naik menjadi 10.1%, cukup lumayan. Tapi di tahun 2018 nilai pembagian dividennya benar-benar gila, 34%. Woowowow.

Sedangkan di tahun terakhir 2019 dividen yang dibagikan 16.8%. Sudah sangat besar, bandingkan dengan dividen yang lain hanya di angka 5% saja.

Dividen MPMX 2021

Adapun dividen MPMX 2021 atau tahun buku 2020 lebih gila lagi. Yaitu Rp115 perlembar saham (www.cnbcindonesia.com). Itu artinya jika harga sekarang di 850-an, maka yield dividen sebesar 13%-an. Tentu ini wow sekali.

Kami menyebut demikian karena di tahun buku 2020 MPMX membukukan laba yang tidak jauh lebih besar dari sebelumnya, tapi membagi dividen justru lebih besar perlembarnya. Dari mana sumber dividen MPMX?

Ternyata dari laba di tahan. Sehingga DPR dividen MPXM mencapai 426%. Josss. Ini benar-benar Saratoga Style.

Masalah di Saham MPMX

Masalah utama di saham ini bukan pada aspek kinerja, tapi lebih kepada adanya aksi divestasi dari Morninglight Investment yang berada di Luxembourg. Sederhananya perusahaan tersebut sedang jual saham.

Kalau dari riwayat insider di stockbit, perusahaan ini sudah melepas sejak Desember. Jadi setiap hari jualan saja kerjanya. Sehingga saham bagus ini sulit naik. Padahal yang beli sudah banyak. 

Estimasinya sekitar 50.000 lot setiap hari. Berarti sekitar 2.5 Milyar setiap hari. Maka lihat saja daftar nilai foreign sell, asing jual, pasti lebih dari 2 Milyar setiap hari. Artinya sebenarnya dan seharusnya saham ini sudah waktunya naik. Tapi ditahan dengan aksi penjualan yang besar.

Nah kabar baiknya, penjualan ini pasti habis. Mungkin tinggal nunggu sebulan lagi. Selepasnya bisa terbang melayang to the moon. Prospek saham MPMX cukup bagus.

Kesimpulan Review Prospek Saham MPMX

Menurut kami saham ini layak menjadi objek investasi jangka panjang. Tidak hanya karena ketika dibuat tulisan ini harga saham masih di harga 525, tapi juga karena PBV masih 0.37. Sehingga layak untuk jadi investasi. 

Ditambah lagi dividennya yang sangat menggiurkan. Hanya kelemahannya investor sebelumnya masih terus buang saham. Jual terus, sehingga masih sulit naik dengan cepat. Alon-alon asal klakon mas. 

Kemungkinan untuk investasi jangka menengah 1 sampai 2 tahun, nilainya akan naik sampai 800-an. Saat ini diharga 500-an. Prospek saham MPMX menurut kami bagus.

Related Posts

8 thoughts on “Prospek Saham MPMX | Dividen Saratoga Style

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *