Prospek Saham POWR | Energi Listrik Dividen Super

Prospek saham POWR cukup menarik untuk kita ulas, namun sayangnya saham ini polanya jarang menyedot perhatian. Mungkin karena cukup stabil, tidak ada yang mengejutkan. Bagi kami ini tipe saham untuk hari tua. 

Oleh sebab itu akan kami ulas analisa fundamental saham POWR, bergerak di bidang apa, harga wajar saham POWR, analisa teknikal saham POWR, dividen POWR, hingga rekomendasi dari kami. 

POWR Bergerak di Bidang

Nama lengkapnya Cikarang Listrindo Tbk atau di papan saham dikenal dengan inisial POWR. Dari namanya kita mengetahui kalau POWR bergerak di bidang energi kelistrikan. Berdiri pada 1990, perusahaan ini cukup mapan. Tercatata di bursa pada tahun 2016.

Lokasinya di Jakarta, perusahaan ini menyuplai listrik ke kawasan industri dan perumahan. Kerjasama dengan PLN, bahkan sejak 1996 sudah mulai bekerjasama. Ini perusahaan yang mirip dengan KEEN, perbedaannya KEEN adalah renewable energy. 

Karakter perusahaan yang menyuplai energi biasanya cukup stabil dari usaha. Gejolak untung ruginya tidak membuat deg-degan. Hal ini pula yang menjadi daya tarik. Meski sahamnya di lapis dua atau saham lapis tiga, tapi cukup bagus untuk investasi. 

Analisa Fundamental Saham POWR

Cikarang Listrindo merupakan perusahaan yang cukup stabil dalam menghasilkan dalam setiap tahunnya. Di tahun 2017 mampu menghasilkan 1.5 triliun, sedangkan tahun berikutnya 1.1 triliun, kemudian di tahun 2019 mencapai 1.6 triliun.

Bahkan di tahun 2020 di mana masa yang cukup sulit, perusahaan ini mampu menghasilkan laba hingga kuartal 3 yaitu 725 milyar. Tentu bukanlah prestasi yang buruk. Penurunannya tidak tajam. Oleh sebab itu saham POWR tidak mengalami fluktuasi yang dahsyat, karena memang perusahaannya stabil.

Apalagi kemampuan menghasilkan laba dari ekuitasnya, juga tinggi di kisaran angka 13-18%, bahkan di tahun 2015 mampu menghasilkan sampai 23%. Cukup tinggi sekali. Artinya secara perusahaan efektif.

Mungkin dari sisi hutangnya saja yang patut diperhatikan, memang masih wajar, DER POWR di angka 1.01 di tahun 2019, di tahun 2020 hingga kuartal 3 masih 0.98. Namun biasanya kalau yang bagus stabil di bawah satu. 

Dari beberapa aspek ini, POWR bisa dikatakan merupakan perusahaan bagus, bahkan terbukti masuk di index KOMPAS100. Bisa dijadikan pilihan investasi.

Analisa Teknikal Saham POWR

Analisa teknikal saham POWR yang kami maksud adalah menganalisa grafik dari riwayat harganya. Saham ini bagi kami masuk di lapis kedua, bisa dibaca di sini tentang saham lapis dua atau second liner. Potensinya cukup besar.

Namun secara grafik tren justru turun dari awal kemunculannya di bursa. Mungkin faktor utamanya karena Cikarang Listrindo bukan perusahaan reneweble energy. Dari awal perusahaan ini menggunakan bahan bakar batu bara dan gas. Dan Isu lingkungan cukup tinggi semakin hari.

Oleh sebab itu secara teknikal menurun. Namun masih tidak disebut gorengan, hanya tren sedang turun saja. Apalagi labanya stabil, sehingga penurunannya pelan-pelan. 

Saham ini memang dikenal kalau turun lama, kalau naik juga lama, istilahnya kalau yang mengamati grafik seperti sisir setiap harinya, tiktok di harga 700-710, atau angka lain yang mirip. Begitulah.

Secara psikologis harga sahamnya di angka 1.000, atau PBV 1.5. Artinya kalau masih di bawah ini sahamnya memiliki potensi naik, di atas harga itu kemugkinan turunnya besar. Lebih lengkap tentang harga psikologis saham di sini.

prospek saham powr
pixabay.com

Dividen Saham POWR

Menurut kami ada satu aspek yang menarik dari saham ini, yaitu dividen saham POWR yang besar. Oleh sebab itu sahamnya sangat sulit turun di bawah PBV 1. Kalau diperbankan seperti BJBR.

Bayangkan untuk satu tahun riwayat dividen POWR selalu dibagi dua kali. Yaitu dividen interim yang biasanya dibagikan akhir tahun, dengan dividen final yang dibagikan di bulan April, Mei, atau Juni. 

Sehingga kalau ditotal rata-rata dividen yield bisa sekitar 7-9% untuk harga di bawah seribu. Model pembagiannya seperti ITMG. Yaitu dividen yang butuh kesetiaan. Kalau hanya untuk jual beli, trading, Anda cuma dapat dividen kecil, mungkin satu kali saja, tapi kalau dipegang erat, dividennya besar, dua kali.

Inilah mengapa harganya stabil, jarang yang melepas, plus sering disebut saham hari tua, karena rutin membagikan dividen dengan nilai yang besar. Rata-rata saham model ini memang harganya tidak terlalu fluktuatif. 

Prospek Saham POWR

Kalau bicara prospek saham POWR menurut kami cerah. Alasan kami sederhana, Cikarang Listrindo sejak tahun 2019 sudah akan masuk energy terbarukan, atau renewable energy. Beritanya di sini.

Tentu harus masuk, kalau tidak kalah dengan pesaing lain yang juga energy terbarukan model Kencana Energy Lestari atau nama di bursa sahamnya adalah KEEN. 

Kedua harga sahamnya masih di angka 700-an ketika tulisan ini dibuat, PBV-nya 1.1, masih cukup murah dengan dividen yang begitu besar. Artinya masih ada potensi naik hingga 1.300-an.

Ketiga, bisnis energi adalah bisnis yang sangat padat modal, tapi tenang. Modalnya besar, untungnya besar, pelanggannya stabil, semua butuh listrik. Apalagi POWR berada di kawasan industri yang memiliki kebutuhan tinggi, pemasukan dari sektor ini sekitar di atas 70%.

Ingat kebutuhan listrik semakin hari semakin naik, pembangunan di mana-mana untuk energi listrik. Bahkan perusahaan-perusahaan batu bara masuk ke usaha ini. Artinya cerah.

Rekomendasi Saham POWR

Rekomendasi kami untuk prospek saham POWR adalah demikian. Jika Anda trader, saham ini tidak cocok. Naik turunnya seperti sifut, yang lelet, pelan tapi pasti. Capital gainnya kecil dan lama.

Jika Anda seorang investor, maka saham ini patut menjadi pegangan, ditambah deviden yang ciamik, harganya yang tidak terlalu fluktuatif, saham ini bisa dijadikan investasi jangka panjang. 

Semua kembali kepada Anda, website resmi POWR di sini, selamat cuan. Salam Hijau.

Related Posts

One thought on “Prospek Saham POWR | Energi Listrik Dividen Super

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *