Prospek Saham TOWR | Kinerja Wow Harga Wah

Prospek saham TOWR patut kita perhatikan. Alasan utamanya, saham di sektor ini sedang mendapatkan momentum, terutama di masa covid-19 dan setelahnya. Era komunikasi digital menjadi semakin tinggi dan kencang.

Oleh sebab itu kami akan mengulas beberapa aspek penting dari saham Sarana Menara Nusantara. Di antaranya adalah analisa fundamental, analisa teknikal, prospek saham TOWR, dan rekomendasi dari kami agar bisa menjadi pertimbangan para investor.

Saham TOWR Bergerak di Bidang

Kami akan menjelaskan sekilas tentang seluk beluk saham TOWR. Nama lengkapnya adalah Sarana Menara Nusantara. Dari hal ini diketahui kalau saham TOWR bergerak di bidang penyediaan tower untuk kebutuhan operator telekomunikasi dan lain sebagainya.

Sektor ini sedang tumbuh sangat signifikan. Terutama di era internet seperti sekarang. Setiap operator ingin menyediakan sambungan jaringan yang bisa menjangkau di banyak pelosok nusantara. Di sinilah tower memiliki peranan sangat penting.

Pemegang Saham TOWR

Sarana Menara Nusantara adalah kelompok grup Djarum. Orang mengenalnya di rokok, namun grup ini kini melebar ke banyak sektor, terutama di digital. TOWR menjadi salah satu portofolionya.

Dari situs resmi bursa Indonesia, tertulis pemegang saham TOWR yang paling dominan adalah PT. Sapta Adhikari Investama sebanyak 52% lebih, yang lain dipegang masyarakat dan personal dengan jumlah kecil-kecil. Menurut kami komposisi ini cukup ideal bagi investor. Ada pemegang saham dominan. Artinya perusahaan ini diandalkan.

Analisa Fundamental Saham TOWR

Untuk melihat lebih jauh bagaimana prospek saham TOWR, maka kita akan melakukan analisa fundamental terlebih dahulu. Data kami bersumber dari IPOT. Kami ulas tiga tahun ke belakang. Pertama adalah laba rugi.

20182.2T
20192.3T
20202.8T

Bisa terlihat bagaimana cukup mengagumkan emiten yang satu ini. Terutama laba di tahun 2020. Padahal tahun tersebut adalah tahun yang paling berat bagi banyak emiten di pasar modal. Tahunnya virus.

Tapi prospek saham TOWR di tahun 2020 justru cukup ciamik. Ini pertanda bagaimana kualitas usaha Sarana Menara Nusantara cukup bagus. Mari kita analisa fundamental saham TOWR lebih jauh lagi.

20181.86
20192.16
20202.36

Menurut kami aspek DER cukup jadi perhatian. Karena angkanya terus tumbuh dan melebihi angka 2. Bagi kami di DER di atas dua akan mempengaruhi aspek pendapatan emiten tersebut. Karena ada beban Bunga dan lain sebagainya yang harus ditanggung. Mari kita lihat sisi ROE.

201827.39%
201926.73%
202027.85%

Menurut kami inilah kelebihan utama dari saham TOWR. Kemampuan menghasilkan laba dari ekuitasnya cukup istimewa. Angka di atas 20% di bursa adalah angka yang sangat jarang bisa dicapai emiten.

Oleh sebab itu emiten ini menjadi salah satu buruan paling menggiurkan. Labanya top, ROE joss, hanya DER yang patut digarisbawahi. Namun memang layak diinvestasikan.

Analisa Teknikal Saham TOWR

Saham ini memiliki kapitalisasi pasar yang lumayan besar, mencapai 60-an triliun di harga 1.200-an. Oleh sebab itu tidak mudah untuk menggerakkan menjadi saham gorengan. Ini memang bukan saham jenis itu.

Alur naik turunnya teratur dan terus membentuk garis kenaikan yang stabil. Bahkan selepas covid justru semakin naik lebih kencang. Di harga seperti sekarang PER-nya masih lumayan.

201815.99x
201917.53x
202017.26x

Mungkin hanya faktor PBV yang menjadi perhatian. Sudah di angka 5.7x lebih. Itu artinya sudah lima kali harga bukunya. Menurut kami saham dengan kualitas demikian memang banyak yang dihargai lebih dari 3x.

Analisa teknikal saham TOWR menurut kami memiliki harga psikologis di 1000. Artinya di atas itu ada kemungkinan turun, jika di bawah harga ini kemungkinan untuk naik cukup besar. Pertanyaannya apakah mungkin turun lagi.

prospek saham towr

Prospek Saham TOWR

Kalau berbicara prospek saham TOWR menurut kami sangat cerah. Antara pemain dan kebutuhan di sektor masih belum seimbang. Kebutuhan akan menara telekomunikasi sangat tinggi. Sedangkan penyedia tidak banyak.

Teknologi ke depan juga akan lebih banyak membutuhkan menara pemancar. Sekarang menurut kami baru permulaan. Teknologi nirkabel akan semakin banyak. Inilah mengapa saham TOWR mendapatkan keuntungan yang melimpah di era sekarang. secara prospek cukup cerah.

Ke depan beberapa operator telekomunikasi lebih cenderung menyewa tower daripada memelihara sendiri. Terbaru di bulan MEI 2021, Indosat sudah menjual menaranya sebanyak 2000-an kepada perusahaan PT. EPID Menara Assetco. Begitu juga yang lain.

Harga Wajar Saham TOWR

Kalau melihat prospek saham TOWR yang cukup cerah di masa yang akan datang, maka mengukur harga wajar saham TOWR tidak bisa menggunakan nilai bukunya. Sudah pasti di atas nilai bukunya. Tidak bisa pula pakai hitung-hitungan. Kemauan pasar akan perusahaan demikian sangat tinggi.

Di bursa saham demikian selalu berada di atas dua dari nilai bukunya. Tapi kalau harga wajar saham TOWR menurut kami berdasarkan pengalaman berada di angka 5x harga bukunya. Saat sekarang ini sudah price in. 1200.

Rekomendasi Sarana Menara Nusantara

Dari sudut pandang manapun prospek saham TOWR cukup cerah. Hanya saja jika ingin investasi maka bisa dipilih emiten lain yang harganya paling murah dibandingkan emiten tower yang lain. Selain TOWR ada TBIG yang juga dihargai tinggi, PBV 6.7-an.

Adalagi yaitu BALI yang khusus menangani wilayah BALI dan sekitarnya, PBV paling rendah, masih sekitar 1. Kami pun masuk di BALI meskipun transaksinya sepi sekali. Hehehe. Namanya juga usaha.

Namun jika Anda ingin yang sudah mapan di pasar modal, TOWR memang pilihannya. Semua kembali kepada Anda sebagai investor di pasar modal. Semoga prospek saham TOWR ini bisa jadi bahan pertimbangan Anda. Website resmi Sarana Menara Nusantara di sini.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *