Prinsip Raditya Dika Main Saham | Kelucuan Berganti Cuan

Raditya Dika main saham, sudah bukan rahasia lagi. Ia merupakan seorang comedian yang memutuskan untuk tidak banyak di dunia hiburan dan membiayai hidupnya di masa depan melalui investasi saham. 

Walaupun ia gemar memberikan edukasi saham kepada publik, namun Raditya Dika bukanlah seorang yang dikenal promosikan sebuah saham, pompomers. Ia justru banyak berbagi melalui channel youtubenya. 

Radutya Dika seringkali dikatakan sebagai tokoh yang bijak, sehingga pola Raditya Dika main saham banyak yang mengekor. Ia mampu mempelajari saham dengan baik dan memberikan banyak edukasi tentang saham kepada publik. 

Edukasi – edukasi seperti itu memang dibutuhkan oleh banyak pemula saham yang ingin belajar namun tidak berdasarkan buku melainkan melalui video youtubenya. Kami sajikan beberapa cara Raditya Dika main saham dari beragam sumber.  

Main Saham dan Perencanaan Keuangan

Kehebatan Raditya Dika main saham ditunjukkan mulai dari hal – hal kecil. Jawaban atas kesuksesannya dalam saham kali ini tentunya karena ia memiliki pondasi yang kuat yaitu perencanaan keuangan. 

Ia mengatakan bahwa berinvestasi tanpa perencanaan keuangan adalah hal yang salah. Anda juga perlu ingat bahwa investasi saham bukanlah mainan yang bisa dimainkan secara bebas dalam satu waktu saja. 

Perencanaan keuangan yang paling kecil ialah menentukan uang tersebut akan digunakan untuk apa dalam kurun waktu 5 tahun ke depan. Anda juga harus memiliki alasan yang kuat mengapa memilih emiten saham tersebut, bukan atas dasar ikut – ikutan semata.

Dengan kata lain cara Raditya Dika investasi saham diawali dengan memilah komposisi keuangan dengan sangat baik. Jadi jangan asal main saham jika tidak memiliki perencanaan keuangan yang bagus. 

Raditya Dika Tidak Menunda Investasi 

Pelajaran dari Raditya Dika main saham yang selanjutnya bisa kita contoh ialah tidak menunda masuk ke pasar modal ketika sudah memiliki pengetahuan. Mulai sejak dini memang penting, namun alangkah baiknya jika anda mengetahui kondisi medan perang sebelum mulai peperangan bukan? 

Raditya Dika mengatakan bahwa waktu terbaik untuk berinvestasi adalah saat ini karena kelak harga saham akan terus melonjak. Misalnya seperti tahun 2008 dimana ekonomi Indonesia mengalami krisis, orang–orang yang sudah paham dengan investasi pasti memilih menghabiskan uangnya untuk investasi. 

Hal ini terjadi karena ketika sudah keluar dari krisis, semua harga saham akan melonjak drastis dan membawakan keuntungan. Contoh jelas bagi yang investasi ketika covid mencekam, sekarang mereka memanen. 

Raditya Dika Memahami Medan dengan Baik

Raditya Dika investasi di saham juga bisa dicontoh dalam aspek memilih jalan investasi yang benar. Maksudnya ialah raditya Dika tidak pernah tersesat saat berinvestasi karena ia mengetahui seluk beluknya. 

Berbeda dengan kebanyakan investor baru, mereka tergoda membeli saham dan menjualnya secara cepat yang mana namanya ialah trading, bukan investasi. Kalau mau belajar banyak bisa baca terus website ini ya, sahamhijau.com, hehehe. 

Banyak orang yang tidak mengerti tentang perbedaan antara investasi, trading, saving, dan gambling. Mereka tergoda dengan keuntungan yang seringkali dipamerkan oleh investor lain sehingga masuk ke pasar modal hanya karena ikut – ikutan. 

Bahkan tak jarang mereka malah berjudi atau bermain atas dasar tebak – tebakan dan keberuntungan. Ini adalah pangkal dari kerugian. Anda harus memahami sisi fundamental. Pahami analisa saham di sini

Tidak Lelah Belajar Main Saham

Kehebatan Raditya Dika di saham yang harus kita contoh ialah selalu merasa kurang akan ilmu dan terus ingin belajar. Walaupun ia sudah mendapatkan berbagai kesuksesan di usia yang terbilang muda, Raditya Dika tetap ingin belajar mengenai saham agar ia tidak mengulangi beberapa kesalahan kecil di kemudian hari.

Kebiasaan baik belajar seperti itu perlu kita praktikkan dalam kehidupan ini. Anda harus terus belajar untuk beberapa tujuan baik, misalnya seperti menemukan celah baru untuk mengambil keuntungan di pasar modal. 

Jangan sampai berhenti belajar dan merasa sombong atas ilmu yang dimilikinya yaa. Jika anda berlaku demikian maka cepat atau lambat kerugian dan kegagalan akan datang, maka teruslah rendah hati dan belajar. Inilah cara Raditya Dika main saham yang bijak. 

raditya dika main saham

Paham Risiko dengan Sangat Baik

Kehebatan Raditya Dika main saham selanjutnya ialah memahami resiko investasi dengan baik. Seharusnya Anda merasa heran ketika berinvestasi dengan keuntungan yang tinggi namun resiko rendah, itu adalah hal yang ganjil di dalam dunia investasi loh. 

Quote

Investasi saham selalu berprinsip high risk high return yang mana artinya antara keuntungan dan kerugian sama besar. Bisa dibaca lengkap risiko bermain saham di sini.

Mempelajari risk profile dari setiap perusahaan sangatlah bagus dan membuat anda siap memilih emiten. Jangan lupa juga untuk menaruh uang pada banyak lubang, 

maksudnya jangan berinvestasi hanya pada satu sektor melainkan beberapa sektor. Jika anda hanya berinvestasi di satu sektor, maka resiko mendapatkan kerugian bisa sangat besar.

Berbeda jika anda menaruh investasi di 3 sektor berbeda seperti consumer goods, kesehatan, dan tambang. Jika sektor kesehatan sedang anjlok, maka anda tetap memiliki keuntungan dari sektor consumer goods dan tambang. Hal yang sama pun berlaku pada sektor yang lainnya.

Demikian beberapa prinsip Raditya Dika main saham yang bisa kami sampaikan kepada Anda. Semoga bisa menjadi manfaat dan diambil pelajaran dari cara Raditya Dika investasi di saham. Channelnya bisa dikunjungi di sini.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *