Saham BFIN | Kelebihan dan Kekurangan BFI Finance

Saham BFIN atau dikenal dengan BFI Finance bisa dikatakan sebagai salah satu favorit di sub sektor keuangan. Hal ini karena transaksinya ramai, dan perusahaan ini memang cukup terkenal di Indonesia sebagai jasa pembiayaan yang mapan.

Oleh sebab itu kami ingin mengulas lebih lengkap, apa kelebihan dan kekurangan dari saham BFI Finance yang bisa dijadikan bahan pertimbangan bagi kita para investor atau trader yang ingin mendapatkan cuan di pasar modal. Semua rasio kami lihat di saat harga saham BFIN Rp1.070.

Profil BFI Finance Indonesia

PT BFI Finance Indonesia Tbk berdiri pada tahun 1982, namanya adalah PT Manufactures Hanover Leasing Indonesia. Jadi awal mulanya ini perusahaan kongsi antara perusahaan leasing dari Amerika dan pemegang saham di Indonesia.

Kini sudah berganti nama menjadi BFI Finace di mana memiliki 217 kantor cabang dan 57 gerai yang tersebar di 33 provinsi. Jadi memiliki hampir di semua provinsi Indonesia. Oleh sebab itu tergolong perusahaan sangat besar.

Kelebihan BFI Finance

Kami sudah mengulas beberapa perusahaan leasing, tapi BFI berbeda karena jenis usahanya sangat luas. Pertama bisa sebagai pembiayaan modal kerja. Bahkan bisa untuk kebutuhan konsumtif seperti renovasi rumah.

Kedua pembiayaan sales lease back, yaitu untuk pembelian mesin atau alat berat yang baru atau bekas untuk menunjang usaha. Bahkan termasuk alat-alat kesehatan.

Ketiga yaitu pembiayaan tanpa agunan, terutama untuk kebutuhan pendidikan, perjalanan wisata. Terakhir adalah unit syariah yang memenuhi kebutuhan keuangan sesuai dengan prinsip syariah.

Menurut kami inilah sisi yang paling menarik dan menjadi kelebihan utama. Dengan keluasan cakupan usaha, maka potensi untuk mendapatkan keuntungan sangat besar.

Profitabilitas BFI Finance Tinggi

Dipandang dari segi apapun, profitabilitas BFIN cukup tinggi. Kami mengutip data dari RTI pada waktu tulisan ini dibuat (7/01/2022), kami sajikan melalui tabel agar lebih jelas.

OPM69.58%
NPM41.71%
ROE20.32%
ROA8.73%

Bisa dibandingkan dengan emiten di sektor pembiayaan lainnya seperti WOMF, CFIN, atau bahkan ADMF, maka masih tergolong cukup tinggi dan efektif. Inilah mengapa banyak yang menyukai emiten yang satu ini.

Pengendali Sosok Yang Kredibel

Salah satu yang membuat yang membuat perusahaan ini cukup apik adalah pengendalinya dikenal cukup lihai, yaitu PT Trinugraha Capital & Co. Ini merupakan konsorsium besar miliki Jerry Ng dan Garibaldi Thohir.

Porsinya cukup besar, sampai 48% lebih. Sehingga dengan hadirnya dua sosok tersebut, tentu saja menjadi salah satu jaminan kunci dari keberhasilan pengelolaan BFIN Finance di masa datang.

saham bfin

Kelemaham Saham BFIN

Memang BFIN merupakan saham bagus, namun bukan berarti tanpa kekurangan. Menurut kami secara valuasi sudah bukan barang murah. Tergolong harganya sudah sedikit mahal. Bisa dilihat dari beberapa rasio berikut.

PBV1.99x
PER13.07x
Price to sales3.67x

Kalau dari sisi ini, maka dibandingkan dengan saham sejenis lainnya, masih ada yang jauh lebih murah. Seperti WOMF dengan PBV 0.6x, atau ADIRA dengan PBV 0.9x, bahkan jika dibandingkan dengan rasio lainnya juga tergolong lebih.

Dividen Rutin Tapi…

Ada satu aspek dari saham BFIN yang mungkin cocok sisi kelemahan, juga sisi kelebihan, yaitu dividen. BFIN dikenal sebagai pembagi dividen yang rutin dengan pola dua kali dalam setahun. Biasanya di bulan Desember dan satu lagi bulan Juli.

Namun demikian secara garis besar, angka dividen yang dibagikan cenderung standard. Sebagai catatan, BFIN memiliki DPR di kisaran 25%. Oleh sebab itu secara yield tidaklah besar.

Contoh di tahun 2022, di mana pada tahun 2021 bulan Desember membagikan dividen interim sebesar Rp7, kemudian membagikan dividen final pada Juli sebesar Rp10. Sehingga ditotal sebesar Rp17 persaham. Maka yield akan kecil.

Tapi jika keuntungan membesar, tentu saja dividen yang dibagikan juga akan besar. Oleh sebab itu kami sebut hal ini sebagai kelebihan sekaligus kekurangan.

Inilah beberapa aspek kelebihan dan kekurangan saham BFIN yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan bagi teman-teman yang ingin mendapatkan saham leasing terbaik. Website resmi BFIN di sini.  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Copas Ya