Saham CIMB Niaga | BNGA Unik Tapi Menarik

Saham CIMB Niaga adalah fenomena di tahun 2022. Karena kinerjanya di tahun 2021 cukup ciamik dan berpengaruh pada harga saham yang terus menanjak. Belum lagi guyuran dividen yang bisa dikatakan cukup besar untuk ukuran bank.

Oleh sebab itu kami tertarik untuk mengulasnya lebih jauh agar menjadi bahan pertimbangan bagi kami sendiri, juga bagi Anda yang sedang mengincar saham-saham di sektor perbankan. Kami sajikan analisa fundamental dan lain sebagainya.

PT Bank CIMB Niaga Tbk

PT Bank CIMB Niaga Tbk merupakan bank tua yang didirikan pada tahun 1955 dengan langkah-langkah cukup strategis. Di  antaranya pada tahun 1987 merupakan bank lokal pertama yang menggunakan ATM.

Bahkan di tahun 2004 juga sudah menjalankan bisnis berbasis syariah, Unit Usaha Syariah, di saat yang lain belum hadir. Bisa dikatakan langkah-langkah yang dilakukan menarik perhatian hingga sekarang.

Bahkan menurut kami layanan digitalnya juga menggeliat dengan baik. Memiliki 427 jaringan kantor cabang, 3.563 ATM, dengan aplikasi yang juga menarik, menurut kami ini salah satu bank swasta pilihan.

Pemegang Saham

  • CIMB Group Sdn Bhd – 91.48%
  • Public dll – 8%

Seperti umumnya bank, ada satu pengendali yang sangat besar. Danamon degan MUFG Jepang, dan CIMB Bank yang diakuisis oleh CIMB Group Holdings yang merujuk kepada britama.com merupakan entitas yang dimiliki oleh pemerintah Malaysia.

Analisa Fundamental Saham CIMB Niaga

Untuk melihat lebih jauh kualitas saham CIMB Niaga, maka kita akan menelisik analisa fundamental. Data kami kutip dari IPOT pada saat artikel ini dibuat. Kami hadirkan dalam beberapa aspek penting tertutama kemampuan menghasilkan laba.

TahunLabaROE
20193.6 T8.42%
20202.0 T4.90%
20214.1 T9.45%

Yang menarik dari tabel di atas adalah kemampuan normal menghasilkan laba dari bank ini cukup bagus, di atas 8%, bahkan di tahun 2020, di mana bank terpukul, juga mampu di atas 4%. Mirip dengan bank pemerintah seperti BNI yang di tahun 2021 juga di angka 8.6%.

Kita lihat dari sisi analisa khusus perbankan di tabel bawah ini, kami himpun dari laporan kuartal 3 tahun 2021 berdasarkan laporan investor.id

CAR22.7%
LDR74.4%
Rasio CASA61.3%
NPL Gross3.51%
NPL Net1.17%
investor.id

Perlu diingat, CAR adalah rasio kecukupan modal dalam menghadapi risiko. Nilai minimu standar adalah 8%. Di atas itu sehat. CIMB Niaga memiliki nilai yang cukup bagus. Begitu juga dengan rasio CASA, yaitu dana murah dari pihak ketiga, rasionya cukup bagus di atas 60%.

Nah kalau melihat bank, ada rasio khusus yang perlu jadi perhatian, yaitu Non Profit Loan (NPL), atau kredit macet, semakin kecil semakin bagus. BBCA adalah rajanya di kisaran 2.4% (September 2021). Sedangkan CIMB, masih oke berada di kisaran tersebut.

Oleh sebab itu kalau dari beberapa aspek penting di atas, menurut kami masih tergolong bank bagus. Kinerjanya cukup oke.

Analisa Harga Saham

HargaPERPBV
1.1206.8x0.64

Seperti saham perbankan besar lainnya, apalagi saham CIMB Niaga memiliki kapitalisasi pasar hingga 27.9 T, maka pergerakannya halus. Selalu mengikuti kinerja fundamental perusahaan. Fundamental oke, harga saham naik.

Namun demikian, entah kenapa dari dulu saham CIMB Niaga selalu dihargai dibawah nilai bukunya, bahkan meskipun PER di bawah angka 10, tetap tidak begitu menarik perhatian. Ini yang harus diwaspai.

Sehingga perputaran harga sahamnya secara psikologi berada di angka 800-1.500. Anda perlu perhatikan angka ini jika ingin membeli, menjual, atau mencicil saham CIMB Niaga.

saham cimb niaga

Prospek ke Depan

Bicara prospek bank ke depan, menurut kami pilihannya dalam layanan saja, semakin bagus di aspek digital atau tidak. Sebagai gambaran, CIMB Niaga mengalokasikan hingga 60% belanja modal untuk IT.

Menurut kami jika kinerjanya tetap dipertahankan, dengan layanan digital yang bagus, maka tidak menutup kemungkinan akan menjadi perhatian besar dunia perbankan swasta lainnya.

Riwayat Dividen

2022Rp94.07
2021Rp44.06
2020Rp55.39
2019Rp27.93
website cimb

Satu hal yang menurut kami keunggulan saham Bank CIMB Niaga dibanding bank swasta lainnya adalah persoalan dividen. Yield lumayan besar jika dibandingkan dengan bank lain.

Contoh di tahun buku 2021 yang dibagikan pada April 2022, Bank CIMB Niaga membagikan sebesar Rp94.07 atau yield dividen sekitar 8%. Ini setara bank daerah seperti BJBR yang pernah kami ulas di sini.

Rekomendasi Saham CIMB Niaga

Menurut kami ini bank yang memiliki pertumbuhan menarik. Meskipun tidak melonjak drastis, tapi sangat stabil. Kelebihan lainnya adalah dividennya yang cukup lumayan.

Maka jika Anda tipe investor sejati, saham ini cocok jadi pilihan bahkan untuk simpanan hari tua. Jika berada di bawah harga 1.000, sangat menarik. Semua kembali kepada Anda. Jangan lupa analisa lebih jauh agar mendapatkan pandangan yang lebih baik. Artikel ini diproduksi oleh sahamhijau.com.

Website resmi Bank CIMB Niaga bisa dilihat di sini.  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Copas Ya