Saham Clipan Finance CFIN Patut Diwaspadai

Saham Clipan Finance atau yang berkode CFIN adalah salah satu pusat perhatian investor karena ada Lo Kheng Hong di dalamnya. Biasanya saham yang dimasuki investor kawakan tersebut memiliki kulitas yang bagus.

Oleh sebab itu kami akan mengulas saham CFIN, mulai dari analisa fundamental, analisa harga saham, prospek ke depan, hingga keunggulan yang dimilikinya agar menjadi bahan pertimbangan para investor.

PT Clipan Finance Indonesia Tbk

PT Clipan Finance Indonesia Tbk merupakan perusahaan leasing yang berdiri pada tahun 1982. Ini merupakan anak usaha Bank Panin Indonesia, bahkan logonya pun mirip. Oleh sebab itu cukup kuat.

Adapun untuk usahanya fokus dalam pembiayaan mobil, baik mobil baru atau mobil bekas. Juga pembiayaan alat berat. Jadi berbeda dengan leasing lainnya yang biasanya kombinasi antara motor dan mobil.

Pemegang Saham

  • PT Bank Pan Indonesia Tbk – 51.48%
  • BBH Luxembourg – 8.23%
  • Lo Kheng Hong – 5.16%
  • Public -35.13%

Dari data di atas kita bisa mengetahui bahwa komposisinya cukup ideal, bahkan pengendali mengempit hingga di atas 50%. Tentu yang paling menarik adalah Lo Kheng Hong di mana biasanya sudah menganalisa saham secara mendalam.

Analisa Fundamental Saham Clipan Finance

Untuk lebih jauh membahas saham Clipan Finance, kita akan melihat sisi fundamentalnya, terutama kemampuannya dalam menghasilkan laba. Data kami kutip dari IPOT dalam empat tahun ke belakang.

TahunLabaROE
2018305.1 B7.02%
2019361.6 B7.68%
202046.6 B0.98%
2021* (9 M)74.6 B1.55%

Jika melihat angka di atas, maka ketika normal, kemampuannya menghasilkan laba berada di angka 7%, stabil dalam dua tahun. Angka ini tergolong bagus, meskipun tidak istimewa. Karena kalau lihat pesaing seperti ADMF berada di atas 10%.

Bahkan ketika pandemi, CFIN tidak sampai merugi. Ini pencapaian yang sudah oke untuk perusahaan keuangan. Oleh sebab itu masih tergolong menarik. Kita periksa sisi hutangnya.

TahunDER
20181.55
20191.58
20201.30
2021* (9 M)0.62

Yang unik adalah hutangnya justru menurun di tahun 2021. Nah menurut kami hal ini yang tidak dimiliki oleh para pesaing. Rata-rata justru tetap, atau tinggi. Bahkan untuk sekolah ADMF berada di atas 1. Sisi kelebihan lain dari saham Clipan Finance adalah cash yang lumayan, 529.9 B.

Menurut kami dari analisa di atas, saham CFIN tergolong bagus, hanya belum bisa bangkit dari pandemi. Masih mencoba bergerak lebih leluasa lagi.

Analisa Harga Saham CFIN

Yang paling menarik menurut kami adalah harga saham CFIN, terutama dari book value, masih sangat murah sekali. Mungkin inilah yang menyebabkan Lo Kheng Hong masuk.

HargaPBVPER
Rp2460.2x13.20x

Tapi patut diingat juga, dalam sejarah, PBV CFIN selalu berada di bawah 0.5. Artinya angka ini bukanlah angka yang mengejutkan. Berputar-putar di situ saja.

Menurut kami faktornya dua. Pertama, meskipun laba yang didapatkan lumayan, tapi CFIN belum memiliki riwayat membagi dividen dalam beberapa tahun ke belakang. Beda dengan beberapa pesaing seperti ADMF dan BFIN.

Kedua, untuk pendapatan juga tidak mengalami peningkatan yang signifikan, hanya standard saja, ROE selalu di kisaran 7%. Jadi untuk apresiasi lebih tinggi sulit.

saham clipan finance
pexels.com

Prospek Saham Clipan Finance 2022 ke Depan

Menurut kami tahun 2022 adalah kebangkitan untuk otomotif paska pandemi. Hal ini dibuktikan dengan penurunan penarikan mobil di kuartal pertama tahun 2022. Dari kontan.co.id, Clipan Finance hanya menarik 854 unit mobil senilai 75 milyar. Padahal tahun sebelumnya sampai 1.384 unit dengan nilai 126 milyar.

Kedua, Clipan Finance dikenal lihai dengan promosi-promosi pembiayaan. Iklannya memang cukup gencar. Bisa dikatakan 2022 akan menjadi titik balik.

Ketiga, fokusnya di mobil, baik baru atau bekas cukup menguntungkan. Karena pembelian mobil akan kembali menggeliat di tahun 2022 setelah sebelumnya terpuruk.

Rekomendasi Saham Clipan Finance

Secara kualitas, saham Clipan Finance tidak perlu diragukan. Bahkan sudah terbukti dengan masuknya Lo Kheng Hong sebagai pemegang saham.

Namun demikian bagi investor ritel seperti kita, maka perlu memperhatikan teknikal harga saham. Terutama jika di bawah Rp250. Menurut kami masih oke untuk diakumulasi. Paling tidak dalam satu tahun.

Ingat dengan cara cicil. Strategi cicil saham bisa dilihat di sini.

Tapi jangan pernah lupa untuk melakuka analisa lebih jauh secara mandiri. Karena apa yang kami tulis tidak bisa lepas dari unsur subjektif, dan juga hanya sekilas analisa. Website resmi Clipan Finance di sini. Artikel ini diproduksi oleh sahamhijau.com.  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Copas Ya