Saham Dividen Terbesar | Ada yang 30%-20%-10%

Saham dividen terbesar merupakan dambaan setiap investor di pasar modal. Istilahnya, saham pensiun. Yaitu menikmati pensiun tanpa kerja dengan dividen yang melimpah setiap tahun. 

Yang kami sajikan bukan indeks high dividen 20. Tapi yang menurut kami daftar saham dividen terbesar. Yaitu saham-saham yang memberikan dividen yield terbesar, yang kami ambil terutama di atas 5%. 

Dividen Saham

Bagi yang belum mengetahui, dividen saham merupakan pembagian hak dari keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada para pemegang saham. Pembagian ini tergantung jumlah lembar saham. Biasanya satu lembar saham mendapatkan sekian rupiah.

Dividen saham merupakan salah satu keuntungan yang diidamkan selain capital gain. Biasanya orang kaya yang berinvestasi mendambakan ini. Karena jumlah uangnya besar. Contoh investasi satu milyar, maka kalau dividennya 7%, akan mendapatkan 70 juta setahun. 

Nikmat bukan. Bagi yang ingin tahu dividen saham dan jenisnya kami sudah mengulas lengkap di sini. Kini saatnya kami sajikan saham dividen terbesar, baik dari saham blue chip dengan dividen terbesar, atau bahkan saham lapis dua dengan dividen yield tertinggi. 

Yield Dividen Terbesar 

Yang kami sajikan berikut ini angkanya di atas 20%. Ini merupakan saham yang cukup menarik untuk dipegang di hari tua. Tinggal kipas-kipas jika memegangnya. 

Dividen Saham MFMI

Ini juga saham yang jarang dilirik. Yaitu Multifiling Mitra Indonesia, ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengarsipan. Tidak banyak yang bergerak dalam sektor ini.

Yang menggiurkan adalah deviden yield terbesar yang dibagikan. Dengan model dua kali pembagian, interim dan final, total dividen untuk tahun buku 2019 mencapai Rp264..

Atau jika dihitung dari harga saham ketika itu di cum date sekitar Rp845, maka tergolong yield dividen tertinggi dengan nilai mencapai lebih dari 30%. Gila.  Angka ini tentu bisa berubah dari tahun ke tahun. 

Yield Dividen Tertinggi

Yield Dividen Tertinggi yang kami maksud adalah di atas 10%, angka ini cukup fantastis jika masuk di pasar modal. Belum tentu juga dalam setahun trading mendapatkan angka demikian. 

Dividen Saham MLPT

Ini merupakan salah satu dari Lippo Grup. Di mana bergerak dalam sektor teknologi. Tidak banyak perusahaan yang bergerak di sektor ini di IHSG. Nama lengkapnya Multipolar Technology. 

Saham MLPT tergolong sebagai salah satu saham dividen tertinggi. Di tahun buku 2019 mampu membagikan dividen yield tertinggi di angka sekitar 16% di harga saham Rp820. Wow cukup tinggi. 

Dividen Saham PTBA

Masih dari sektor pertambangan, yaitu batu bara. PTBA atau Bukit Asam, merupakan BUMN yang juga dikenal sebagai perusahaan dengan dividen yield tertinggi. Tidak biasanya BUMN demikian.

Emiten ini sering membagikan lebih dari 80% keuntungan, seperti di tahun buku 2019 yang mencapai 90%. Kira-kira di tahun tersebut mencapai 13%, wow. Saat itu harga saham kisaran (2.300-an) Ini merupakan salah satu saham dividen yield terbesar yang patut dipegang. 

Dividen Saham BJBR

Saham dividen tertinggi selanjutnya dari sektor perbankan. BJBR atau bank Jawa Barat. Bank daerah memang dikenal gemar membagikan dividen dengan yield yang cukup besar.

Biasanya yang dibagikan lebih dari 60% laba. Sehingga kalau dihitung, seperti tahun 2020, setiap pemegang saham akan mendapat sekitar 10% dengan harga saham ketika itu sekitar 900-an. Wow, sepuluh tahun uang sudah berlipat dua hanya dari dividen. Analisa lengkap BJBR di sini.

Dividen Saham MPMX

Ini sahamnya Sandiaga Uno, atau Saratoga Investama. Bergerak dalam bidang otomotif, yaitu distributor merek Honda di wilayah Indonesia Timur. Cukup menjanjikan dan menurut kami saham yang cukup prospek karena harganya masih di bawah.

Yang membahagiakan dari saham ini adalah dividen yield terbesar yang dimiliki. Pada tahun buku 2019, MPMX berhasil membagikan divididen sekitar 14% dari nilai perlembar ketika itu sebesar Rp605. Wow guede ya. Analisa lengkap MPMX di sini.

Dividen Saham HEXA

Nama lengkapnya adalah Hexindo Adiperkasa. Yaitu perusahaan yang bergerak di bidang alat berat. Sepi kabar. Plus juga sahamnya jarang diburu. Harganya juga stabil, soalnya jarang yang mau melepas.

Di tahun buku 2019, HEXA membagikan 80% dari laba bersih. Tergolong saham dividen terbesar. Dividen yield HEXA sekitar 14% di harga saham Rp3.690. Cuma tujuh tahun portofolio kita sudah naik dua kali lipat karena dividen.

Dividen Saham DMAS

Saham ini cukup ramai diperdagangkan. Disamping karena harganya di bawah lima ratus, dividen yield tertinggi juga diberikan. Sektornya adalah properti yang fokus pada real estat, dan lain-lain. 

Tapi pola dividen DMAS dibagi dua kali, ada dividen interim dan dividen final. Untuk tahun buku 2019, DMAS termasuk saham yang membagikan dividen yield terbesar hingga mencapai sekitar 11.29% jika diakumulasi dalam dua kali pembagian. 

saham dividen terbesar

Saham Dividen Terbaik

Beberapa saham dividen terbaik di bawah ini memang di bawah 10%, tapi memiliki riwayat sering membagikan, oleh sebab itu kami sebut dengan saham dividen terbaik. Apalagi angka antara 5-10% sudah cukup bagus. 

Dividen Saham ITMG

Namanya Indo Tambangraya Megah, atau kode sahamnya ITMG. Dikenal sebagai salah satu saham blue chip dengan dividen terbesar. Bergerak di sektor pertambangan, yaitu batu bara. 

ITMG dikenal royal membagikan dividen dari keuntungan, di tahun 2020, atau tahun buku 2019 membagikan sampai 75% keuntungan. Total dividen yield yang dibagikan 7.04%. Ini merupakan salah satu saham dividen terbesar.

Dividen Saham BJTM

Saudara dari BJBR adalah BJTM, yaitu Bank Jawa Timur yang ternyata juga memiliki riwayat cukup memuaskan dalam membagikan dividen. Termasuk golong dividen yield tertinggi.

Membagikan sekitar 50%-an dari laba, saham ini mampu memberikan dividen yield terbesar dengan nilai sekitar 8.9% pada tahun buku 2019. Ketika itu harga sahamnya di kisaran 540-an. 

Dividen Saham VINS

Mungkin yang jarang ngulik saham lapis tiga tidak mengetahui saham ini. Namanya Victoria Insurance, bergerak dalam sektor keuangan. Saham ini harganya di sekitar 80-120. Mau bagi dividen pasti naik.

Di tahun buku 2019, VINS membagikan dividen di atas 60% dari keuntungan. Nilainya Rp9.5. Ketika itu harganya di sekitar 120-an. Maka tergolong saham dividen tertinggi dengan nilai 7.7%.

Dividen Saham PEHA

Kalau sektor farmasi mau mencari dividen, jangan di KAEF, justru anak usahanya yang lebih menjanjikan yaitu PEHA. Namanya Phapros, biasanya membagikan hingga 70% dari laba tahun sebelumnya.

Di sektor farmasi PEHA merupakan salah satu saham dividen tertinggi dengan yield dividen di tahun buku 2019 mencapai sekitar 6%. Lumayan. Saham ini juga ramai diperdagangkan. Website resmi PEHA di sini.

Dividen Saham LTLS

Perusahaan ini bernama Lautan Luas. Yaitu bergerak di sektor distribusi bahan kimia. Bukan transportasi laut. Nah sektor bahan kimia menurut kami cukup stabil. Meskipun yang dibagikan pada 2020 hanya 30% dari laba tahun lalu, tapi masih tergolong dividen saham terbesar.

Yaitu angka dividen yield sekitar 7%. Bayangkan jika LTLS membagikan 50% saja dari keuntungannya. Hampir bisa dipastikan menjadi salah satu saham dividen yield tertinggi.

Daftar Saham Dividen Tertinggi

Sebenarnya masih banyak daftar saham dividen tertinggi. Namun sementara ini dulu. Nanti sambil jalan kami akan tambahkan satu persatu agar menjadi informasi pilihan bagi investor. Bisa jadi angka tidak tepat, oleh sebab itu kami sebut dengan angka sekitar, apalagi untuk dividen di tahun 2021. Tunggu saja kabarnya.

Data yang kami ambil rata-rata dari kontan.co.id dan bisnis.com. Jika ingin melihat portofolio kami bisa kunjungi link ini. Semoga apa yang kami sajikan bisa menjadi panduan Anda untuk cuan. Salam Saham Hijau. 

Related Posts

6 thoughts on “Saham Dividen Terbesar | Ada yang 30%-20%-10%

  1. hi….saya senang dan enjoy sekali membaca blog anda..
    thank you for sharing
    Moga kedepan akan sharing terus ya ama kita

    Thank you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *