Saham ENZO baru melantai di bursa pada 2020, tepatnya di bulan September. Sayangnya ceritanya tidak pernah manis. Mending kalau selepas IPO naik, justru keadaan sebaliknya terjadi, hanya dalam waktu sebulan nyungsep di LQ50. Ada apa?

Ini yang harus kita analisa. Terutama dari sisi fundamental, prospek ke depan, harga saham, serta rekomendasi dari kami terhadap saham yang satu ini. Apakah hendak dipegang jangka panjang, atau pendek saja.

PT Morenzo Abadi Perkasa Tbk

PT Morenzo Abadi Perkasa Tbk merupakan perusahaan yang menarik. Markasnya di Demak Jawa Tengah. Tidak seperti emiten lain yang berada di kota-kota cukup besar. Hal ini karena fokusnya di produksi makanan laut.

Uniknya adalah perusahaan ini tidak fokus pada ikan, tapi justru pengolahan seperti kepiting, rajungan, udang, gurita, kerang, yang nantinya dibuat kemasan seperti kaleng, gelas, atau kemasan pouch yang dibekukan. Sangat unik.

Pemegang Saham ENZO

Dari IDNFinancials kami mendapatkan informasi jika pemegang saham ENZO adalah PT. Tritunggal Sukses Investama yang berjumlah 68.56%. Jumlah ini cukup ideal sebagai pengendali. Disusul public yang mencapai 18.13%.

Muncul nama lain juga NH Absolute Return Fund yang berjumlah 12.72%. Ada nama perseorangan, Markus Silitonga yang mencapai 0.59%. Komposisi ini menurut kami cukup layak, terutama karena pengendali memegang jumlah saham besar.

Analisa Fundamental ENZO

Karena saham ini baru melantai di bursa, maka kami tidak mengulas analisa fundamental ENZO seperti saham lainnya yang ditarik tiga tahun ke belakang. Kami hanya mengulas sejak tahun 2020 hingga semester pertama 2021.

Secara fundamental, ENZO merupakan perusahaan yang standar. Perusahaan di kelautan ini tidak goyah meski ada pandemi. Di tahun 2020 saja berhasil meraih laba bersih sebesar 1.2 milyar. Hanya saja ROE cukup kecil yaitu di angka 0.81%. Mungkin karena pandemi, semua terdampak.

Di semester satu 2021 perbaikan mulai tampak. Yaitu sudah menghasilkan laba bersih sebesar 1.4 milyar. Yang artinya kalau estimasi tahunan akan mencapai 2.8 milyar, atau ROE bisa di angka 1.87%. Menurut kami masih bisa diharapkan.

Dari sisi hutang juga masih bagus, berada di angka 0.8 pada 2020, tidak banyak perubahan di tahun 2021 yang berada di angka 0.77. Dengan kata lain saham ENZO merupakan salah satu perusahaan baik, tapi tidak istimewa. Kalau mau memberi bintang, kami beri rating tiga dari lima bintang.

sahamhijau.com

Analisa Teknikal Harga Saham ENZO

Tapi lain ceritanya kalau bicara analisa teknikal harga saham ENZO. Entah kenapa baru melantai di bursa langsung dibantai habis sampai ke dasar harga. Padahal dari sisi fundamentalnya tidaklah begitu mengerikan.

Sempat bergeliat di bulan April 2021. Dugaan kami, saham ini sangat minim sentimen. Di bursa, saham minim sentimen dengan kinerja biasa, apalagi baru IPO, tidak banyak dari big money yang mau melirik.

Padahal kapitalisasi pasarnya mini sekali, hanya 108.1 milyar, tidak begitu banyak. Masuk uang sedikit bisa bergerak. Tapi begitulah di bursa semua bisa terjadi. Dari bulan Maret 2021, sampai dibuatnya tulisan ini jumlah pemegang saham juga belum banyak perubahan, di angka 2.700-an. Mandeg.

Menurut kami saham ini minim daya tarik. Publikasi juga minim. Tidak banyak tampil di Google publikasi kegiatan atau aksi korporasi yang mengundang orang ingin tahu lebih jauh. Sehingga saham ENZO adem ayem bae.

saham enzo
pixabay.com

Prospek ENZO ke Depan

Kalau berbicara prospek saham ENZO ke depan, secara usaha, yang satu ini cukup cerah. Di pandemic saja mampu menghasilkan laba. Tidak sampai mengalami kerugian, ini sisi yang positif. Sangat banyak perusahaan besar bahkan berbalik rugi.

Apalagi segmentasi usahanya bagus dan menarik. Spesifik pada menu-menu unik. Bisa dilihat lengkap di website resmi ENZO, produknya bermacam-macam untuk diekspor. Sehingga cerah.

Tapi kalau berbicara prospek harga saham ENZO, maka menurut kami belum begitu menggairahkan. Pertama, sentimen dan pemberitaan saham ini minim sekali. Jadi sentimennya kecil. Baca pentingnya sentimen untuk kenaikan harga saham di sini.

Kedua, secara fundamental menurut kami biasa. Biasanya saham demikian jadi pilihan, ketika saham-saham bagus sudah terlampau tinggi harganya. Baru geser ke saham sedang-sedang saja. Oleh sebab itu prospek harga saham ENZO ke depan, terutama di tahun 2021, menurut kami masih adem.

Rekomendasi Saham ENZO

Kalau Anda seorang investor, menurut kami saham ini masih oke. Apalagi di harga sekarang PBV sudah berada di angka 0.7 dengan PER 39.06x. Tidak buruk. Kalau kinerjanya membaik, pasti beberapa rasio akan membaik.

Kemudian sektor makanan, terutama ekspor produk laut merupakan salah satu favorit untuk konsumsi. Nilai gizinya tinggi. Sayang menteri Susi sudah turun. hehehe. Beliau cukup menyedot media. Kalau pandemi berakhir, konsumsi naik, maka laba bisa naik.

Namun jika Anda bertanya ke kami, maka kami lebih baik wait and see dulu terhadap saham ENZO dan mengalihkan perhatian kepada saham lain. Website resmi PT Morenzo Abadi Perkasa Tbk bisa dikunjungi di sini.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Copas Ya