Saham Lapis Dua Second Liner dan Contohnya

Saham lapis dua atau second liner merupakan opsi lain dari blue chip yang biasanya memiliki fundamental cukup bagus. Biasanya trader menyukai saham second liner. Kami akan jelaskan sedikit agar bisa dimengerti dengan mudah.

Penjelasan kami berdasar rangkuman, plus pengalaman kami selama ini transaksi di pasar modal. Saham lapis dua menjadi incaran karena terkadang transaksinya justru lebih aktif dari saham lapis pertama

Saham Lapis Dua Adalah

Saham lapis dua yang akan kita bahas ini pada dasarnya ialah sebuah tingkatan saham. Saham lapis dua biasa disebut dengan saham second liner atau mid cap stock merupakan saham dari emiten yang memiliki kapitalisasi 500M – 10T. 

Harga saham dari second liner ini cenderung fluktuatif dan masih liquid diperdagangkan. Salah satu alasannya karena kapitalisasinya tidak terlalu besar. Sehingga ketika masuk uang 100 juta untuk membeli atau menjual bisa langsung bergelombang harganya. 

Melihat dari sisi fundamental, perusahaan yang ada pada daftar second liner masih terbilang baik dan dalam tahap perkembangan. Biasanya saham ini disebut dengan istilah Growth Stock atau saham berkembang.

Bisa dikatakan saham lapis dua adalah saham yang memiliki potensi menjadi perusaaan bagus, tapi juga punya potensi jadi gorengan. Sehingga secara fundamental bagus, tapi tidak sekuat blue chip. Tapi tidak seburuk saham gorengan.

Yang selanjutnya saham lapis dua biasanya memiliki harga saham yang murah secara nominal, biasanya di bawah seribu. Harga murah ini tentu menarik minat banyak investor pemula sehingga seringkali dibeli.

Sahamhijau.com

Sebagai investor pemula ada baiknya untuk kita merasa waspada terhadap saham–saham dengan harga murah. Kecuali jika memang Anda sudah memiliki analisa yang cukup dan telah menyusun strategi dengan sangat akurat hingga bisa menghindari kerugian. 

saham lapis dua

Keuntungan Saham Second Liner

Investor ulung biasanya mengincar saham-saham ini. Contoh saja Lho Kheng Hong, yang biasanya disebut dengan Warrent Buffet Indonesia, dia beberapa kali memborong saham lapis dua.

Di antaranya adalah Gajah Tunggal dengan kode GJTL, atau BMTR. Waktu itu harganya masih di bawah harga normal, GJTL di bawah seribu, BMTR di bawah 300 rupiah. Lho Kheng Hong memang berani dan matang. 

Yang terjadi kemudian, saham ini naik minimal hingga 50% dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Jika ditanya keuntungan memiliki saham second liner, maka keuntungannya yang memang menggiurkan jika dihitung dengan matang.

Kerugian Saham Lapis Dua

Namun setiap investasi saham selalu mengandung risiko. Jika ingin tahu risiko saham, bisa dibaca di sini. Di saham lapis dua risikonya lebih besar dibandingkan saham blue chip, atau saham lapis satu.

Ingat saham lapis dua hanya memiliki potensi kenaikan karena belum tercium prospek cerahnya oleh banyak orang. Tapi juga sebaliknya, punya potensi longzor ke bawah karena belum diketahui bobroknya saja. 

Namun kalau ditanya antara bobrok dan potensi kenaikan lebih besar mana, maka jawaban kami lebih besar potensi kenaikannya. Oleh sebab itu sangat banyak investor besar justru memiliki saham di sini.

Lihat saja portofolio Saratoga yang memiliki MDKA, MPMX, dan beberapa saham lainnya, ini bukan blue chip, atau saham lapis pertama, tapi saham lapis kedua.

Daftar Saham Lapis Dua

Jika ingin daftar saham lapis dua, secara sederhana Anda bisa screening melalui IPOT atau aplikasi lainnya saham dengan kapitalisasi antara 500 milyar hingga 10 Triliun. Nanti terlihat beberapa pilihan.

Namun jika ingin tahu daftar saham lapis dua kami berikan beberapa di antaranya. Tapi bukan saran beli, hanya contoh saham lapis dua saja atau daftar saham second liner.

BMTR

Namanya Global Mediacom, namun lebih dikenal dengan nama MNC Media. Ini perusahaan yang bergerak di investasi kepada media dan telekomunikasi. Tapi bukan perusahaan medianya, induk investasinya.

MPMX

Namanya Mitra Pinasthika Mustika merupakan perusahaan yang bergerak di sektor otomotif. Terutama pemegang hak distribusi kendaraan bermotor Honda wilayah Jawa Timur dan sekitarnya. Lengkapnya bisa dibaca di sini. 

MDKA 

Namanya Merdeka Copper Gold merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan terutama emas. Saham ini mendapatkan momentumnya ketika harga emas melonjak di masa covid-19. 

Tentu masih ada daftar saham lapis dua lainnya, namun karena hanya contoh, kami sajikan beberapa saja. 

Saran Saham Hijau

Saran kami terkait saham lapis dua, jika Anda memiliki psikologis investasi yang mulai stabil bisa mulai mencoba di saham second liner. Tentu dengan analisa teknikal dan fundamental yang mendalam.

Namun jika belum, saran kami di blue chip terlebih dahulu, terutama karena kenaikan dan penurunan harganya di saham second liner yang begitu atraktif melebihi saham blue chip. 

Intinya saham second liner bagus seperti menemukan emas di antara seember pasir, tidak terlalu susah, tapi harus sabar dan jeli dalam memilihnya. Jika ada pendapat yang berbeda tentang saham second liner, mungkin saja. Selamat mencoba.

Related Posts

3 thoughts on “Saham Lapis Dua Second Liner dan Contohnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *