Saham Lapis Tiga | Energi Cuan Investor Jeli

Saham lapis tiga pasti sering mendengarnya jika sudah terjun di pasar modal. Namun demikian bagi yang baru masuk pasti merasa asing dengan nama ini. Oleh sebab itu kami akan menjelaskan sebagai dasar pengetahuan dalam berinvestasi.

Kami rangkum dari beragam sumber, plus pengalaman kami bertahun-tahun terjun di pasar modal. Terutama bagaimana kami bermain di saham third liner ini. 

Yang akan kami jelaskan di antaranya sekilas seluk beluk saham lapis 3, daftar saham lapis tiga, saham lapis tiga terbaik, dan keuntungan bermain di saham ini. 

Saham Lapis Tiga Adalah

Umumnya, saham lapis tiga berdasar dari harga kapitalisasi saham tersebut. Saham lapis 3 biasanya memiliki kapitalisasi di bawah 500M dan sahamnya tidak liquid. 

Saham jenis ini memiliki tingkat fluktuasi yang sangat tinggi dan sangat berisiko bila dijadikan sebagai pilihan investasi. Saham lapis 3 bisa mengalami kenaikan harga yang drastis bahkan melewati batas perdagangan dan juga bisa mengalami kerugian yang sama drastisnya. 

Sederhananya jika Anda memili uang 100 juta saja, bisa menaikkan harga saham ini hingga bertingkat-tingkat. Atau sebaliknya, jika Anda menjual saham dengan nilai 100 juta di lapis tiga, maka harganya bisa langsung longzor.

Ciri selanjutnya adalah biasanya memiliki harga di bawah lima ratus rupiah. Kalau menemukan saham di harga ini, sudah bisa dipastikan ada transaksi sedikit langsung wuzzz.

Ciri-ciri selanjutnya adalah tidak semuanya memiliki transaksi aktif. Jadi saham lapis tiga terkadang sepi sekali, grafiknya bisa jadi dalam sehari hanya bergerak dua tiga kali.

Tapi kalau sudah sekali transaksi pergerakannya seperti sedang mabok, naiknya gila, turunnya gila. Maka harus berhati-hati terkait saham ini.

Saham Lapis Tiga dan Gorengan

Apakah saham lapis tiga adalah saham gorengan? Menurut kami tidak semua, tapi umumnya iya. Maksudnya gorengan adalah bagaimana sebuah saham rumornya sekali tapi naiknya berkali-kali. Lengkapnya di sini.

Sedangkan saham lapis 3 tidak semua demikian. Ada yang ada rumor bagus, biasa saja. Sederhananya, saham gorengan hampir dipastikan ada bandar yang menjaganya, tapi saham lapis tiga tidak semuanya dijaga bandar. 

Kadang pergerakannya sideway terus, stabil dalam kebingungan antara turun atau naik. 

Risiko Saham Lapis Tiga

Saham ini memiliki risiko yang cukup tinggi. Risiko saham third linner yang paling kelihatan adalah mengendapnya uang Anda di waktu yang tidak sebentar. Bisa jadi satu tahun, atau bahkan lebih.

Risiko paling besar kedua adalah loss yang cukup besar. Karena ARB di saham lapis tiga bukanlah hal yang tabu. Bisa berkali-kali, bisa berhari-hari. 

Risiko selanjutnya adalah Anda tidak tenang secara psikologis, karena lengah sedikit, selang beberapa menit saja, harga bisa jadi turun sangat dalam. 

Keuntungan Saham Lapis Tiga

Sisi lain saham ini adalah keuntungan yang cukup gurih. Jika kita jeli melihat potensi perusahaan yang bagus masuk di kelompok ini, maka bisa jadi akan mendapatkan harga berkali-kali lipat.

Jika Anda tahu istilah multi bagger, maka di sinilah potensi itu akan datang dan terjadi. Harganya bisa berlipat-lipat dari harga sebelumnya. Karena memang mengangkat harga 

Bermain di Saham Third Liner

Cara aman berinvestasi atau trading di saham ini ialah dengan menyesuaikan pembelian. Jika Anda belum stabil emosi, lebih baik porsi investasi di saham lapis tiga hanya sekitar 20 persen saja. 

Tidak hanya beli dan kemudian Anda tinggal, saham lapis 3 membutuhkan perlakuan khusus yaitu dipantau secara ketat. Kecuali Anda memang investor sejati yang punya uang beku. Tinggal tidur saja.

Apalagi jika Anda mengambil risiko 80% justru diinvestasikan di saham lapis tiga, maka kemungkinan untuk stressnya sangat besar.

saham lapis tiga

Pengalaman Bermain Saham Lapis Tiga

Sebenarnya ada cara mudah untuk bermain saham lapis tiga. Yaitu sedikit mengintip fundamentalnya. Cari yang sedikit bagus saja. Bukan yang bagus sekali, hampir dipastikan sulit ditemukan. 

Yang sedikit bagus, yaitu ada potensi laba, potensi ya bukan harus laba, hutang tidak mengandung risiko besar. Ketiga adalah propek sektor tersebut cerah. Kriteria ini bisa diajdikan patokan untuk mengambil saham thrid liner.

Kami punya pengalaman saat memegang PPRO, ENRG, dan lain sebagainya. Hanya saja kami masih kurang sabar, jadi profit 25% sudah kami lepas. Padahal potensinya dua kali lipat. 

Kemudian Anda jangan sekali-kali memakai uang panas. Bukan hanya uang dingin kalau main di saham lapis tiga, harus uang beku sekali. hehehe. 

Saham Lapis Tiga Terbaik

Kalau Anda bertanya saham lapis tiga terbaik, tentu sulit, karena belum tentu yang terbaik akan naik, karena saham lapis tiga identik dengan bandar. Tapi kalau diminta merekomendasikan, kami ada beberapa.

KBAG

Ini adalah saham properti di Balikpapan. Isu utamanya adalah perpindahan ibu kota. Maksudnya kalau ibu kota jadi pindah, sentimen untuk beli properti di wilayah ini akan tinggi, maka prospek bagus.

Tapi saham ini masih tidur di 50 perak. Saham gocap, hati-hati lah. Meskipun PBV masih 0.9, tapi ini sulit bangun. Sabar aja ya.

ANDI

Namanya Andira Agro, sama masih di gocap, saham ini prospek karena memang tidak ada masalah, labanya cukup, apalagi di sektor CPO yang pernah kami ulas memiliki prospek cukup tinggi. Bisa dibaca di sini.

Kelemahannya dengan harga yang sekarang 50 perak, PBV nya sudah lebih dari satu, maka pergerakannya kadang naik sedikit turun lagi, begitu terus menerus. 

CCSI

Saham ini tidak digocap, tapi berada di bawah 500 rupiah. Saham ini bergerak di fiber optik, fokus pada produksi dan penjualan kabel paling dibutuhkan untuk era internet tersebut.

Kelemahannya saham ini sepi pengunjung. Maklum baru hadir di bursa belum lama. Jadi kalau harganya 208, Anda nunggu di 206, bisa jadi seharian tidak dapat. Ya begitulah saham lapis tiga, sepi. Lebih lengkap tentang CCSI di sini. 

Sebenarnya masih banyak lagi saham lapis tiga terbaik. Yang di atas hanya contoh saja, bukan ajakan untuk membeli. Jangan lupa periksa fundamental. Bisa jadi tiga bulan setelah dibuat tulisan ini tiga perusahaan di atas meble. 

Saran Saham Hijau

Investasi saham merupakan investasi yang cukup berisiko, apalagi investasi saham di lapis akhir ini, lebih dan sangat berisiko, maka jangan dibuat bermain-main. Anda harus mengerti seluk beluknya.

Saran kami, jangan mudah tergiur dengan saham lapis tiga ini jika belum siap. Lebih baik pilih saham lapis dua saja, atau saham blue chip dengan fundamental yang cukup baik. Salam hijau.

SahamHijau.com

Related Posts

One thought on “Saham Lapis Tiga | Energi Cuan Investor Jeli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *