Saham MNC Land KPIG | Prospek dan Analisa Ke Depan

Saham MNC Land menjadi isu cukup hangat di tahun 2021. Mulai dari kedatangan keluarga Trump, hingga mega proyek yang terus digenjot dan lain sebagainya. Saham berkode KPIG yang awalnya sepi menjadi riuh, pembelinya sangat ramai.

Oleh sebab itu kami akan megulas bagaimana sebenarnya saham MNC Land dari prospek dan analisa ke depan. Kami akan hadirkan mulai dari analisa fundamental, analisa teknikal, riwayat harga, hingga rekomendasi kami yang menjadi bahan pertimbangan investasi.

Profil MNC Land

Membaca nama MNC sudah pasti pikiran kita mendarat pada sosok Hary Tanoesoedibjo. MNC Land memang berada di dalam MNC Group. Di mana bisnisnya menjalar ke semua bidang. Dari properti, hingga media.

Dari namanya MNC Land bukanlah perusahaan properti biasa. Fokusnya pada membangun kawasan khusus, atau wilayah pariwisata yang berskala nasional, bahkan internasional. Integrasi dari aspek kenyamanan dan hiburan.

Dua proyek yang paling popler dari MNC Land adalah Kawasan Ekonomi Khusus Lido yang berada di Bogor. Ini super mega proyek dengan luas area mencapai 1.040 hektar. Mitranya bukan kaleng-kaleng, Trump Organization.

Yang kedua adalah Bali Resort yang letaknya di Tanah Lot di Tabanan Bali. Ini adalah kawasan premium dengan kompleks gaya hidup mewah yang mengandalkan keindahan garis pantai. Ada hotel bintang enam, dan golf dan lainnya. Inilah mengapa saham MNC Land bergerak liar.

Pemegang Saham KPIG

Pemegang saham KPIG tergolong menarik. Dari stockbit kami mendapatkan informasi bahwa 52.55% dipegang oleh masyarakat (publik). Ini komposisi yang besar. Kalau kami menganggap hal ini tidaklah ideal. Patut menjadi catatan.

Komposisi yang besar lainnya, UoB Kay Hian Hong Kong Ltd 19.5%, PT. Mnc Investama Tbk 17.06%, Ht Investment Development Ltd 10.89%. Lainnya personal dengan komposisi kecil, sedangkan Hary Tanoesoedibjo memegang 1.21%.

Analisa Fundamental Saham KPIG

Untuk melihat lebih jauh saham MNC Land, maka kita akan melihat lebih jauh dari sisi fundamental. Kami sajikan data dalam tiga tahun terakhir yang bersumber dari IPOT.

TahunLabaROE
2019259.7 B1.13%
2020310.3 B1.33%
2021*85.7 B0.35%

Kalau melihat data di atas (2021 – Semester 1), maka kita melihat KPIG konsisten menghasilkan laba. Terutama yang jadi perhatian tahun 2020, itu tahun sangat berat sekali karena hantaman covid-19. Properti berguguran.

Bahkan di tahun 2021 yang baru enam bulan berhasil menghasilkan laba. Padahal ada PSBB, PPKM berjilid-jilid dan tidak pernah tuntas. Ini artinya secara kinerja masih oke.

Hanya saja kalau diperhatikan lebih jauh ROE saham KPIG sangat biasa. Berada di angka 1% saja. Padahal di tahun 2018, berada di 4.7%, 2017 di 10.48%. Artinya kalau keadaan ekonomi normal, perusahaan ini akan berada di jalur yang bagus.

Dari sisi hutang juga cukup bagus. Dalam tiga tahun terakhir DER selalu di angka 0.2, belum pernah lebih. Secara pribadi kami sangat menyukai perusahaan yang demikian. Apalagi cash yang dimiliki perusahaan juga cukup besar, 2 triliun dibanding ekuitasnya di 24 triliun.

Oleh sebab itu analisa fundamental saham MNC Land menurut kami memberikan kesimpulan cukup bagus. Laba yang merosot lebih karena faktor covid, kalau sudah normal, kemungkinan untuk bangkit sangatlah besar.

saham MNC Land
ilustrasi pixabay.com

Analisa Teknikal Harga Saham KPIG

Tapi hal berbeda jika melihat analisa teknikal saham KPIG. Menurut kami meskipun kapitalisasi pasarnya cukup besar, di angka hampir 9 triliun pada harga Rp110. Tapi pergerakannya bisa dikatakan mengerikan.

Naik turunnya membentuk garis yang sangat tajam. Kalau di kami terindikasi saham gorengan seperti yang kami jelaskan di link ini. Sekali ada sentimen bisa ARA, tapi sekali turun juga bisa ARB. Saran kami kalau secara psikologis belum kuat, pertimbangkan baik-baik saham MNC Land ini.

Kalau secara psikologis, harga sahamnya berada di Rp120. Di bawah itu kemungkinan besar akan naik, di atas harga tersebut patut jadi perhatian dan pikiran. Karena ada kemungkinan harganya turun.

Yang menjadi catatan adalah, naik turunnya lebih banyak karena sentimen prospek perusahaan ke depan. Bukan karena kinerja. 2021 pernah naik tajam karena Donald Trump JR datang, langsung wuzzz.

Prospek Saham MNC Land

Kalau bicara prospek saham MNC Land ke depan, menurut kami sangat cerah. Berikut alasan kami. Pertama, merosotnya kinerja lebih karena kondisi eksternal covid-19, artinya ketika normal, kinerjanya akan membaik. Plus di waktu covid tidak mengalami kerugian.

Kedua, mega proyek yang dilakukan di Lido sudah mendapatkan persetujuan presiden sebagai Kawasan Ekonomi Khusus yang ditandatangani pada 16 Juni 2021. Artinya hal ini akan mendapatkan dukungan pemerintah dalam beberapa aspek.

Perlu diketahui bahwa tidak banyak kawasan ekonomi khusus di Indonesia. Hary Tanoe menempatkan kawasan ekonomi khusus di tempat yang strategis, Bogor, plus dengan geografis yang cukup nyaman. Oleh sebab itu prospek saham MNC Land bagus.

Ketiga, harga saat tulisan ini dibuat tergolong harga rendah. Masih di bawah Rp120. Memang tidak banyak yang mau mengambil risiko saham yang harganya di bawah Rp150, karena khawatir justru nyemplung di gocap, tapi saham ini PBV-nya di 0.37. Masih oke.

Pertimbangan inilah yang membuat analisa saham MNC Land menurut kami patut menjadi objek investasi. Hanya saja orang jarang yang mengetahui saham ini. Belum jadi pusat perhatian.

SahamHijau.com

Rekomendasi Saham KPIG

Jika Anda tipe investor jangka panjang, saham KPIG cocok menjadi pilihan. Apalagi kawasan ekonomi khusus sudah ditandatangani. Kemungkinan naik besar. Plus MNC memiliki grup media besar, artinya gerak-geriknya mudah terekspos.

Tapi jika secara psikologi investasi Anda belum tenang, patut dipikirkan ulang investasi di saham KPIG, karena fluktuasinya sangat tinggi. Khawatir justru Anda tidak paham pola naik turunnya saham demikian. Cara melatih psikologi investor bisa dibaca di sini.

Informasi lebih lengkap tentang saham MNC Land bisa kunjungi website resminya di https://mncland.com. Semoga saham Anda selalu hijau di tengah peperangan saham yang merah.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Copas Ya