Profil dan Fakta Saham PBSA (Paramita Bangun Sarana Tbk)

Saham Paramita Bangun Sarana atau yang dikenal dengan PBSA bukanlah saham yang terkenal. Salah satu tanda-tandanya adalah transaksinya yang sepi, grafiknya kotak-kota tidak aktif. Padahal saham ini menurut kami ada sisi menarik.

Mari kita ulas sedikit tentang profil dari saham PBSA atau yang dikenal dengan Paramita Bangun Sarana Tbk. Kami rangkum dari beragam sumber dan pengamatan kami selama beberapa waktu di pasar modal.

Profil Paramita Bangun Sarana Tbk

Perusahaan ini berdiri pada tahun 2002 dengan kantor pusat di Jakarta. Di tahun 2016 memperoleh ijin untuk IPO dengan total 300.000.000 saham dengan nominal Rp100 per saham. Harga penawarannya adalah Rp1.200 persaham.

Adapun kegiatan usahanya adalah di bidang konstruksi. Namun sedikit spesial, konstruksinya bukan bangunan biasa, tapi lebih kepada konstruksi bangunan industri. Seperti refinery yaitu pemurnian  bahan tertentu.

Ada juga pembangunan pabrik Oleochemical, biodiesel, powerplant untuk industry pengolahan kelapa sawit. Berpengalaman juga dalam membangun storage tank, bahkan membangun pabrik pengolahan kelapa sawit hingga membangun pipa untuk mengalirkan minyak ke kapal.

Inilah nilai lebih dari Paramita Bangun Sarana Tbk dibandingkan emiten sejenis di bursa. Sehingga sangat spesifik. Mitranya adalah perusahaan-perusahaan besar seperti Sinarmas, Unilever, dan masih banyak emiten besar lainnya.

Pemegang Saham PBSA

Komposisi pemegang saham PBSA adalah 46.5% dipegang oleh PT. Ascend Bangun Sarana Persada. Perusahaan ini juga memegang saham Trans Power Marine (TPMA). Ini juga dikenal sebagai perusahaan yang sedang tumbuh berkembang.

Adapun 44% sisanya dipegang oleh PT Sigma Mutiara. Masyarakat hanya menggenggam 9.9%. Komposisi demikian mengindikasikan ini perusahaan bagus yang ingin dipegang erat oleh pemiliknya.

Riwayat Stock Split

Dalam riwayat, saham PBSA sudah sekali mengalami stock split, atau pemecahan harga saham menjadi nominal yang lebih kecil. Yaitu di Juni 2022. Dari nilai awalnya Rp100, menjadi Rp50.

Ketika hal ini terjadi harga sahamnya berada di angka Rp780 per unit, hingga ketika dipecah menjadi dua berada di kisaran Rp390 per unit.

Fundamental Saham PBSA

Sebagai informasi, ini adalah perusahaan dengan kapitalisasi pasar di bawah satu triliun ketika di harga Rp306, tepatnya adalah 918 Milyar. Tentu bukan kapitalisasi besar, tergolong kecil.

Mari kita lihat sejenak secara fundamental, data kami kutip dari IPOT. Untuk tahun 2022 hanya kami kutip satu semester saja. Secara ROE tergolong cukup tinggi. Meskipun secara harga tidaklah murah.

TahunPERROE
202020.7x8.04%
202113.1x14.39%
2022*12.9x12.22%

Bahkan kalau dilihat dari PBV pun tidak begitu murah. Yang menarik adalah hutangnya yang cukup minim, hanya di angka 0.52.

TahunPBVDER
20201.67x0.31
20211.88x0.34
2022*1.58x0.52

Namun demikian jika dibuat dalam tahunan, maka PER berada di angka 6.46x. Angka ini sangat rendah jika melihat dari ROE di angka 12.22%. Oleh sebab itu menurut kami ini perusahaan yang cukup bagus.

saham pbsa

Riwayat Dividen PBSA Bagus

2021Rp47

Di tahun buku 2021, dividen yang dibagikan adalah sebesar Rp47. Atau jika dihitung dividen yield, dari data RTI sebesar 7.68%. Angka ini di bursa saham cukup besar. Di sinilah mengapa harganya selalu dihargai dengan PBV 1.5x.

Artinya semakin turun harganya, maka rasio dividen yang akan didapatkan oleh pemegang saham semakin besar. Kami mengamati saham ini, kalau sudah berada di bawah harga Rp300, banyak yang nadah. Baik dari big money atau dari retail.

Prospek PBSA di Tahun 2022

Ada satu berita menarik yang kami temukan tentang saham PBSA, yaitu revenue di tahun 2022 hampir dipastikan di angka 600 milyar, atau bahkan bisa lebih. Ini angka yang fantastis.

2020552.6 B
2021279.2 B

Angka di atas adalah revenue dalam dua tahun terakhir. Artinya di tahun 2022, jika minimal revenue 600 milyar, maka net profit juga akan melambung. Di sinilah sisi yang harus dicermati. Kemungkinan besar laba per saham juga akan naik.

Jika laba per saham juga naik, kemungkinan deviden yang akan didapatkan juga naik. Ini estimasi dari kami.

Rekomendasi Saham PBSA di 2022

Kami sudah mengamati saham ini sejak Agustus, pergerakannya tidak pernah turun di bawah 290. Sangat sulit. Itupun sudah ada yang menadah dalam jumlah yang sangat besar.

Nah posisi saham ini masih sangat sepi sekali. Di bulan Agustus bid dan offer hanya di angka puluhan. Big money menadah sampai 10 ribuan lot. Tapi  di bulan September sudah banyak yang sadar, sehingga bid dan offer sudah ratusan.

Menurut kami kalau di bawah 320, masih oke. Cicil saja pelan-pelan. Kemungkinan untuk naik besar. Kalaupun harganya di bawah 300, juga terus cicil karena dividen akan besar. Dengan syarat Anda memegang dalam jangka waktu bulanan, bukan trading harian.

Namun demikian tidak ada yang pasti di saham, lebih baik dianalisa lagi agar lebih valid dan bisa sesuai dengan gaya investasi yang Anda miliki. Website resmi PBSA di link ini.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Copas Ya