Saham PURA tiba-tiba jadi pusat pembicaraan di grup-grup para trader dan investor. Bahkan di stockbit juga ramai sekali dibahas. Apalagi setelah Ustadz Yusuf Mansur menyebutnya dalam unggahan di Instagram. Sontak bergemuruh.

Lalu seperti apa sebenarnya kinerja saham PURA, bagaimana prospeknya ke depan? Kami akan mengulas dan menyajikan analisa dari sisi fundamental, histori teknikal harga, serta rekomendasi dari kami. Semoga bermanfaat.

PT Putra Rajawali Kencana Tbk

Perusahaan ini bernama PT Putra Rajawali Kencana Tbk, atau memiliki kode saham PURA. Berdiri pada tahun 2012 di Surabaya. Masih tergolong belum begitu lama. Kegiatan usahanya merambah banyak daerah Indonesia melalui jasa transportasi.

Lebih tepatnya PT Putra Rajawali Kencana Tbk bergerak di bidang industri transportasi. Lebih spesifik lagi adalah trucking, yaitu angkutan barang-barang yang memiliki Kerjasama dengan banyak perusahaan, seperti PT Kebun Tebu Mas, PT Platium Cemaric Indonesia, dan lain sebagainya. Bisnis ini tidak pernah termakan waktu. Terus ada.

Pemegang Saham PURA

Sebelum analisa lebih jauh tentang saham PURA, maka kita akan membahas terlebih dahulu pemegang saham PURA. Dari Kontan.co.id kami mendapatkan informasi bahwa 13.33% dipegang oleh PT Rajawali Dwi Putra Indonesia.

Kemudian ada PT Rajawali Inti sebesar 16.67%. Selanjutnya adalah PT Igelcorp Asia Kapital sebesar 8.96%, serta PT Igelcorp Nusantara Kapital sebesar 7.37%. Namun yang perlu jadi perhatian adalah masyarakat memegang saham sampai 53.67%. Biasanya kalau masyarakat lebih dari 50%, ada sisi yang unik.

Analisa Fundamental PURA

Untuk melihat lebih jauh prospek saham PURA ke depan, kita analisa sisi fundamental yang dimilikinya. Terutama dari laba yang mampu dihasilkan. Data kami ambil dari IPOT dalam dua tahun terakhir. Di tahun 2021 yang kami sajikan adalah semester pertama.

TahunLabaROE
20195.1 B2.79%
20206.8 B1.65%
2021*4.7 B1.11%

Jika melihat tabel di atas, kita bisa melihat kestabilan pendapatan PT Putra Rajawali Kencana. Bahkan di tahun 2020, di mana covid-19 masuk ke Indonesia juga tetap mampu menghasilkan laba. Begitu juga semester pertama 2021. Padahal banyak usaha berbalik rugi.

Namun demikian yang patut menjadi perhatian adalah ROE, atau kemampuan menghasilkan laba berbanding ekuitas yang dimilikinya. Emiten yang satu ini cukup berat. Angkanya minim. Bahkan di tahun 2019 pun cukup minim. Di bawah lima masih tergolong sangat sedikit.

Memang rata-rata perusahaan di bidang jasa angkutan barang rata-rata demikian. Stabil menghasilkan, namun tidak banyak. Analisa fundamental PURA kita lanjutkan ke sisi hutangnya.

TahunDER
20190.22
20200.10
20210.10

Harus diakui bahwa salah satu keunggulan daripada saham PURA adalah rasio hutangnya yang cukup kecil. Di IHSG banyak emiten berada di atas 0.5. Namun pura mampu meminimalisir hutang. Inilah yang mungkin menjadikan kinerjanya menjadi baik karena tidak terbebani hutang.

Oleh sebab itu secara analisa fundamental PURA, menurut kami memang tidak buruk, meskipun belum dikatakan istimewa. Patut menjadi pertimbangan.

saham pura
pixabay.com

Analisa Teknikal Saham PURA

Meskipun dari saham PURA dari sisi fundamental masih oke, tapi kalau dari sisi teknikal cukup mengkhawatirkan. Naik turunnya mengerikan. Pernah di harga Rp226, kemudian anjlok sampai Rp71 hanya dalam waktu tiga bulan. Menurut kami ini karakter saham lapis 3.

Pernah nginap di Rp50, kemudian bangkitnya luar biasa sadis. Salah satu sebabnya unggahan Ust. Yusuf Mansur. Belum lagi mainnya cukup sadis, hampir ARA, tahu-tahu jeblos. Saran dari kami hati-hati yang ingin masuk di saham ini.

Prospek Saham PURA ke Depan

Menurut kami saham PURA ke depan memiliki prospek yang masih bisa diandalkan. Dari sisi bisnis, PT Putra Rajawali Kencana memiliki jenis usaha yang stabil. Jasa transportasi truck selalu dibutuhkan. Apalagi melalui Kerjasama B2B.

Bisnis modelnya juga menarik, multimoda, sehingga menguasai pengantaran ke banyak daerah dengan supply chain yang baik. Bahkan dari Liputan6.com, perusahaan ini juga terlibat dalam distribusi vaksin covid-19. Artinya sudah mapan.

Sisi positif lainnya adalah perusahaan ini tidak minim pemberitaan. Sebelum ramai disentil Yusuf Mansur, berita tentang saham PURA sebenarnya sudah banyak dan sering beredar di media.

Artinya mudah untuk menemukan sentimen sebagai sebab naik turunnya harga. Apalagi disentil tokoh investasi. Maka prospek saham PURA ke depan menurut kami masih cukup baik.

sahamhijau.com

Rekomendasi Saham PURA

Saat tulisan ini dibuat harga sahamnya berada di Rp68. Di harga ini PBV masih di angka 0.91, masih cukup wajar. Hanya sisi PER yang memang terlalu tinggi, yaitu di angka 41.46.

Maka saran kami kenali gaya investasi Anda. Karena meskipun saham PURA tidaklah buruk, tapi fluktuasinya sangat sadis. Kalau tidak kuat dengan naik turunnya, mending pilih yang lapis dua, atau blue chip sekalian.

Tapi kalau sebagai investor, saham ini memang cocok. Mencapai Rp100 dalam jangka 6 bulan bukanlah hal mustahil. Harga dibanding nilai bukunya masih cukup baik, plus punya riwayat mencapai harga Rp200-an. Website resmi PURA di link ini.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Copas Ya