Saham RUIS | Kenapa Sepi Berita dan Transaksi

Saham RUIS bisa dikatakan sebagai salah satu perusahaan yang sangat sepi pemberitaan dan sekaligus juga transaksinya cukup sepi. Tapi menurut kami sebenarnya saham ini cukup potensial dijadikan objek investasi.

Bagaimana sebenarnya saham RUIS, profilnya, karakteristiknya, fundamental, teknikal dan lain sebagainya? Kami akan memberikan ulasan singkat berdasarkan rangkuman yang kami dapatkan di internet, serta perhatian kami terhadap saham ini selama beberapa bulan.

Profil PT. Radiant Utama Interinsco Tbk

Bisa dikatakan perusahaan ini memiliki nama yang masih asing, PT Radiant Utama Interinsco Tbk, atau jika di papan saham disebut dengan saham RUIS. Padahal perusahaan ini memiliki lingku wilayah kerja yang cukup luas sekali di Indonesia.

Fokusnya adalah minyak dan gas, namun juga terkadang non migas. Seperti konstruksi, proyek lepas pantai, penyewaan kapal, juga pengerukan perairan pesisir dan lautan dangkal. Bahkan yang terbaru melangkah ke energi baru dan terbarukan melalui listrik tenaga surya.

Analisa Fundamental RUIS

Untuk membahas lebih jauh tentang saham RUIS, kami sajikan tabel profit yang berhasil dibukukan dalam tiga tahun terakhir, plus rasio dibanding ekuitas yang dimiliki. Sumber kami adalah IPOT.

TahunLabaROE
201933.1 B7.64%
202027.5 B6.03%
2021* (9 bulan)14.2 B3.06%
ipot

Ada satu sisi menarik dari laporan ini, pertama konsisten menghasilkan laba. Padahal di tahun 2020 adalah tahun cukup berat dengan hantaman covid-19, begitu juga dengan awal 2021. Tapi Radiant Utama berhasil menghasilkan laba.

Memang dalam aspek energi, migas, kebutuhan tetap ada, bahkan terkadang harganya justru melambung tinggi. Tapi angka ROE yang dimiliki hanya standard saja. Perlu diketahui rata-rata dalam migas demikian, 5-10%. Adapun tahun 2021 bisa dikatakan ada penurunan akibat covid.

Jika sudah kembali normal, angka ROE PT. Radiant Utam berada di kisaran 7-9%. Menurut kami ini angka yang sudah oke dibandingkan perusahaan lain. Coba saja lihat ANTM yang sahamnya melejit, tidak stabil seperti ini. Selengkapnya di sini.

Tapi ada sedikit perhatian di sisi hutang, rasio hutangnya dibanding ekuitas berada di angka 1.8, kalau kami sudah menganggap ini warning. Kami sangat jarang berinvestasi pada perusahaan dengan hutang di atas 1.5. Karena semakin banyak hutang, beban keuangan semakin besar.

Dari analisa fundamental saham RUIS kami mengambil kesimpulan bahwa perusahaan ini berada di rating tengah. Biasa tapi tidak jelek. Kecuali kalau rasio hutangnya mengecil, ini masuk kategori bagus.

sahamhijau.com

Analisa Harga Saham RUIS

bagi Anda yang ingin masuk saham ini patut mempertimbangkan beberapa hal. Pertama, saham ini tidak likuid, transaksinya jarang-jarang. Satu hari kadang hanya 30 juta saja. Di pasar modal angka ini sangat kecil.

saham ruis
ilustrasi Pixabay.com

Naik turunnya saham juga patut diwaspadai, sedikit fluktuatif meskipun tidak setajam gorengan kelas berat. Jadi pikirkan secara psikologis jika ingin masuk saham ini. Konsekuensi dari kapitalisasi pasar yang keci, kurang dari dua ratus milyar.

Secara psikologis saham ini biasanya di harga 240, jadi di bawah itu punya potensi naik, di atas itu punya potensi turun. Pernah menyentuh angka 340, dan paling rendah pernah di harga 160-an. Masih di kisaran 2x. Saham alus.

Prospek ke Depan

Kalau dari prospek usaha menurut kami cukup menggairahkan, apalagi PT Radiant Utama masuk di bisnis energi baru terbarukan, seperti tenaga surya. Apalagi angka fundamental masih oke. Sehingga menarik.

Kedua, saham RUIS meskipun bukanlah saham terkenal, atau kapitalisasi pasar yang besar, tapi mampu membagikan dividen. Dari kontan.id, di tahun 2021 berhasil membagikan dividen sekitar Rp5 perlembar dari laba buku 2020. Itu artinya jika sekarang di harga 210, maka sekitar 2.5%, sudah cukup baik.

Tapi ada beberapa yang harus dipertimbangkan. Pertama transaksinya memang minim. Jadi harus sabar nunggu gerak, baik naik atau turun. Kedua, saham ini sangat minim pemberitaan, jadi kalau berharap sentimen sedikit sulit. Bahkan meskipun ada kabar baik dari migas, belum tentu langsung berdampak pada harga saham RUIS.

Rekomendasi Saham RUIS

Ketika tulisan ini dibuat harganya sangat murah sekali. PBV di angka 0.3, sedangkan PER di angka 8.2. Jadi valuable. Apalagi saham ini bukanlah saham dengan fundamental busuk. Masih bisa diandalkan.

Tapi kalau Anda trader, saham ini tidak cocok, mau dijual kadang tidak ada yang beli, turun bisa langsung loncat, misal seharusnya bid di angka 150, 148, 146, tahu-tahu langsung ke 144, karena memang minim transaksi.

Informasi lebih lengkap tentang RUIS bisa kunjungi website resminya di sini. Semoga informasi ini bermanfaat sebagai bahan pertimbangan investasi Anda di dunia pasar modal. Kami doakan saham Anda hijau selalu.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Copas Ya